INKA Siap Ekspor 10 Lokomotif ke Senegal

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 14 April 2018 - 19:37 WIB

Pabrik Perkeretaapian PT Industri Kereta Api (INKA) (Ist)
Pabrik Perkeretaapian PT Industri Kereta Api (INKA) (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT INKA (Persero) menyatakan siap memproduksi 10 unit lokomotif untuk Senegal menyusul ketertarikan pemerintah tersebut terhadap produk perekeretaapian di Indonesia.

"Senegal sudah melihat-lihat dan katanya akan membeli 10 unit lokomotif dan juga tertarik dengan kereta inspeksi," ujar Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro disela menerima kunjungan perwakilan Senegal di PT INKA Madiun, Jumat.

Menurut dia, ketertarikan Senegal dengan produk PT INKA (Persero) disebabkan karena produknya yang dinilai sesuai dengan karakteristik kebutuhan di Senegal.

Adapun nantinya produk lokomotif tersebut akan digunakan untuk mendukung pengembangan moda transportasi darat, laut, dan udara di pemerintahan setempat.

Budi menambahkan, kunjugan Pemerintah Senegal ke PT INKA kali ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan acara Forum Indonesia-Africa Forum (IAF) tahun 2018 di Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu.

Terkait dengan kesiapan produksi 10 lokomotif tersebut, saat ini masih dalam proses penawaran dan belum ada kesepakatan kontrak ataupun harga. Namun demikian, pihaknya siap mewujudkannya setelah ada kesepakatan kontrak.

"Ini masih proses. Masih 'fifty-fifty'. Yang jelas kami berharap nanti ada peluang kerja sama," kata dia.

Sementara, Senegal State Secretary for National Railways Ndene Sall yang mewakili pemerintah Senegal melalui Dubes RI Dakar Mansyur Pangeran membenarkan ketertarikannya terhadap industri kereta api di Indonesia.

"Ya benar, mereka sangat tertarik membeli dan kagum dengan industri kereta api di Indonesia," tutur Mansyur Pangeran saat mendampingi rombongan pemerintah Senegal di INKA Madiun.

Sebelumnya Pemerintah Senegal sudah pernah menggunakan produk teknologi Indonesia. Yakni pesawat CN-235 yang merupakan buatan PT Dirgantara Indonesia (Persero).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sederet agensi terkenal Korea Selatan menjalin kerjasama untuk mendirikan perusahaan platform konten baru pada Kamis (19/7). (Foto: Soompi)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 19:30 WIB

Tujuh Agensi Korsel Jalin Kerjasama Dirikan Perusahaan Konten Baru

Sederet agensi terkenal Korea Selatan, mulai dari SM Entertainment, YG Entertainment, BigHit Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, Star Empire, dan Mystic Entertainment menjalin…

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).