Ekspor Kopi Instan Lampung Desember Senilai US$1,9 Juta

Oleh : Herry Barus | Minggu, 22 Januari 2017 - 13:25 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Bandarlampung - Realisasi ekspor produk industri kopi instan asal Provinsi Lampung, selama Desember 2016 mencapai 843,1 ton senilai US$1,9 Juta dolar atau naik bila dibandingkan bulan sebelumnya.

"Jumlah itu naik cukup signifikan dibandingkan eskpor November yang hanya mencapai 363.723 dolar Amerika Serikat, dengan volume 37,2 ton," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Ferynia di Bandarlampung, Minggu (22/1/2017)

Ia menjelaskan ekspor kopi instan itu meningkat cukup tinggi terkait kontrak perjanjian antara pengekspor ke pembeli di luar negeri.

Ekspor kopi instan asal Lampung itu masih terus berlangung dari daerah ini dikenal sentra kopi robusta, dan produsen kopi kemasan.

Ia menyebutkan kendati tidak sebanyak ekspor biji kopi, produk kopi instan diekspor di anataranya ke Vietnam dan Singapura.

Prospek ekspor kopi instan Lampung, menurut Ferynia, masih tetap cerah ditandai realisasi ekspor tiap bulan cukup baik. Selain itu, pihaknya juga terus melakukan promosi ke beberapa negara baik menggelar berbagai ajang pameran maupun melalui pamplet atau media website.

Ia mengatakan nilai dan volume ekspor kopi Lampung, masih berfluktuasi tergantung permintaan serta kontrak perjanjian yang telah dibuat antara pengekspor dengan pembeli.

Info yang berhasil dikumpulkan Antara, Dinas Perdagangan Lampung mencatat, sentra produksi industri komoditas kopi instan Lampung terdapat di Kota Bandarlampung dan beberapa daerah penghasil kopi lainnya seperti Lampung Barat dan Tanggamus.

Kota Bandarlampung, lanjutnya, memiliki kapasitas produksi kopi instan rata-rata 6.000 hingga 10.000 ton per tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin