INKA Siap Ekspor 10 Lokomotif ke Senegal

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 14 April 2018 - 19:37 WIB

Pabrik Perkeretaapian PT Industri Kereta Api (INKA) (Ist)
Pabrik Perkeretaapian PT Industri Kereta Api (INKA) (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT INKA (Persero) menyatakan siap memproduksi 10 unit lokomotif untuk Senegal menyusul ketertarikan pemerintah tersebut terhadap produk perekeretaapian di Indonesia.

"Senegal sudah melihat-lihat dan katanya akan membeli 10 unit lokomotif dan juga tertarik dengan kereta inspeksi," ujar Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro disela menerima kunjungan perwakilan Senegal di PT INKA Madiun, Jumat.

Menurut dia, ketertarikan Senegal dengan produk PT INKA (Persero) disebabkan karena produknya yang dinilai sesuai dengan karakteristik kebutuhan di Senegal.

Adapun nantinya produk lokomotif tersebut akan digunakan untuk mendukung pengembangan moda transportasi darat, laut, dan udara di pemerintahan setempat.

Budi menambahkan, kunjugan Pemerintah Senegal ke PT INKA kali ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan acara Forum Indonesia-Africa Forum (IAF) tahun 2018 di Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu.

Terkait dengan kesiapan produksi 10 lokomotif tersebut, saat ini masih dalam proses penawaran dan belum ada kesepakatan kontrak ataupun harga. Namun demikian, pihaknya siap mewujudkannya setelah ada kesepakatan kontrak.

"Ini masih proses. Masih 'fifty-fifty'. Yang jelas kami berharap nanti ada peluang kerja sama," kata dia.

Sementara, Senegal State Secretary for National Railways Ndene Sall yang mewakili pemerintah Senegal melalui Dubes RI Dakar Mansyur Pangeran membenarkan ketertarikannya terhadap industri kereta api di Indonesia.

"Ya benar, mereka sangat tertarik membeli dan kagum dengan industri kereta api di Indonesia," tutur Mansyur Pangeran saat mendampingi rombongan pemerintah Senegal di INKA Madiun.

Sebelumnya Pemerintah Senegal sudah pernah menggunakan produk teknologi Indonesia. Yakni pesawat CN-235 yang merupakan buatan PT Dirgantara Indonesia (Persero).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:34 WIB

Membangunkan Potensi Pangan "Raksasa Tidur" di Selatan Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, memetakan persoalan dengan cepat, data baku lahan dan dukungan sarana produksi benih, pupuk khusus…

Foto Doc Kementan

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:20 WIB

Pemerintah Respon Aspirasi dan Beri Solusi Peternak Ayam Petelur

INDUSTRY.co.id -

Blitar - Pemerintah merespon aspirasi petani peternak ayam layer (petelur) mandiri yang mengeluhkan perkembangan harga jagung untuk pakan. Direktur…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:44 WIB

Rupiah Hari Ini di Level 15.158-15.132

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 15.158-15.132. Masih adanya sejumlah sentimen positif, terutama dari dalam negeri cukup membantu…

Kristian Nairn Pemeran 'Hodor' dalam serial permainan HBO, Game of Thrones akan hadir di ICC

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:20 WIB

Tokoh Tokoh Ternama Budaya Pop Dunia Siap Ramaikan ICC 2018

ReedPop melalui Reed Panorama Exhibitions kembali hadirkan para tokoh dan ikon budaya populer dunia hanya di Indonesia Comic Con 2018. Acara tahunan ini akan digelar pada tanggal 27 28 Oktober…

Seminar pariwisata

Kamis, 18 Oktober 2018 - 09:58 WIB

Bangun Potensi Tour Leader di Era Digital

INDUSTRY.co.id -

Jakarta--Dalam rangka mencetak tour leader profesional, Lembaga Bahasa (LB) LIA Pramuka menggelar seminar dan workshop pariwisata bertema Membangun…