Empat Film Nasional Bertarung Berebut Penonton Hari Ini

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 12 April 2018 - 10:55 WIB

Film Nasional The Perfect Husband dan Film Enak Tho Jamanku yang bertarung berebut penonton
Film Nasional The Perfect Husband dan Film Enak Tho Jamanku yang bertarung berebut penonton

INDUSTRY.co.id - JAKARTA— Tak terelakkan. Empat film nasional tayang serentak hari kamis 12 April 2018 ini. Artinya film-film ini akan berebut penonton film. Meski secara tema atau jenis ke 4 film ini masing-masing memiliki penontonnya sendiri. Ke empat film itu adalah Reuni Z (genre Komedi), Perfect Husband (Drama Remaja), Hallo Makasar (komedi  dengan muatan lokal) dan Enak Tho Jamanku, Piye Kabare (Drama action).

Hal lain yang membedakan antara film yang satu dengan yang lainnya, adalah jumlah layar tempat ditayangkannya film tersebut. Inilah yang selalu menjadi pokok persoalan tata edar film nasional di mana pihak eksibisionis (pemilik bioskop) sangat menentukan atas jumlah layar yang diberikan.

Menurut Qdemanj, produser film Enak Tho Jamanku Piye Kabare, film yang diproduksinya memperoleh 53 layar di seluruh Indonesia. “Itu pun setelah bernegosiasi  dengan keras dengan pihak studio. Saya hanya katakan bahwa kapan lagi berpihak kepada produser nasional jika tidak pernah diberi kesempatan,” katanya.

Jika film Enak Tho Jamanku, memperoleh 53 layar, konon film Hallo Makassar hanya memperoleh separuh dari itu. Dari data yang diperoleh Industry.co.id, film dengan muatan lokal yang kental ini diputar hanya 20 an layar.

Hal ini berbeda dengan film Reuni Z produksi Rapi Film dan film The Perfect Husband produksi Screenplay Pictures yang konon memperoleh lebih dari 100 layar bioskop. Selain karena faktor negosiasi, pihak pemilik bioskop yang saat ini dikuasai oleh pemain besar seperti grup Twentyone (21), Cinemaxx, CGV,  juga memperhitungkan faktor trend penonton dan pemain.

Jika film tersebut dibuat untuk segmen remaja, misalnya, maka terbuka kemungkinan mendapat layar yang cukup banyak. Demikian juga dengan genre Komedi yang saat ini tengah booming. Ditambah dengan pemain –pemain yang dianggap memiliki penggemar yang banyak, maka potensi untuk memperoleh layar yang banyak semakin terbuka. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi obligasi

Senin, 19 November 2018 - 07:27 WIB

Obligasi Diperkirakan Positif Awal Pekan

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Pergerakan pasar obligasi diperkirakan dapat kembali bergerak positif dengan asumsi dapat merespon penurunan imbal hasil obligasi AS di akhir…

Presiden Jokowi bersama Menteri Basuki tinjau pembangunan Jalan

Senin, 19 November 2018 - 07:16 WIB

Kementerian PUPR Terus Tingkatkan Kualitas Jalan Perbatasan di Papua

Pembangunan jalan perbatasan Indonesia - Papua Nugini terus dilanjutkan. Kondisi saat ini sudah tembus 909 km dari total 1.098 km jalan perbatasan mulai dari Merauke hingga Jayapura, Papua.

Direksi BRI Syariah

Senin, 19 November 2018 - 07:14 WIB

Satu Dasawarsa, BRI Syariah Luncurkan Inovasi Produk

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Produk perbankan syariah kini dituntut memiliki berbagai teknologi. Menyadari ini, PT Bank BRIsyariah Tbk atau BRIsyariah meluncurkan enam…

Merpati berhasil memperoleh mitra strategis agar Merpati kembali beroperasi. Mitra strategis tersebut akan melakukan tambahan penyertaan modal ke perusahaan sekurang-kurangnya Rp 6,4 triliun

Senin, 19 November 2018 - 06:40 WIB

Menhub: Kondisi Keuangan Maskapai Penerbangan Harus Sehat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah kualifikasi yang harus dimiliki sebuah maskapai penerbangan antara lain kondisi keuangan harus sehat.

Menkes Prof. Dr. Dr. Nila Moeloek, SpM (kanan), bersama dengan Technical Marketing Advisor Fonterra Brands Indonesia, Rohini Behl (kiri), menandai peluncuran kampanye Nasional Ayo Indonesia Bergerak

Senin, 19 November 2018 - 06:31 WIB

Kurangi Angka sedentari, Menkes Luncurkan Kampanye Nasional 'Ayo Indonesia Bergerak'

Berdasarkan data Riskesdas 2018, angka aktivitas fisik kurang meningkat dari 26,1% menjadi 33,5% sehingga beresiko menimbulkan berbagai penyakit tidak menular seperti jantung, diabetes, kanker,…