Empat Film Nasional Bertarung Berebut Penonton Hari Ini

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 12 April 2018 - 10:55 WIB

Film Nasional The Perfect Husband dan Film Enak Tho Jamanku yang bertarung berebut penonton
Film Nasional The Perfect Husband dan Film Enak Tho Jamanku yang bertarung berebut penonton

INDUSTRY.co.id - JAKARTA— Tak terelakkan. Empat film nasional tayang serentak hari kamis 12 April 2018 ini. Artinya film-film ini akan berebut penonton film. Meski secara tema atau jenis ke 4 film ini masing-masing memiliki penontonnya sendiri. Ke empat film itu adalah Reuni Z (genre Komedi), Perfect Husband (Drama Remaja), Hallo Makasar (komedi  dengan muatan lokal) dan Enak Tho Jamanku, Piye Kabare (Drama action).

Hal lain yang membedakan antara film yang satu dengan yang lainnya, adalah jumlah layar tempat ditayangkannya film tersebut. Inilah yang selalu menjadi pokok persoalan tata edar film nasional di mana pihak eksibisionis (pemilik bioskop) sangat menentukan atas jumlah layar yang diberikan.

Menurut Qdemanj, produser film Enak Tho Jamanku Piye Kabare, film yang diproduksinya memperoleh 53 layar di seluruh Indonesia. “Itu pun setelah bernegosiasi  dengan keras dengan pihak studio. Saya hanya katakan bahwa kapan lagi berpihak kepada produser nasional jika tidak pernah diberi kesempatan,” katanya.

Jika film Enak Tho Jamanku, memperoleh 53 layar, konon film Hallo Makassar hanya memperoleh separuh dari itu. Dari data yang diperoleh Industry.co.id, film dengan muatan lokal yang kental ini diputar hanya 20 an layar.

Hal ini berbeda dengan film Reuni Z produksi Rapi Film dan film The Perfect Husband produksi Screenplay Pictures yang konon memperoleh lebih dari 100 layar bioskop. Selain karena faktor negosiasi, pihak pemilik bioskop yang saat ini dikuasai oleh pemain besar seperti grup Twentyone (21), Cinemaxx, CGV,  juga memperhitungkan faktor trend penonton dan pemain.

Jika film tersebut dibuat untuk segmen remaja, misalnya, maka terbuka kemungkinan mendapat layar yang cukup banyak. Demikian juga dengan genre Komedi yang saat ini tengah booming. Ditambah dengan pemain –pemain yang dianggap memiliki penggemar yang banyak, maka potensi untuk memperoleh layar yang banyak semakin terbuka. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Foto Ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 20:00 WIB

Ini Nama-Nama Menteri Kabinet Kerja Berpartisipasi Nyaleg

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja dan pejabat di lingkungan kepresidenan akan ikut berpartisipasi sebagai calon anggota legislatif pada pemilihan…

Wapres Jusuf Kalla (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:35 WIB

Cawapres Jokowi 2019 Harus Mampu Tingkatkan 15 Persen Suara

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan calon pendamping Joko Widodo dalam Pemilu 2019 harus dapat mendongkrak perolehan suara minimal 15 persen.

Danu Wicaksana, CEO TCASH (kiri) - (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:09 WIB

Buka Layanan Lintas Operator, Ini Tiga Keunggulan TCASH Wallet

TCASH secara resmi telah membuka layanan aplikasi TCASH wallet untuk seluruh operator telekomunikasi. Pelanggan lintas operator dapat menikmati beragam layanan transaksi non-tunai TCASH dengan…

Ilustrasi Jalan Tol (ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 18:55 WIB

BNI Beri Tambahan Kredit Jalan Tol Manado-Bitung

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk turut membiayai Proyek Jalan Tol Ruas Manado-Bitung, Sulawesi Utara, dengan memberikan tambahan fasilitas kredit modal kerja (KMK) dana talangan tanah…

BTPN Syariah (Foto MediaIndonesia)

Selasa, 17 Juli 2018 - 18:40 WIB

Pembiayaan BTPN Syariah Tumbuh 19,1 Persen

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk (BTPN Syariah) hingga akhir Juni 2018 membukukan pembiayaan Rp6,87 triliun, tumbuh 19,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya…