Timah Fokus Kembangkan Usaha Penambangan dan Pengolahan Bijih Timah di Nigeria

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 April 2018 - 16:13 WIB

PT Timah (Persero) Tbk
PT Timah (Persero) Tbk

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang - PT Timah Tbk memfokuskan pengembangan usaha penambangan dan pengolahan bijih timah di Nigeria, sebagai bentuk keseriusan Indonesia dalam meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara di Afrika.

"Kami terus fokus untuk mengerjakan langkah-langkah strategis guna merealisasikan ekspansi perusahaan di Nigeria," kata Direktur PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Taani di Pangkalpinang, Selasa (10/4/2018).

Bentuk keseriusan pengembangan usaha penambangan dan pengolahan bijih timah tersebut di Nigeria, setelah adanya penandatangan Shareholder Agreement antara PT Timah Tbk dengan Topwide Venture Ltd di Nusa Dua Bali Convention Center (NDBCC) Bali pada Senin (9/4/2018), sebagai bentuk keseriusan Indonesia meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara di Afrika yang bertajuk Indonesia Afrika Forum (IAF).

Penandatangan kerja sama pengembangan usaha perusahaan tambang timah Indonesia dengan Nigeria tersebut disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Yusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Luar Negeri dan Menteri Perdagangan serta Menteri dari negara-negara Afrika.

Riza mengatakan Shareholder Agreement ini merupakan langkah positif terhadap pengembangan usaha perusahaan khususnya penambangan di Nigeria.

"Sejak kesepakatan yang dilaksanakan Desember 2017 lalu, kami terus fokus untuk mengerjakan langkah-langkah strategis guna merealisasikan ekspansi perusahaan di Nigeria," ujarnya.

Ia mengatakan Shareholder Agreement ini merupakan tindaklanjut penandatanganan kesepakatan bersama PT Timah Tbk dengan Topwide Venture Ltd pada 2017 dalam ruang lingkup pengembangan, kolaborasi studi kelayakan investasi, survei geologi, eksplorasi awal, dan perolehan sampel secara detail.

"Kita melihat Nigeria sebagai salah satu negara penghasil timah di Afrika yang potensial secara deposit cadangan dan memiliki sejarah panjang tentang pertimahan, sehingga dapat memaksimalkan cadangan timah perusahaan ini," katanya.

Sementara itu, perwakilan dari Topwide juga mengatakan bahwa mereka menyatakan bangga bisa bekerja sama dengan PT TIMAH Tbk yang merupakan perusahaan yang berpengalaman puluhan tahun dibidang penambangan dan pengolahan logam timah.(tar)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 09:45 WIB

Lima Pelabuhan di Maluku Disinggahi Tol Laut

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku menyatakan bahwa hingga kini baru lima pelabuhan di Maluku yang disinggahi kapal tol laut.

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 09:43 WIB

Tiongkok Tegang, Bursa Saham Asia Variatif

INDUSTRY.co.id -

AS -

Jakarta - Pergerakan bursa saham Asia cenderung variatif seiring masih adanya kekhawatiran terkait perang dagang AS dan Tiongkok. Nikkei bergerak…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Jumat, 21 September 2018 - 09:35 WIB

Hari Ini Rupiah Bakalan Menguat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.848-14.835. Pergerakan Rupiah kembali mencoba menguat seiring masih adanya sentimen yang…

Layanan e-FLPP Kementerian PUPR Raih Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik

Jumat, 21 September 2018 - 09:30 WIB

Layanan e-FLPP Kementerian PUPR Raih Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik

Layanan e-FLPP yang dilaksanakan oleh PPDPP merupakan salah satu inovasi Kementerian PUPR untuk meningkatkan pelayanan penyaluran subsidi perumahan melalui program KPR Sejahtera FLPP (Fasilitas…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 21 September 2018 - 09:28 WIB

IHSG Akan Bertahan Menghijau

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Diharapkan IHSG selanjutnya dapat bertahan di atas support 5896-5911 dan Resisten diharapkan dapat menyentuh kisaran 5950-5968. Kenaikan…