Kurangi Kepadatan Arus Mudik, Kemenhub Usulkan Penambahan Dua Hari Libur Lebaran

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 14 April 2018 - 11:08 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengusulkan agar ada penambahan hari libur lebaran. Memang hingga saat ini belum ada keputusan jelas mengenai libur lebaran. Namun, Budi mengusulkan agar hari Senin dan Selasa tanggal 11-12 Juni 2018 dapat menjadi pertimbangan untuk dipilih dan ditetapkan sebagai hari libur tambahan.

Menurut Budi, hal ini membantu untuk mendistribusikan dan mengurangi kepadatan lalu lintas dalam masa arus mudik.

“Libur lebaran berlangsung dari 15-18 Juni. (Kemenhub) sedang mengupayakan libur tambahan ke Kemenag dan PANRB. Akan ditetapkan keputusanannya pada Seenin nanti,” ujar Budi, di Jakarta, Jumat (13/4/2018) sore.

Untuk arus mudik lebaran 2018, Kementerian Perhubungan menyediakan pilihan mudik motor gratis dengan menggunakan kereta api.

“Mudik gratis dengan kereta, kalau dia (penumpang) beli tiket, dia mau mudik dengan sepeda motornya, sepeda motornya boleh naik (ke dalam kereta). Tapi, sepeda motornya gratis (tidak perlu beli tiket tambahan lagi),” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, yang juga mengikuti rapat koordinasi pada pagi tadi.

Terdapat 13 stasiun yang menyediakan layanan mudik motor gratis dengan kereta api. Beberapa stasiun antara lain Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru, Stasiun Bogor, Stasiun Serpong, Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Bandung, dan Stasiun Kiaracondong. Per harinya, kereta yang lalu lalang dapat mengangkut 464 motor per harinya.

Selain kereta api, hal serupa juga dilakukan oleh lalu lintas yang melalui laut. Selain imbauan untuk penambahan jumlah kapal dan kapasitas angkut untuk angkutan lebaran, dirjen perhubungan laut diimbau untuk menyediakan mudik gratis sepeda motor.

Kepada dirjen perhubungan udara, Menhub Budi mengimbau agar para maskapai menyediakan penerbangan tambahan dalam arus mudik 2018. Selain jumlah armada yang ditambah, Budi turut mengimbau agar ada penambahan jam operasional dari bandar udara selama arus mudik dan arus balik.

Penggunaan slot time, terutama pada malam hari diharapkan bisa lebih dimaksimalkan. Maskapai pun diharapkan tidak melakukan keep slot. “Jangan dikeep slot lah, kasihan,” kata Budi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.