Ayo! Serbu Berbagai Kuliner Nusantara di Jakarta Fashion & Food Festival 2018

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 10 April 2018 - 16:30 WIB

Kuliner di Reunionhouse, Bandung (kulinerbandung/Instagram)
Kuliner di Reunionhouse, Bandung (kulinerbandung/Instagram)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Bagi penggemar kuliner khas nusantara, bisa mampir ke Jakarta Fashion & Food Festival 2018 yang sudah resmi dibuka pada Sabtu lalu (7/4/2018). Penyelenggaaan ini akan dilaksanakan di La Piazza Summarecon Kelapa Gading selama satu bulan penuh hingga tanggal 6 Mei 2018.

Chairman JFFF, Soegianto Nagaria mengatakan, tahun ini JFFF tetap berkomitmen untuk mendukung industri kecil dan menengah. Serta tentunya para perajin lokal agar menghasilkan produk-produk kreatif dalam negeri yang dapat diterima secara global.

"JFF ingin menampilkan yang terbaik bagi pecinta mode dan kuliner. Penyelenggaraan JFFF bertujuan menjadi jendela yang menampilkan kekayaan ragam budaya Indonesia. Sehingga kekayaan budaya ini semakin menarik. Imbasnya pruduk kuliner serta fashion kita semakin diakui dunia," ujar Nagaria, dikutip dari facebook kemenpar, Selasa (10/4/2018).

Selain itu, lanjut Nagaria, penyelenggaraan JFFF 2018 ini sebagai langkah nyata untuk membantu pemerintah. Terutama dalam peningkatan perekonomian Indonesia, dalam hal ini melalui sektor fashion dan kuliner. Nagaria berharap ajang JFFF 2018 bisa membantu meningkatkan geliat industri fashion dan kuliner di Indonesia, khususnya melalui Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

"Ini merupakan wujud nyata Summarecon dalam meningkatkan bisnis fashion dan kuliner Tanah Air. Serta tentunya membantu UKM dalam membesarkan usahanya," ucap Nagaria.

Sementara, fashion festival, acara akan berlangsung 11 hingga 29 April 2018. Fashion festival ini sendiri digelar di tiga lokasi berbeda namun masih dalam kawasan Summarecon Mall Kelapa Gading. Yakni sepanjang koridor lantai dasar Mal Kelapa Gading 2, 3 dan 5, Ballroom Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading, serta The Forum Mal Kelapa Gading 3.

Fashion Festival tersebut akan menampilkan koleksi terbaru dari para desainer Indonesia hingga produk aksesoris dari UKM, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda), sekolah mode dan juga tenant Mal Kelapa Gading. Desainer yang akan terlibat diantaranya adalah Marga Alam, Ivan Gunawan, Mayaratih, Mel Ahyar, Eddy Betty, Denny Wirawan, Patrick Owen, Denny Satriadi, serta Danar Hadi Batik.

Sedangkan untuk gelaran Food Festival akan diadakan selama sebulan penuh lewat suguhan Kampoeng Tempo Doeloe dan Wine & Cheese Expo. Ada 100 peserta UKM maupun pengusaha kuliner yang akan terlibat dalam kegiatan ini. Mereka akan menghasilkan lebih dari 200 ragam menu nusantara.

Selain itu, pihak penyelenggara JFFF 2017 juga mengadakan kompetisi Soto Indonesia. Pesertanya merupakan pemilik UKM di bidang kuliner soto yang ada diseluruh Indonesia. Pemilihan menu Soto sejalan dengan program dari Bekraf untuk mempromosikan Soto "A Spoonful of Indonesian Warmth" ke dunia.

Staff Ahli Bidang Multikultural Kemenpar, Esthy Reko Astuti, memuji penyelenggaraan JFFF. Menurut Esthy, JFFF secara konsisten memberikan sebuah bentuk event berkelas yang menjadi salah satu atraksi yang baik bagi pariwisata.

"Ini terbukti JFFF 2018 telah menjadi pelaksanaan yang ke 15 kalinya dan rutin setiap tahun digelar. Makanya JFFF ini masuk kedalam Top 100 Calendar of Event Wonderful Indonesia," ujar Esthy yang juga Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2018 Kemenpar.

Pemilihan fashion dan kuliner sebagai tema event pun sangat tepat. Pasalnya kuliner merupakan spending nomer 2 terbesar dari wisatawan. Begitu juga dengan fashion, potensi tak kalah besarnya.

"Jakarta itu pintu masuk wisatawan mancanegara nomer dua terbesar di Indonesia. Jadi JFFF ini sangat tepat di gelar di Jakarta. Potensinya sangat besar sehingga turut serta membangun UKM yang imbasnya peningkatan perekonomian masyarakat," jelasnya, Esthy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jiwasraya (Foto Industry.co.id)

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:14 WIB

Terkait Produk JS Saving Plan, Pemegang Polis Jiwasraya Berharap Solusi dari OJK

Para pemegang polis Jiwasraya berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat membuat keputusan maupun solusi terhadap penundaan pembayaran produk JS Saving Plan. Pasalnya, OJK yang memberikan izin…

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:11 WIB

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth Dengan FiturRobo Advisory

Bank Commonwealth meluncurkan CommBank SmartWealth, aplikasiwealth managementkomprehensifpertama di Indonesiadengan fiturrobo-advisoryyang dapat membantu nasabah mengoptimalkan investasi mereka…

Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau Pembangungan Jaringan Gas

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:04 WIB

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 799 Miliar Bangun Jargas di 17 Kabupaten

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan jaringan gas (jargas) sambungan rumah tangga di 17 kabupaten dan kota untuk tahun anggaran 2019. Total estimasi biaya…

TIBCO dan XL Axiata

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:46 WIB

TIBCO Gandeng XL Axiata Dukung Proyek Data Science

TIBCO Software Inc., pemimpin global di bidang integrasi, manajemen API, dan analitik, bersama dengan XL Axiata, operator layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia mengumumkan aliansi…

Menkominfo Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:20 WIB

Menkominfo dan Menkeu Akan Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah untuk Layanan Pajak dan Kesehatan

Menkominfo Rudiantara dan Menkeu Sri Mulyani Indrawati akan melakukan uji coba jaringan Palapa Ring Paket Tengah untuk layanan pajak dan kesehatan.