Tiga Investor Ini Minat Garap Proyek Kereta Layang Lingkar Jakarta

Oleh : Ridwan | Sabtu, 14 April 2018 - 10:30 WIB

Proyek LRT Jabodetabek (dok INDUSTRY.co.id)
Proyek LRT Jabodetabek (dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyebut bahwa saat ini sudah ada tiga investor meminati pembangunan proyek kereta layang lingkar (loop line) Jakarta.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan tiga investor tersebut adalah perusahaan yang berasal dari Indonesia.

Menurutnya, proyek jalur kereta ini akan dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) untuk meminimalisir Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

"Sudah ada yang menanyakan (proyek Loop LineJakarta)," katanya di Jakarta (13/4/2018).

Lebih lanjut, iaenjelaskan, saat ini pihaknya masih mengurus administrasi proyek tersebut, termasuk memasukkan proyek Loop Line Jakarta dalam Blue Book atau daftar proyek KPBU yang diterbitkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Dia menargetkan paling tidak hingga akhir tahun ini perampungan skema pembiayaan (financial close) proyek kereta ini dapat dilakukan.

BPTJ pun sudah membicarakan hal ini dengan pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Apabila semua proses berjalan sesuai rencana, proyek senilai Rp 15 triliun ini dapat dimulai pekerjaan fisiknya pada awal atau pertengahan 2019.

Bambang juga sebelumnya mematok target tahun 2020 jalur melingkar ini sudah dapat dioperasikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhub Budi Karya Sumadi (Industry.co.id)

Minggu, 22 April 2018 - 06:47 WIB

Kemenhub Segera Keluarkan PeraturanTerkait Taksi Daring

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia akan mengeluarkan aturan baru dalam bentuk peraturan menteri terkait taksi "online" atau berbasis daring.

Bank Indonesia

Minggu, 22 April 2018 - 06:43 WIB

Bank Indonesia Menilai Ekonomi Nasional Tetap Solid

Bank Indonesia menilai bahwa perekonomian nasional masih tetap solid ditopang kondisi domestik dan eksternal yang masih baik.

Bank Indonesia

Minggu, 22 April 2018 - 06:39 WIB

Sentimen Suku Bunga FED Menahan Rupiah

Ekonom Bank UOB, Enrico Tanuwidjaja menilai bahwa sentimen kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (The Fed) masih menjadi salah satu faktor yang menahan apresiasi rupiah terhadap dolar…

Keseruan IIMS berpusat di Center Piece of Carni hadir lebih lengkap melalui program aktivitas seru dan beragam. Tidak hanya bangunan unik, tapi sejumlah kegiatan seperti Life-in 360 dan Trick Art, Barber Shop, Buka Garasi, IIMS Library

Minggu, 22 April 2018 - 06:22 WIB

Berikut Ragam Keseruan bagi Pengunjung di IIMS 2018

IIMS 2018 memiliki banyak acara seru salah satunya di Center Piece of Carni. Berbeda dari tahun lalu, Center Piece of Carni hadir lebih lengkap melalui program aktivitas seru dan beragam.

Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) bekerjasama dengan Dyandra Promosindo untuk kedua kalinya kembali menggelar REI Mega Expo yang berlangsung dari 19-29 April 2018 di Hall C3, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Minggu, 22 April 2018 - 05:45 WIB

REI Targetkan Transaksi Rp 5 Triliun di Ajang REI Mega Expo 2018

Diikuti oleh sedikitnya 25 pengembang Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) membidik transaksi Rp 5 triliun dalam pameran REI Mega Expo yang berlangsung dari 19-29 April 2018 di Hall…