Kiat Sukses Bangun Usaha Kuliner Ala Stefanie Pemilik Warunk Upnormal

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 14 April 2018 - 11:57 WIB

Stefanie Kurniadi pendiri Citra Rasa Prima (CRP Group)
Stefanie Kurniadi pendiri Citra Rasa Prima (CRP Group)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Di era milenial saat ini kaum muda berlomba-lomba untuk mengkreasikan sebuah inovasi yang dapat dijual dan menghasilkan uang. Hal itu pula yang dilakoni Stefanie Kurniadi pendiri Citra Rasa Prima (CRP Group) dengan berbagai merek seperti Nasi Goreng Mafia, Bakso Boedjangan hingga yang sedang hits sekarang ini yaitu Warunk Up Normal.

Sedikit cerita awal kesuksesan wanita kelahiran 11 Juni 1985 ini. Sejak 2009, Stefanie menulis pengalaman kulinernya di blog pribadinya, yaitu Ceritaperut. Dia mulai jatuh cinta pada Brand & Marketing sejak dia pertama kali bekerja sebagai Junior Art di Branding Agency.

Stefanie memulai kariernya sejak 19 tahun dan dalam 3 tahun ke depan, dia mulai memimpin tim kreatif yang menjadikannya sebagai Direktur Kreatif termuda saat itu.

Meski kariernya terlihat lancar, namun ternyata ada hal menarik darinya. Meski dia tertarik berkarya di bidang konsultan pemasaran, namun wanita ini justru pernah mengantongi gelar sarjana teknik dari Universitas Katolik Parahyangan.

Namun setelah kariernya meningkat pesat, akhirnya dia memilih untuk melanjutkan pendidikannya dengan Magister Manajemen Strategis di kampus yang sama.

Stefani juga memiliki ketertarikan pada bidang kuliner. Sejak 2009, Stefanie menulis pengalaman kulinernya di blog pribadinya, yaitu Ceritaperut (sekarang dikenal sebagai ceritaperut.com), yang kemudian berlanjut dengan membangun komunitas pecinta makanan online dalam 5 tahun ke depan.

Saat ini, Stefanie mengaplikasikan minatnya pada makanan, sebagai pendiri Grup CRP (Cita Rasa Prima) yang membangun berbagai merek dengan tujuan membawa Makanan Lokal Indonesia ke Tingkat Berikut (Nasi Goreng Rempah Mafia, Warunk UpNormal, Bakso Boedjangan, dan Sambal Khas Karmila).

Dia terpilih sebagai salah satu dari enam pengusaha dari seluruh dunia dalam kategori Mempercepat Program Wirausaha di ajang EY World Entrepreneur of The Year di Monte Carlo, 2015.

CRP Group bertujuan untuk membawa Makanan Lokal Daerah Indonesia ke tingkat berikutnya dengan menyediakan makanan unik di lingkungan bersih dengan prioritas untuk keamanan pangan dengan harga terjangkau bagi konsumen menengah ke bawah di Indonesia.

Nah, kali ini secara terang-terangan Stefanie membagikan tips sukses berbisnis bagi mereka yang ingin sukses di dunia wirausaha, baik yang baru memulai ingin terjun di dunia bisnis atau yang ingin menaikkan skala bisnisnya.

Berikut beberapa tips yang dibagikannya:

1. Start Now

Hal paling utama untuk sukses sebagai entrepreneurship, menurut Stefanie Kurniadi, yaitu segera memulainya dari sekarang atau start now.

"Jika kita cuma konsep-konsep aja kita pikirin, kita ingin begini, ingin begitu, hanya kepengen aja enggak dieksekusi-eksekusi, kita akan stuck di situ terus karena sebetulnya segala sesuatu itu butuh proses. Jadi kita eksekusi, ada hasilnya, kemudian kita review, kita improve segala macem. Jadi, start now itu menurut saya penting."

2. Tak Pernah Berhenti Belajar

Tips sukses selanjutnya dan yang terakhir dari Stefani agar sukses menjadi entrepreneurship adalah dengan tidak pernah berhenti belajar.

"Begitu banyak orang dengan cerita dan ilmu yang berbeda-beda. Begitu banyak oppurtunity sebetulnya kalau di era sekarang tuh udah luar biasa banget."

"Dulu waktu pertama-tama bikin bisnis makanya gagal karena belum ketemu sama Endeavor. Maksudnya, join di Endeavor ini juga is a another world dan banyak banget orang-orang yang ternyata punya ilmu yang kita perlu," katanya.

"The point is apakah kita mau bertanya dan memanfaatkan network itu, misal kaya datang ke event, kemudian ketemu dengan orang yang pengen kita banyak belajar dari orang ini. Karena semakin banyak kita belajar, semakin kita banyak informasi, semakin banyak referensi yang bisa kita implementasi sebenarnya," tandasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo bersamabDirektur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti saat konferensi pers Danone-AQUA (Foto: Dok. Danone-AQUA)

Kamis, 20 September 2018 - 20:20 WIB

Asian Games 2018 Berakhir, Semangat Kebaikan Terus Menginspirasi

Indonesia tidak hanya menuai sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi Asian Games 2018, tetapi juga telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan perhelatan olah raga terbesar…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 20 September 2018 - 17:38 WIB

Menunggu Data BPS untuk Masalah Impor Beras

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Polemik impor beras medium antara Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso (Buwas) dan…