Pianis Muda Asal Korea Utara Menyihir Penonton Konser Perdamaian Dunia di Jakarta

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 12 April 2018 - 12:30 WIB

Pianis Muda Korea Utara Choe Jang Hung
Pianis Muda Korea Utara Choe Jang Hung

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Gedung Kesenian Jakarta, Rabu malam (11/4/2018) menyihir para penonton dengan penampilan pianis muda kelas dunia dari Korea Utara, Choe Jang Hung, dalam acara Konser Perdamaian Dunia. Penampilan Jang Hung berhasil memberikan kesan yang lebih positif mengenai negeri yang dipimpin Kim Jong Un ini.

Dutabesar Republik Rakyat Demokratik Korea An Kwang Il dan istri serta staf Kedubes Korea Utara hadir dalam Konser Perdamaian tersebut. Beberapa dutabesar negara sahabat seperti Dubes Rusia, Dubes Kuba, Dubes Bulgaria dan Dubes Rumania.

Karya-karya klasik yang dimainkan Jang Hung antara lain adalah The Well-tempered Clavier Part I in cis major BWV 848 yang ditulis komposer Johann Sebastian Bach, Sonata in A major. KV.331 (Wolfgang Amadeus Mozart), dan "Children's Corner" L.113 (Claude Debussy).

Jang Hung juga memainkan empat karya Frederic Chopin, yakni Mazurka op.59 Nr.3 in fis-minor, Walts No. 1 in E-flat major ("Grande Valse Brillante") op.18, Etude in A minor op.25 No.11, dan Polonaise Op.53 No.6.

Concert Paraphrase de Tema Opera "Rigoletto" Verdi karya Franz Liszt merupakan komposisi terakhir yang dimainkannya.

"Dia ini anak ajaib. Saya menyerah. Kemampuannya lebih tinggi dari saya," kata Jaya Suprana yang memandu konser.

Sebuah komposisi yang disusun Jaya Suprana yang diberi judul Fragmen, juga dimainkan Jang Hung. Nadanya mengalun sekaligus menyentak.

"Waktu saya mendengar Jang Hung membawakan komposisi itu (Fragmen), saya sampai tidak tahu siapa yang menulisnya. Dia memainkannya lebih indah dari yang pernah saya bayangkan," kata Jaya Suprana lagi.

Jaya Suprana juga terlihat tak dapat menahan haru dan airmatanya menikmati permainan Jang Hung.

He is not a man, he is a superman," sambungnya.

Choe Jang Hung baru berusia 13 tahun. Dia mulai bermain piano pada usia empat tahun, dan di usia enam tahun sudah memenangkan The International Children Chopin Competition di Polandia. Beberapa tahun kemudian dia memenangkan Zhong Yin Cap International Piano Competition di China.

Bulan Maret tahun lalu, Jang Hung kembali menggondol gelar juara dalam Vladimir Krainev Moscow International Piano Competition di Moskow, Rusia.

Jaya Suprana menemukan nama Choe Jang Hung dalam penerbangan dari Beijing ke Pyongyang, pada bulan Agustus tahun lalu.

"Saya menyambut Pak Jaya di Bandara Pyongyang. Begitu ketemu saya, hal pertama yang disampaikan Pak Jaya adalah keinginannya mengundang pianis muda. Waktu itu Pak Jaya lupa nama pianis muda itu. Kata Pak Jaya, dia membaca kisah tentang pianis muda itu di majalah dalam penerbangan dengan Air Koryo," cerita Sekjen PPIK Teguh Santosa usai konser, (Rabu malam, 11/4).

Teguh sudah berkali-kali berkunjung ke Pyongyang dalam misi persahabatan. Tahun lalu dia membantu kunjungan Jaya Suprana dan istrinya, Aylawati Sarwono, ke Pyongyang.

Setelah mendengar keinginan Jaya mengundang pianis dari Korea Utara, Teguh berkomunikasi dengan counterpart-nya di Pyongyang.

"Selama di Pyongyang, Pak Jaya juga berkesempatan mengunjungi taman kanak-kanak khusus di Pyongyang tempat anak-anak muda Korea dari usia dini belajar bermain piano," kata Teguh lagi.

Teguh mengucapkan terima kasih atas kesediaan Jaya Suprana menginisiasi Konser Perdamaian di Jakarta.

"Pak Jaya membuat pekerjaan kami di Perhimpunan Persahabatan jadi jauh lebih mudah. Insya Allah setelah ini, akan ada tim seni budaya lain dari Korea Utara yang akan berkunjung ke Indonesia," demikian Teguh Santosa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…