Empat Film Nasional Bertarung Berebut Penonton Hari Ini

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 12 April 2018 - 10:55 WIB

Film Nasional The Perfect Husband dan Film Enak Tho Jamanku yang bertarung berebut penonton
Film Nasional The Perfect Husband dan Film Enak Tho Jamanku yang bertarung berebut penonton

INDUSTRY.co.id - JAKARTA— Tak terelakkan. Empat film nasional tayang serentak hari kamis 12 April 2018 ini. Artinya film-film ini akan berebut penonton film. Meski secara tema atau jenis ke 4 film ini masing-masing memiliki penontonnya sendiri. Ke empat film itu adalah Reuni Z (genre Komedi), Perfect Husband (Drama Remaja), Hallo Makasar (komedi  dengan muatan lokal) dan Enak Tho Jamanku, Piye Kabare (Drama action).

Hal lain yang membedakan antara film yang satu dengan yang lainnya, adalah jumlah layar tempat ditayangkannya film tersebut. Inilah yang selalu menjadi pokok persoalan tata edar film nasional di mana pihak eksibisionis (pemilik bioskop) sangat menentukan atas jumlah layar yang diberikan.

Menurut Qdemanj, produser film Enak Tho Jamanku Piye Kabare, film yang diproduksinya memperoleh 53 layar di seluruh Indonesia. “Itu pun setelah bernegosiasi  dengan keras dengan pihak studio. Saya hanya katakan bahwa kapan lagi berpihak kepada produser nasional jika tidak pernah diberi kesempatan,” katanya.

Jika film Enak Tho Jamanku, memperoleh 53 layar, konon film Hallo Makassar hanya memperoleh separuh dari itu. Dari data yang diperoleh Industry.co.id, film dengan muatan lokal yang kental ini diputar hanya 20 an layar.

Hal ini berbeda dengan film Reuni Z produksi Rapi Film dan film The Perfect Husband produksi Screenplay Pictures yang konon memperoleh lebih dari 100 layar bioskop. Selain karena faktor negosiasi, pihak pemilik bioskop yang saat ini dikuasai oleh pemain besar seperti grup Twentyone (21), Cinemaxx, CGV,  juga memperhitungkan faktor trend penonton dan pemain.

Jika film tersebut dibuat untuk segmen remaja, misalnya, maka terbuka kemungkinan mendapat layar yang cukup banyak. Demikian juga dengan genre Komedi yang saat ini tengah booming. Ditambah dengan pemain –pemain yang dianggap memiliki penggemar yang banyak, maka potensi untuk memperoleh layar yang banyak semakin terbuka. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 20 September 2018 - 17:38 WIB

Menunggu Data BPS untuk Masalah Impor Beras

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Polemik impor beras medium antara Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso (Buwas) dan…

Presiden Direktur PT SPV, Christian Oberleitner (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 20 September 2018 - 16:17 WIB

Dukung Program Citarum Harum, South Pacific Viscose Terus Tingkatkan Standar dan Kualitas IPAL

untuk menjaga kelestrasian lingkungan, khususnya Citarum, PT. South Pacific Viscose telah mengikuti semua regulasi dari pemerintah dan mematuhi segala perarturan yang telah dikeluarkan.

Direksi Radana Bhaskara Finance

Kamis, 20 September 2018 - 15:59 WIB

Radana Bhaskara Finance Dapat Warning Credit Watch Negatif

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - PT Radana Bhaskara Finance peringkat dan medium term notes MTN II 2016 seri A,B,C, MTN I 2017 seri A,B,C dan MTN II 2018 menjadi idBBB dari…