Kunjungi Madura, Menteri Jonan Berpesan Masyarakat Jaga Sumur Bor Dengan Baik

Oleh : Hariyanto | Jumat, 13 April 2018 - 11:01 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id - Sampang - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus berupaya memudahkan akses masyarakat kepada air bersih, dengan menyediakan sumur bor air tanah, yang dilakukan di daerah yang sulit air. 

Kali ini, Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau lokasi sumur bor di Pulau Madura yang berada di Desa Tlagah, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Provinsi Jawa Timur, Kamis (12/4/2018).

Pada kunjungannya tersebut, Menteri Jonan berpesan agar masyarakat menjaga sumur bor ini. "Tolong sumur bor ini dijaga dengan baik, karena sangat bermanfaat," kata Menteri Jonan.

Sumur bor di Desa Tlagah ini dibangun oleh Badan Geologi Kementerian ESDM pada tahun 2017 dan memiliki kedalaman hingga 114 meter. Sumur ini mengalirkan air dengan debit 1,6 liter setiap detiknya dan mampu melayani 2.304 jiwa di desa tersebut.

Selain di Desa Tlagah, terdapat enam sumur bor lain yang dibangun di Kabupaten Sampang, yakni terletak di Desa Bunten Barat dan Desa Paopale Laok, Kecamatan Ketapang; Desa Karang Gayam dan Desa Rongdalem, Kecamatan Omben; serta Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah.

Sumur bor Desa Tlagah merupakan satu dari 53 sumur bor lain di Jawa Timur. Kapasitas debit total dari seluruh sumur bor di Jawa Timur mencapai 83,30 liter/detik yang mampu memberikan akses air bersih bagi 119.952 jiwa di 18 Kabupaten/Kota. 

Sementara secara nasional, sejak tahun 2005, Kementerian ESDM telah meresmikan 1.782 sumur bor untuk 5 juta jiwa di seluruh Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:35 WIB

Kemeneperin Bidik Industri Perhiasan Tumbuh 5 Persen

Kementerian Perindustrian terus mendorong penguatan branding produk perhiasan Indonesia agar lebih berdaya saing di tingkat global.

Peluncuran Kampanye #KomuterTegar Redoxon

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:30 WIB

Kampanye #KomuterTegar Redoxon, Siapkan Komuter Indonesia untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Sehat dan Kuat

Redoxon, merek vitamin daya tahan tubuh terkemuka dari Bayer. hari ini meluncurkan kampanye #KomuterTegar guna menyebarluaskan kesadaran kepada para komuter di Indonesia untuk menjaga daya tahan…

Jenius solusi life financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy.

Sabtu, 19 Januari 2019 - 17:53 WIB

Jenius Hadirkan Solusi Dongkrak Penetrasi Keuangan di Jawa Timur

Diciptakan melalui semangat kokreasi, Jenius terus berinovasi menciptakan fitur-fitur unik sebagai solusilife financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy. Setelah diperkenalkan kepada…

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:49 WIB

Pemangkas Rambut Garut Mendapat Akses KPR Subsidi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperluas jangkauan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bisa menikmati subsidi rumah seperti program KPR Fasilitas Likuiditas…

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:23 WIB

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Salah satu Rusun yang dibangun tahun 2018 adalah Rusun Pondok Pesantren Darul Arqom di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.