Wamen Energi Polandia: Perusahaan Polandia Sangat Tertarik Berinvestasi di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 April 2018 - 19:20 WIB

Wamen ESDM Arcandra Tahar bersama Delegasi Polandia
Wamen ESDM Arcandra Tahar bersama Delegasi Polandia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah Indonesia terus mendorong pertumbuhan ekonomi, salah satunya dari sektor energi dan sumber daya mineral. Seperti penyederhanaan peraturan dan regulasi yang direvisi atau dibuat agar lebih menarik bagi para investor. 

Hingga Maret 2018, Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyederhanakan atau mencabut 186 regulasi dan perizinan yang dinilai dapat menghambat investasi. Selain itu, penawaran investasi-investasi kepada negara yang sudah pernah berinvestasi atau bahkan kepada negara-negara yang dianggap berpotensi juga terus dilakukan.

Penawaran investasi dari sektor energi dan sumber daya mineral salah satunya dilakukan oleh Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Arcandra Tahar saat memberikan sambutan dalam agenda Indonesia - Polandia Bussines Forum yang dilaksanakan di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (12/4/2018).

"Kami akan selalu siap untuk mendengarkan keluhan yang dihadapi para investor, dan akan berusaha menciptakan alur bisnis yang transparan dan akuntabel, dan agar perusahaan-perusahaan Polandia yang saat ini beroperasi di Indonesia memahami alur bisnis di Indonesia supaya bergabung sajja dengan perusahaan lokal," ujar Arcandra.

Sebagai bukti Pemerintah Indonesia terus berusaha mencipatkan iklim investasi yang ramah investor, berdasarkan Ease of Doing Bussiness (EoDB Index) Indonesia pada tahun 2018 meningkat menjadi peringkat 72 atau lebih dari tahun sebelumnya yaitu peringkat 91.

Hal tersebut disambut baik oleh Wakil Menteri Energi Polandia, Grzegorz Tobiszowski selaku pimpinan delegasi Polandia ke Indonesia. Dirinya menyatakan kesiapan untuk bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia.

"Perusahaan-perusahaan Polandia sangat tertarik untuk berinvestasi di Indonesia. Sampai saat ini, banyak perusahaan Polandia yang berinvestasi di Indonesia, seperti Rafako perusahaan energi asal Polandia yang memenangkan tender pembangunan PLTU berkapasitas 2x50 MW di Lombok, Nusa Tenggara Barat" ujar Grzegorz.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, delegasi Polandia juga menawarkan program pertukaran mahasiswa di bidang energi dan pertambangan. Hal tersebut disambut baik oleh Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, pertukaran mahasiswa yang dilakukan dapat menumbuhkan dampak positif di bidang kebudayaan , teknologi, dan hubungan kerja sama bilateral antara Indonesia - Polandia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:44 WIB

BMKG: Gelombang Laut Laut Sawu NTT Diprediksi Capai 3,5 Meter

Badan Meteorologi, Klimatologi dan dan Geofisika (BMKG) menyatakan gelombang tinggi yang terjadi pada beberapa wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini, akibat siklon tropis…

Kondisi Jalan Pasca Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:37 WIB

11.156 Orang Pengungsi Banjir Jayapura Papua

Jumlah pengungsi yang terdampak banjir bandang di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, hingga Kamis (21/3/2019) mencapai 11.156 orang.

Mbak Tutut (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:29 WIB

Mbak Tutut : Perbedaan Memperkaya Indonesia Kita

Siti Hardijanti Rukmana, putri sulung Presiden Soeharto yang akrab disapa Mbak Tutut mengatakan, perbedaan dan keanekaragam di berbagai aspek di nusantara tercinta, justru akan memperkaya Indonesia.

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…