Ayo! Serbu Berbagai Kuliner Nusantara di Jakarta Fashion & Food Festival 2018

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 10 April 2018 - 16:30 WIB

Kuliner di Reunionhouse, Bandung (kulinerbandung/Instagram)
Kuliner di Reunionhouse, Bandung (kulinerbandung/Instagram)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Bagi penggemar kuliner khas nusantara, bisa mampir ke Jakarta Fashion & Food Festival 2018 yang sudah resmi dibuka pada Sabtu lalu (7/4/2018). Penyelenggaaan ini akan dilaksanakan di La Piazza Summarecon Kelapa Gading selama satu bulan penuh hingga tanggal 6 Mei 2018.

Chairman JFFF, Soegianto Nagaria mengatakan, tahun ini JFFF tetap berkomitmen untuk mendukung industri kecil dan menengah. Serta tentunya para perajin lokal agar menghasilkan produk-produk kreatif dalam negeri yang dapat diterima secara global.

"JFF ingin menampilkan yang terbaik bagi pecinta mode dan kuliner. Penyelenggaraan JFFF bertujuan menjadi jendela yang menampilkan kekayaan ragam budaya Indonesia. Sehingga kekayaan budaya ini semakin menarik. Imbasnya pruduk kuliner serta fashion kita semakin diakui dunia," ujar Nagaria, dikutip dari facebook kemenpar, Selasa (10/4/2018).

Selain itu, lanjut Nagaria, penyelenggaraan JFFF 2018 ini sebagai langkah nyata untuk membantu pemerintah. Terutama dalam peningkatan perekonomian Indonesia, dalam hal ini melalui sektor fashion dan kuliner. Nagaria berharap ajang JFFF 2018 bisa membantu meningkatkan geliat industri fashion dan kuliner di Indonesia, khususnya melalui Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

"Ini merupakan wujud nyata Summarecon dalam meningkatkan bisnis fashion dan kuliner Tanah Air. Serta tentunya membantu UKM dalam membesarkan usahanya," ucap Nagaria.

Sementara, fashion festival, acara akan berlangsung 11 hingga 29 April 2018. Fashion festival ini sendiri digelar di tiga lokasi berbeda namun masih dalam kawasan Summarecon Mall Kelapa Gading. Yakni sepanjang koridor lantai dasar Mal Kelapa Gading 2, 3 dan 5, Ballroom Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading, serta The Forum Mal Kelapa Gading 3.

Fashion Festival tersebut akan menampilkan koleksi terbaru dari para desainer Indonesia hingga produk aksesoris dari UKM, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda), sekolah mode dan juga tenant Mal Kelapa Gading. Desainer yang akan terlibat diantaranya adalah Marga Alam, Ivan Gunawan, Mayaratih, Mel Ahyar, Eddy Betty, Denny Wirawan, Patrick Owen, Denny Satriadi, serta Danar Hadi Batik.

Sedangkan untuk gelaran Food Festival akan diadakan selama sebulan penuh lewat suguhan Kampoeng Tempo Doeloe dan Wine & Cheese Expo. Ada 100 peserta UKM maupun pengusaha kuliner yang akan terlibat dalam kegiatan ini. Mereka akan menghasilkan lebih dari 200 ragam menu nusantara.

Selain itu, pihak penyelenggara JFFF 2017 juga mengadakan kompetisi Soto Indonesia. Pesertanya merupakan pemilik UKM di bidang kuliner soto yang ada diseluruh Indonesia. Pemilihan menu Soto sejalan dengan program dari Bekraf untuk mempromosikan Soto "A Spoonful of Indonesian Warmth" ke dunia.

Staff Ahli Bidang Multikultural Kemenpar, Esthy Reko Astuti, memuji penyelenggaraan JFFF. Menurut Esthy, JFFF secara konsisten memberikan sebuah bentuk event berkelas yang menjadi salah satu atraksi yang baik bagi pariwisata.

"Ini terbukti JFFF 2018 telah menjadi pelaksanaan yang ke 15 kalinya dan rutin setiap tahun digelar. Makanya JFFF ini masuk kedalam Top 100 Calendar of Event Wonderful Indonesia," ujar Esthy yang juga Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2018 Kemenpar.

Pemilihan fashion dan kuliner sebagai tema event pun sangat tepat. Pasalnya kuliner merupakan spending nomer 2 terbesar dari wisatawan. Begitu juga dengan fashion, potensi tak kalah besarnya.

"Jakarta itu pintu masuk wisatawan mancanegara nomer dua terbesar di Indonesia. Jadi JFFF ini sangat tepat di gelar di Jakarta. Potensinya sangat besar sehingga turut serta membangun UKM yang imbasnya peningkatan perekonomian masyarakat," jelasnya, Esthy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius

Minggu, 23 September 2018 - 07:00 WIB

Kepala BNPT Tegaskan Aksi Teror Bukan Rekayasa

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius menegaskan bahwa aksi teror yang beberapa kali terjadi bukanlah hasil rekayasa sebagaimana dipropagandakan di media…

Perusahaan Umum (Perum) ini tetap fokus memasarkan rumah subsidi di ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018. Perumnas sebagai peserta dipameran IPEX 2018 distand No.24 Hall A JCC

Minggu, 23 September 2018 - 07:00 WIB

Hadir di IPEX 2018, Perumnas Andalkan Hunian Terintegrasi Transportasi

Pengembang plat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbentuk Perusahaan Umum (Perum) ini tetap fokus memasarkan rumah subsidi di ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018.

Apartemen di Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 06:33 WIB

Lima Pilihan Hunian di Bawah Rp 250 Juta

Jangan pernah berhenti untuk berjuang untuk memiliki rumah, kendati harga rumah setiap tahunnya selalu naik, bagi mereka pembeli rumah pertama sebaiknya jangan pernah menunda untuk membeli rumah…

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 06:30 WIB

Capres Prabowo Tegaskan, Jangan Jadi Antek Asing

Calon Presiden RI nomor urut 2, Prabowo Subianto mengingatkan bahwa bangsa Indonesia harus berdaulat di negaranya sendiri dan jangan menjadi antek asing.

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto (Foto Dok KPU)

Minggu, 23 September 2018 - 06:00 WIB

Ingin Indonesia Sejahtera, 300 Purnawirawan Jenderal Dukung Prabowo-Sandiaga

Sebanyak 300 purnawirawan jenderal memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dalam Pemilihan Presiden 2019.