Lebaran 2018, 1,6 Juta Pemudik Lintasi Pelabuhan Merak-Bakauheni

Oleh : Herry Barus | Selasa, 10 April 2018 - 14:43 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi Tinjau Kesiapan Pelabuhan Merak (Foto ist)
Menhub Budi Karya Sumadi Tinjau Kesiapan Pelabuhan Merak (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Cilegon- PT ASDP Indonesia Fery (Persero) memperkirakan jumlah penumpang yang menyeberang di pelabuhan Merak-Bakauheni pada arus mudik Lebaran 2018 mencapai 1.600.328 orang meningkat dibanding tahun 2017 sebanyak 1.454.840 orang.

"Saat bersamaan jumlah kendaraan roda dua dan roda empat yang diseberangkan mencapai 319.261 unit meningkat dari tahun 2017 sebanyak 290.237 unit. Baik jumlah pemudik, maupun jumlah kendaraan yang menyeberang diprediksi naik sepuluh persen," kata Direktur Komersial ASDP M. Yusuf Hadi, di sela-sela peninjauan persiapan ASDP menghadapi Mudik Lebaran 2018, di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (9/4/2018)

Pada kesempatan itu, Yusuf Hadi didampingi Sekretaris Perusahaan ASDP Imelda Alini, mengajak awak media melihat langsung fasilitas pelayanan mulai ruang tunggu penumpang, jalur lintas pejalan kaki, fasilitas antrian kendaraan, loket kendaraan roda dua dan roda empat, dermaga enam, hingga meninjau fasilitas kapal milik ASDP.

Pada musim mudik Lebaran 2018, dijelaskan Yusuf Hadi, ASDP Cabang Merak akan mengoperasikan sebanyak 35 kapal untuk melayani sekitar 140 trip, yang disesuaikan dengan situasi kepadatan arus penumpang.

"Jika kondisi normal akan kami operasikan 30 kapal dengan bobot kecil dan sedang. Jika kondisi padat dioperasikan 33 kapal, sedangkan jika kondisi sangat padat akan dioperasikan 35 kapal dengan bobot besar di atas 5000 DWT," ujarnya.

Untuk mengantisipasi antrian pemudik saat arus puncak mudik, ASDP menambah loket mobil menjadi 17 loket dari sebelumnya delapan loket. Demikian juga loket sepeda motor ditambah menjadi 36 loket dari sebelumnya dua loket.

Selain itu, ASDP juga menambah loket pembelian tiket sebagai "buffer zone" yang berada di 'rest area' KM 43 tol merak. Di lokasi ini selain membeli tiket, istirahat, juga dapat memantau dari monitor situasi kepadatan penyeberangan.

"Kami juga memperkuat jaringan pembelian tiket 'online' (daring) yang terintegrasi dengan sistem 'payment gate way' melalui kerja sama dengan Pertamina Ritel di sejumlah SPBU, Bank BRI, Pos Indonesia, swalayan Indomaret dan Alfamart," paparnya.

Sementara di area pelabuhan, fasilitas umum di terminal penumpang yang tersedia seperti klinik, ruang menyusui, arena bermain anak, toilet bersih, anjungan terminal penumpang yang nyaman, mushalla, hingga area parkir.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…

Instruktur AC Daiki di hadapan peserta

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:12 WIB

DAIKIN Goes to Campus Kunjungi Dua Perguruan Tinggi di Padang

PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) kembali mengadakan sesi kuliah tamu, di dua perguruan tinggi di Padang, yakni di Politeknik Negeri Padang dan Universitas Bung Hatta. Kegiatan ini…

TikTok

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:05 WIB

Fitur Sosial Media Ada di Tiap E-Commerce, Apakah Melanggar? Ini Kata Ekonom...

Mendekati tenggat waktu yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) yakni hingga April 2024, dikabarkan bahwa proses integrasi antara TikTok dan Tokopedia hampir rampung.