Menko Maritim Luhut Binsar Yakinkan Tiongkok Terkait KA Cepat

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 14 April 2018 - 18:07 WIB

Menko Luhut Binsar Pandjaitan (doK KemenkoMaritim)
Menko Luhut Binsar Pandjaitan (doK KemenkoMaritim)

INDUSTRY.co.id - Beijing- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meyakinkan para pemangku kepentingan di Tiongkok soal Proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung yang masih berlangsung.

"Targetnya selesai 2020, lebih lambat sedikitlah daripada target awal. Biasa kok kalau ada proyek lebih lambat sedikit daripada target awal," kata Luhut ditemui Antara di sela-sela kunjungan kerjanya di Beijing, Sabtu (14/4/2018)

Selama ini para pejabat dan media di Tiongkok terus menaanyakan kelangsungan teknologi kereta api cepat di Indonesia.

Proyek kereta api cepat tersebut menjadi kebanggaaan Tiongkok atas keberhasilannya mengekspor teknologi. Jaringan Jakarta-Bandung merupakan proyek kereta cepat Tiongkok yang pertama kali diekspor keluar negeri.

Menurut Luhut, ada beberapa struktur dalam proyek tersebut yang sedang diperbaiki lagi oleh Tiongkok dan Indonesia.

"Kalau pembebasan lahan sampai sekarang sudah mencapai 60 persen dan akan terus diupayakan peningkatannya," ujarnya.

Dari sisi teknis dan studi kelayakan, lanjut dia, sudah tidak ada masalah lagi dengan proyek tersebut.

"Saya kira dalam kunjungan PM Li (Perdana Menteri China Li Keqiang) ke Indonesia nanti juga akan membahas soal itu," kata Jenderal Purnawirawan TNI itu.

Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Tiongkok pada 12-14 April 2018, Luhut bertemu dengan Perdana Menteri Li Keqiang, Penasihat Pemerintah sekaligus Menteri Luar Negeri Wang Yi, dan sejumlah pejabat Kementerian Perdagangan (Mofcom), Komisi Nasional Pembangunan dan Reformasi (NDRC), Bank Pembangunan China, serta para pengusaha setempat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhub Budi Karya Sumadi (Industry.co.id)

Minggu, 22 April 2018 - 06:47 WIB

Kemenhub Segera Keluarkan PeraturanTerkait Taksi Daring

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia akan mengeluarkan aturan baru dalam bentuk peraturan menteri terkait taksi "online" atau berbasis daring.

Bank Indonesia

Minggu, 22 April 2018 - 06:43 WIB

Bank Indonesia Menilai Ekonomi Nasional Tetap Solid

Bank Indonesia menilai bahwa perekonomian nasional masih tetap solid ditopang kondisi domestik dan eksternal yang masih baik.

Bank Indonesia

Minggu, 22 April 2018 - 06:39 WIB

Sentimen Suku Bunga FED Menahan Rupiah

Ekonom Bank UOB, Enrico Tanuwidjaja menilai bahwa sentimen kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (The Fed) masih menjadi salah satu faktor yang menahan apresiasi rupiah terhadap dolar…

Keseruan IIMS berpusat di Center Piece of Carni hadir lebih lengkap melalui program aktivitas seru dan beragam. Tidak hanya bangunan unik, tapi sejumlah kegiatan seperti Life-in 360 dan Trick Art, Barber Shop, Buka Garasi, IIMS Library

Minggu, 22 April 2018 - 06:22 WIB

Berikut Ragam Keseruan bagi Pengunjung di IIMS 2018

IIMS 2018 memiliki banyak acara seru salah satunya di Center Piece of Carni. Berbeda dari tahun lalu, Center Piece of Carni hadir lebih lengkap melalui program aktivitas seru dan beragam.

Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) bekerjasama dengan Dyandra Promosindo untuk kedua kalinya kembali menggelar REI Mega Expo yang berlangsung dari 19-29 April 2018 di Hall C3, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Minggu, 22 April 2018 - 05:45 WIB

REI Targetkan Transaksi Rp 5 Triliun di Ajang REI Mega Expo 2018

Diikuti oleh sedikitnya 25 pengembang Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) membidik transaksi Rp 5 triliun dalam pameran REI Mega Expo yang berlangsung dari 19-29 April 2018 di Hall…