Pemkot Tangerang Usul Jalur Lambat di Tol Kunciran-Bandara

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 21 Januari 2017 - 04:52 WIB

Ilustrasi pembangunan jalan tol. (Adek Berry/AFP/Getty Images)
Ilustrasi pembangunan jalan tol. (Adek Berry/AFP/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Tangerang- Pemerintah Kota Tangerang, Banten mengusulkan untuk pembangunan jalur lambat (frontage) sejajar dengan jalan Tol Kunciran-Bandara yang akan dibangun setelah pembebasan lahan selesai.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin di Tangerang Jumat (20/1/2017) mengatakan tujuan adanya jalur lambat tersebut untuk mengurangi kepadatan arus lalu-lintas dan memberikan kemudahan akses khususnya bagi masyarakat khususnya yang berada di sekitar tol.

"Jadi kami minta diakomodir karena jalur ini juga sebagai akses masuk menuju ke perumahan, pusat bisnis, industri, yang turut menjadi daya tarik bagi warga pemilik tanah untuk kemudian mau melepasnya untuk proyek tol," kata Sachrudin.

Kemudian, Pemkot Tangerang pun mengusulkan kepada PT Jasamarga Kunciran Bandara (JKC) untuk mendahulukan pembangunan di seksi IV yaitu wilayah Jurumudi dan Benda.

Hal ini agar kepadatan lalu-lintas bisa berkurang yang sebagian besar disebabkan oleh arus kendaraan yang menuju Bandara Soekarno Hatta akibat pintu M1 ditutup.

Sachrudin menginginkan, dengan adanya pembangunan jalan tol dan jalur lambat bisa turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Kedepannya, akan banyak tumbuh ekonomi baru dengan adanya jalan ini karena kemudahan akses dan lalu lintas," ujarnya.

Alviandra dari PT Jasamarga Kunciran Bandara (JKC) kepada Antara mengatakan, proyek Tol Bandara-Batuceper-Kunciran akan menggunakan 2.497 bidang tanah dengan luas total lahan yakni 1226,965 meter persegi yang mesti dibebaskan.

Realisasi pembayaran tanah hingga 13 Januari 2017 yakni mencapai 23,06 persen atau 282,896 meter persegi.

Rinciannya yakni untuk seksi I meliputi wilayah Kunciran, Pakojan, Cipete. Seksi II yakni Cipete, Poris Plawad Indah, Buaran Indah, Tanah Tinggi.

Seksi III meliputi Tanah Tinggi, Batusari, Batujaya, Belndung, Pajang, Jurumudi dan Seksi IV yaitu Jurumudi dan Benda. Tol ini akan akan melintasi 12 kelurahan di lima kecamatan di Kota Tangerang.

"Dari realisasi yang ada saat ini, pembangunan konstruksi akan mulai dilaksanakan pada bulan Maret," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…