Cari Cita Rasa Khas Betawi? Jangan Lewatkan 5 Tujuan Kuliner Ini

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 12 April 2018 - 10:30 WIB

Warung Betawi Haji Muhayar (Foto: JenzCorner.net)
Warung Betawi Haji Muhayar (Foto: JenzCorner.net)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Setiap berlibur ke suatu daerah, kita pasti ingin merasakan makanan khas dari daerah tersebut, tidak terkecuali Jakarta. Sebagai ibu kota negara Indonesia, Jakarta ternyata juga memiliki makanan khas yang sangat sayang untuk dilewatkan. Belum lengkap kalau belum mencobanya sendiri. Penasaran? Mari kita simak 5 kuliner khas di bawah ini.

1. Kerak Telor (Setu Babakan)

Sumber: Ismyama.com

Belum ke Jakarta kalau belum pernah makan kerak telor. Makanan asli Betawi ini terbuat dari bahan dasar beras ketan, telur, dan ebi yang dicampur dan digoreng kering pada wajan. Setelah matang, makanan ini disajikan dengan bumbu halus campuran kelapa, garam, gula, merica, cabai, jahe, dan kencur. Jangan heran kalau Anda merasa kenyang setelah memakannya.

Makanan ini sudah jarang dijual berkeliling sehingga sulit ditemui jika Anda tidak mencarinya. Kerak telor biasa dijumpai jika sedang ada Pekan Raya Jakarta. Namun, makanan ini sangat mudah ditemui di Perkampungan Budaya Betawi, daerah Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

2. Laksa Betawi (Asirot)

Makanan khas lainnya adalah Laksa Betawi. Sama seperti kerak telor, makanan penggugah selera ini agaknya juga tidak mudah dijumpai. Satu tempat yang menjadi andalan para pencari Laksa Betawi terdapat di Jalan Asirot, Kampung Baru, Jakarta Barat, dekat dengan pasar Kebayoran Lama.

Semangkuk mie dengan kuah santan penuh rempah ini memiliki rasa gurih dan pedas. Laksa Betawi disajikan dengan udang rebon, kecambah, serta daun kucai dan kemangi. Tampilan, aroma, dan rasa kuliner khas ini dijamin mampu memancing selera Anda. Resep ini merupakan warisan keluarga pemilik rumah makan sejak 1978.

3. Soto Betawi (Haji Husein)

Beberapa daerah di Indonesia mempunyai soto, tapi tidak sama seperti Soto Betawi. Kuliner soto ini menggunakan daging sapi yang direbus dan digoreng. Kuahnya dicampur dengan santan atau susu untuk menghasilkan rasa gurih dan kental.
Jika Anda termasuk penikmat jeroan, makanan ini akan memuaskan selera. Cita rasanya berbeda dibandingkan dengan soto lainnya. Di Jakarta, Soto Betawi yang terkenal adalah milik Haji Husein, yang merupakan generasi keempat dari usaha keluarga turun-temurun ini. Anda bisa mengunjunginya di daerah Manggarai, Jakarta Selatan.

4. Pindang Bandeng (Mpok Rodemah)

Di kota metropolitan ini Anda juga bisa merasakan nikmatnya sajian berbahan ikan. Sebut saja pindang bandeng. Menu nikmat ini bisa Anda temukan di Warung Pindang Mpok Rodemah di daerah Pondok Pinang, Jakarta Selatan.
Daging ikan bandeng yang empuk dan lembut bercampur dengan kuah yang menggoyang lidah. Anda tidak perlu khawatir dengan bau amis atau duri ikan karena menu ini dimasak dengan cara yang tepat. Tidak heran jika pindang bandeng menjadi salah satu menu andalan di warung ini.

5. Warung Betawi (Haji Muhayar)
Tempat kuliner lainnya yang selalu menjadi tujuan para penikmat makanan khas Jakarta adalah Warung Betawi milik Haji Muhayar. Rumah makan ini sudah berdiri sejak 1976 dengan lokasi di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Banyak menu dengan cita rasa betawi yang disajikan di sini. Untuk masalah rasa, jangan ditanya lagi. Anda dijamin puas. Cobalah pecak gurame atau ikan masnya.

Liburan di Jakarta memang tidak akan lengkap jika tidak disertai dengan merasakan makanan khasnya. Jika Anda mencari hotel murah di Jakarta yang lokasinya strategis dengan kawasan kuliner di atas, percayakan pada Airy Rooms.

Dengan harga yang terjangkau, Anda akan mendapatkan tempat menginap yang nyaman dengan fasilitas lengkap. Sebut saja kamar yang bersih dan berpendingin ruangan, air minum, kamar mandi dengan pancuran air hangat lengkap dengan peralatan mandinya, TV layar datar, hinggal jaringan WiFi gratis.

Tidak usah tunggu lebih lama lagi, segera siapkan daftar kunjungan kuliner Anda selama di Jakarta dan Jadikan liburan bersama keluarga semakin berarti bersama Airy Rooms.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 26 September 2018 - 09:20 WIB

IHSG Dalam Zona Negatif

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Diperkirakan IHSG masih akan bergerak pada zona negatif meskipun terbatas dengan rentan pergerakan 5781-5903. Saham-saham yang masih dapat…

Gondola Climbing

Rabu, 26 September 2018 - 08:50 WIB

Jebsen &Jessen; dan Solusinya Industri Indonesia untuk Tingkatkan National Competitiveness

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Chairman Jebsen & Jessen (SEA), Heinrich Jessen mengemukakan bahwa group perusahaan memberikan dukungan terhadap agenda pertumbuhan ekonomi…

Samsung Salurkan Donasi Senilai Rp 1,5 Miliar Untuk Korban Gempa Lombok

Rabu, 26 September 2018 - 08:20 WIB

Gandeng PMI, Samsung Salurkan Donasi Senilai Rp 1,5 Miliar Untuk Korban Gempa Lombok

Samsung Peduli Lombok Bersama PMI Bangun 500 Hunian Sementara, Pengadaan 200.000 liter Air Bersih, dan Layanan Kesehatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Rabu, 26 September 2018 - 08:02 WIB

Menteri PUPR Dukung BUMN Karya Kembangkan Sayap Go International

Kemampuan memenuhi standar mutu internasional diperlukan untuk meningkatkan ekspor jasa konstruksi nasional. Salah satu negara yang telah menjadi tujuan ekspor jasa konstruksi Indonesia adalah…

TP-Link Hadirkan Rangkaian Produk Inovatif

Rabu, 26 September 2018 - 07:54 WIB

Maksimalkan Internet of Things, TP-Link Hadirkan Rangkaian Produk Inovatif

Kehadiran IoT yang Didukung Perangkat Internet Canggih Membuat Aktivitas Manusia Menjadi Semakin Mudah