INKA Siap Ekspor 10 Lokomotif ke Senegal

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 14 April 2018 - 19:37 WIB

Pabrik Perkeretaapian PT Industri Kereta Api (INKA) (Ist)
Pabrik Perkeretaapian PT Industri Kereta Api (INKA) (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT INKA (Persero) menyatakan siap memproduksi 10 unit lokomotif untuk Senegal menyusul ketertarikan pemerintah tersebut terhadap produk perekeretaapian di Indonesia.

"Senegal sudah melihat-lihat dan katanya akan membeli 10 unit lokomotif dan juga tertarik dengan kereta inspeksi," ujar Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro disela menerima kunjungan perwakilan Senegal di PT INKA Madiun, Jumat.

Menurut dia, ketertarikan Senegal dengan produk PT INKA (Persero) disebabkan karena produknya yang dinilai sesuai dengan karakteristik kebutuhan di Senegal.

Adapun nantinya produk lokomotif tersebut akan digunakan untuk mendukung pengembangan moda transportasi darat, laut, dan udara di pemerintahan setempat.

Budi menambahkan, kunjugan Pemerintah Senegal ke PT INKA kali ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan acara Forum Indonesia-Africa Forum (IAF) tahun 2018 di Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu.

Terkait dengan kesiapan produksi 10 lokomotif tersebut, saat ini masih dalam proses penawaran dan belum ada kesepakatan kontrak ataupun harga. Namun demikian, pihaknya siap mewujudkannya setelah ada kesepakatan kontrak.

"Ini masih proses. Masih 'fifty-fifty'. Yang jelas kami berharap nanti ada peluang kerja sama," kata dia.

Sementara, Senegal State Secretary for National Railways Ndene Sall yang mewakili pemerintah Senegal melalui Dubes RI Dakar Mansyur Pangeran membenarkan ketertarikannya terhadap industri kereta api di Indonesia.

"Ya benar, mereka sangat tertarik membeli dan kagum dengan industri kereta api di Indonesia," tutur Mansyur Pangeran saat mendampingi rombongan pemerintah Senegal di INKA Madiun.

Sebelumnya Pemerintah Senegal sudah pernah menggunakan produk teknologi Indonesia. Yakni pesawat CN-235 yang merupakan buatan PT Dirgantara Indonesia (Persero).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 22:56 WIB

BNI-PNM Salurkan KUR Melalui Program Mekaar Naik Kelas

Menginjak usia ke-12 tahun kerja sama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, kedua BUMN tersebut mengembangkan kerjasamanya…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Jumat, 18 Januari 2019 - 20:03 WIB

Menperin Airlangga Dorong Perluasan Kawasan Industri Makassar Hingga 1000 Hektare

Kementerian Perindustrian mendorong perluasan Kawasan Industri Makassar (KIMA) di Sulawesi Selatan hingga 1.000 hektare (Ha).

BPJS Kesehatan. (Foto: IST)

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:52 WIB

Ini Kata BPJS Kesehatan Soal Biaya Urunan Peserta

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan peraturan baru, (Permenkes) Nomor 51 Tahun 2018 terkait Pengenaan Urun Biaya BPJS Kesehatan dan Selisih Biaya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu…

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019. Bertempat di diler Indomobil Multi Trada Pondok Indah mulai pukul 08.0016.00 WIB

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:42 WIB

Suzuki Gelar Program 'Suzuki Day' Gratis Servis dan Oli

Untuk memanjakan pelanggan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019.

Juara Liga I Indonesia 2018, Persija mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan minuman ternama di Indonesia, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui brand Indomie

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:34 WIB

Indomie Dukung Persija Makin Berprestasi

Juara Liga I Indonesia 2018, Persija mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan minuman ternama di Indonesia, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui brand…