Kiat Sukses Bangun Usaha Kuliner Ala Stefanie Pemilik Warunk Upnormal

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 14 April 2018 - 11:57 WIB

Stefanie Kurniadi pendiri Citra Rasa Prima (CRP Group)
Stefanie Kurniadi pendiri Citra Rasa Prima (CRP Group)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Di era milenial saat ini kaum muda berlomba-lomba untuk mengkreasikan sebuah inovasi yang dapat dijual dan menghasilkan uang. Hal itu pula yang dilakoni Stefanie Kurniadi pendiri Citra Rasa Prima (CRP Group) dengan berbagai merek seperti Nasi Goreng Mafia, Bakso Boedjangan hingga yang sedang hits sekarang ini yaitu Warunk Up Normal.

Sedikit cerita awal kesuksesan wanita kelahiran 11 Juni 1985 ini. Sejak 2009, Stefanie menulis pengalaman kulinernya di blog pribadinya, yaitu Ceritaperut. Dia mulai jatuh cinta pada Brand & Marketing sejak dia pertama kali bekerja sebagai Junior Art di Branding Agency.

Stefanie memulai kariernya sejak 19 tahun dan dalam 3 tahun ke depan, dia mulai memimpin tim kreatif yang menjadikannya sebagai Direktur Kreatif termuda saat itu.

Meski kariernya terlihat lancar, namun ternyata ada hal menarik darinya. Meski dia tertarik berkarya di bidang konsultan pemasaran, namun wanita ini justru pernah mengantongi gelar sarjana teknik dari Universitas Katolik Parahyangan.

Namun setelah kariernya meningkat pesat, akhirnya dia memilih untuk melanjutkan pendidikannya dengan Magister Manajemen Strategis di kampus yang sama.

Stefani juga memiliki ketertarikan pada bidang kuliner. Sejak 2009, Stefanie menulis pengalaman kulinernya di blog pribadinya, yaitu Ceritaperut (sekarang dikenal sebagai ceritaperut.com), yang kemudian berlanjut dengan membangun komunitas pecinta makanan online dalam 5 tahun ke depan.

Saat ini, Stefanie mengaplikasikan minatnya pada makanan, sebagai pendiri Grup CRP (Cita Rasa Prima) yang membangun berbagai merek dengan tujuan membawa Makanan Lokal Indonesia ke Tingkat Berikut (Nasi Goreng Rempah Mafia, Warunk UpNormal, Bakso Boedjangan, dan Sambal Khas Karmila).

Dia terpilih sebagai salah satu dari enam pengusaha dari seluruh dunia dalam kategori Mempercepat Program Wirausaha di ajang EY World Entrepreneur of The Year di Monte Carlo, 2015.

CRP Group bertujuan untuk membawa Makanan Lokal Daerah Indonesia ke tingkat berikutnya dengan menyediakan makanan unik di lingkungan bersih dengan prioritas untuk keamanan pangan dengan harga terjangkau bagi konsumen menengah ke bawah di Indonesia.

Nah, kali ini secara terang-terangan Stefanie membagikan tips sukses berbisnis bagi mereka yang ingin sukses di dunia wirausaha, baik yang baru memulai ingin terjun di dunia bisnis atau yang ingin menaikkan skala bisnisnya.

Berikut beberapa tips yang dibagikannya:

1. Start Now

Hal paling utama untuk sukses sebagai entrepreneurship, menurut Stefanie Kurniadi, yaitu segera memulainya dari sekarang atau start now.

"Jika kita cuma konsep-konsep aja kita pikirin, kita ingin begini, ingin begitu, hanya kepengen aja enggak dieksekusi-eksekusi, kita akan stuck di situ terus karena sebetulnya segala sesuatu itu butuh proses. Jadi kita eksekusi, ada hasilnya, kemudian kita review, kita improve segala macem. Jadi, start now itu menurut saya penting."

2. Tak Pernah Berhenti Belajar

Tips sukses selanjutnya dan yang terakhir dari Stefani agar sukses menjadi entrepreneurship adalah dengan tidak pernah berhenti belajar.

"Begitu banyak orang dengan cerita dan ilmu yang berbeda-beda. Begitu banyak oppurtunity sebetulnya kalau di era sekarang tuh udah luar biasa banget."

"Dulu waktu pertama-tama bikin bisnis makanya gagal karena belum ketemu sama Endeavor. Maksudnya, join di Endeavor ini juga is a another world dan banyak banget orang-orang yang ternyata punya ilmu yang kita perlu," katanya.

"The point is apakah kita mau bertanya dan memanfaatkan network itu, misal kaya datang ke event, kemudian ketemu dengan orang yang pengen kita banyak belajar dari orang ini. Karena semakin banyak kita belajar, semakin kita banyak informasi, semakin banyak referensi yang bisa kita implementasi sebenarnya," tandasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

R&R Public Relations Raih Penghargaan PR Agency of The Year 2018

Senin, 19 November 2018 - 11:18 WIB

Jelang Dua Dekade Eksistensi, R&R Public Relations Raih Penghargaan PR Agency of The Year 2018

Berpengalaman lebih dari 18 tahun di industri kehumasan, R&R Public Relations sebagai PR agency lokal peroleh penghargaan "PR Agency of the Year 2018" dalam ajang Indonesia PR Program of the…

Menteri Perindutrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi pabrik karet PT New Kalbar Processors (NKP) di Kabupaten Kubu Raya,Kalimantan Barat (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 11:15 WIB

Kunjungi New Kalbar Processors, Menperin Janji Tumbuhkan Industri Pengolahan Karet Remah

Kementerian Perindustrian terus mendorong pertumbuhan sektor industri pengolahan crumb rubber (karet remah). Oleh karena itu, melalui Paket Kebijakan Ekonomi XVI yang telah dikeluarkan pemerintah,…

Kepala Pusdatin Kementan I Ketut Kariyasa

Senin, 19 November 2018 - 11:12 WIB

Produktivitas Tenaga Kerja Sektor Pertanian Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan), Ketut Kariyasa menegaskan produktivitas tenaga kerja…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 19 November 2018 - 11:02 WIB

Akademisi Sebut Produksi bukan Variabel Tunggal dalam Kenaikan Harga Beras

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Harga beras yang diberitakan mengalami kenaikan belakangan ini turut mendapat sorotan dari pakar ekonomi pertanian Luthfi Fatah.

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 10:30 WIB

Hindari Jeratan Pinjaman Online, Ini Tujuh Poin yang Harus Diperhatikan Menurut YLKI

Praktik bisnis pinjaman online (pinjol) terus merebak, bahkan masif. Pemerintah pun berbangga, menepuk dada, sementara ribuan konsumen merana, menjadi korban pinjol.