Pameran Budaya Indonesia-Afghanistan di Museum Karmawibhangga Magelang

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 21 Januari 2017 - 10:57 WIB

Ilustrasi borobudur-IST
Ilustrasi borobudur-IST

INDUSTRY.co.id - Magelang- UNESCO Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar pameran berjudul "Simpang Budaya: Bamiyan dan dan Borobudur" di Museum Karmawibhangga kompleks Candi Borobudur Kabupaten Magelang.

Pameran yang dibuka pada Jumat itu(20/1/2017) bertujuan untuk mempromosikan dialog antarbudaya, perdamaian dan saling pengertian antara masyarakat Indonesia dan Afghanistan dengan memanfaatkan potensi Situs Warisan Dunia UNESCO di masing-masing negara yakni Borobudur di Indonesia dan Bamiyan di Afganistan.

Pameran dibuka oleh Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Harry Widianto serta Kepala Unit Kebudayaan UNESCO Jakarta Bernards Alens Zako.

Pameran berupa foto-foto dan catatan serta dokumen berlangsung pada 20 Januari-2 Februari 2017.

Hadir dalam pembukaan pameran tersebut antara lain Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo serta Direktur Pemasaran dan Kerja Sama Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Ricky SP Siahaan.

"Tujuan pameran ini untuk mempromosikan perdamaian dan dialog budaya antara Indonesia dengan Afghanistan melalui peningkatan kemampuan ahli-ahli terkait di kedua negara," kata Harry Widianto seperti dikutip Antara.

Selain itu, tujuan pameran adalah memperkuat interpretasi dan pengembangan cagar budaya serta museum yang dimiliki warisan dunia, dalam hal ini adalah Bumiyan di Afghanistan dan Borobudur di Indonesia.

Harry menyebut kini tengah terjadi penghancuran warisan dunia, seperti di Afghanistan ketika perang dulu dan konflik yang terjadi di Syiriah.

"Ini merupakan kerugian yang luar biasa," ujarnya.

Ia menuturkan Afghanistan merupakan negara Islam, sedangkan Indonesia dengan penduduk mayoritas Islam juga ada situs Buddha.

Untuk itu, pemerintah berupaya untuk memberikan toleransi bahwa apa yang terjadi di Afghanistan dan Syiriah sekarang ini agar jangan sampai terjadi di Indonesia.

"Ini kita menunjukkan kepada dunia bahwa walaupun kita berbeda agama dan dalam hal kebudayaan, tetapi tetap melestarikan. Jangan sampai warisan ini menjadikan sesuatu kemudian terinduksi secara fisik maupun informasinya, sehingga pesan yang disampaikan antara Bumiyan dan Borobudur, dua-duanya Buddha, tapi dua-duanya ada di negara Islam," katanya.

Ia menyebutkan sejauh ini di Indonesia ada sekitar 90.000 situs sudah diiventarisir atau terdaftar.

Kemudian ada sekitar 1.000 situs sudah ditetapkan dengan UU No 5 tahun 1992 sebagai cagar budaya.

"Sekarang ditetapkan dengan UU nomor 11 tahun 2004 melalui kajian tim ahli cagar budaya itu ada 64 situs, termasuk Borobudur," katanya.

Kepala Unit Kebudayaan UNESCO Jakarta Bernards Alens Zako mengatakan inisiatif dari pameran Simpang Budaya: Bamiyan dan Borobudur berawal dari kedekatan hubungan kerja antara Indonesia dan Afghanistan.

Menurut dia pameran serupa sebelumnya telah berlangsung di Museum Nasional Afghanistan di Kabul, kemudian di Museum Nasional di Jakarta.

Selanjutnya dilangsungkan di Atrium Galeria Mal Yogyakarta dan terakhir di Museum Karmawibhangga kompleks Taman Wisata Candi Bobudur.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…