Pelindo III Optimalkan Jamrud Selatan untuk Tol Laut

Oleh : Herry Barus | Selasa, 10 April 2018 - 14:47 WIB

Pelabuhan , ilustrasi bongkar muat barang
Pelabuhan , ilustrasi bongkar muat barang

INDUSTRY.co.id - Surabaya - PT Pelindo III berencana mengoptimalkan Terminal Jamrud Selatan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk fokus pada program tol laut yang dicanangkan pemerintah.

CEO Pelindo III Ari Askhara di Surabaya, Senin mengatakan Terminal Jamrud Selatan memiliki fasilitas dermaga sepanjang 400 meter dan kapasitas lapangan penumpukan hingga 5.000 TEUs atau seluas 1,2 hektar.

"Keberadaan Terminal Jamrud Selatan kini juga dilayani semakin banyak agen pelayaran. Tidak hanya BUMN Pelni, tapi juga swasta seperti Meratus, Temas dan Mentari. Ini merupakan upaya kami untuk mendukung penuh dalam mewujudkan program tol laut," katanya.

Selain itu, posisi Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya juga memegang peranan penting karena menjadi gerbang logistik ke kawasan timur Indonesia, khususnya untuk program tol laut pemerintah.

Ari mengaku, menjadikan Terminal Jamrud Selatan untuk fokus pada program tol laut juga bukan tanpa alasan, karena ketersediaan peralatan di terminal itu telah ditingkatkan untuk mendorong produktivitas bongkar muat, ditambah adanya pelayanan yang lebih.

Sementara itu, Commercial and Operational Director Pelindo III, Mohammad Iqbal mengatakan, grup usaha Pelindo III kini sedang mengembangkan sejumlah lini bisnis, salah satunya PT Berkah Multi Cargo Logistics (BMC Logistics) yang menjadi inovasi Pelindo III untuk fokus pada layanan logistik.

"BMC akan fokus layanan logistik pada angkutan darat, udara dan laut, serta pengelolaan gudang, forwarding, Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL), dan custom clearance," ujarnya.

Iqbal mengatakan, hadirnya BMC Logistics akan mendorong standardisasi operasional bongkar muat di pelabuhan dengan menjamin keselamatan pekerja dan barang, serta profesional dan efektif.

"Keberadaan BMC itu nantinya juga dapat berperan sebagai koordinator program tol laut di pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III, salah satunya di Terminal Jamrud Selatan," katanya.

"Dengan fokus tersebut, diharapkan lebih banyak kapal yang sandar, sehingga kapasitas angkut komoditas barang untuk program tol laut semakin besar," tuturnya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…