Kendal akan Gelar Seni Tradisional di Taman Mini Indonesia

Oleh : Sriyanto | Selasa, 10 April 2018 - 08:04 WIB

Pesta Kesenian Kabupaten Kendal di TMII (Foto Dok Industry.co.id)
Pesta Kesenian Kabupaten Kendal di TMII (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kendal- Pemerintah Kabupaten Kendal akan mengawali momentum peringatan HUT Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta ke 43 dengan menggelar pementasan Duta Seni di Anjungan Jawa Tengah,TMII Jakarta sebagai sarana promosi Pariwisata Kendal.

Sekertaris Daerah Kabupaten Kendal Moch Toha dalam jumpa pers Senin (9/4/2018)  menyampaikan agenda kegiatan di TMII seperti:Pentas Duta Seni Tradisional Srandul yang menyajikan Kisah Misteri Tokoh Kyai Kandil Wesi dipadukan dengan kesenian kreasi modrn.Pameran Potensi dan Produk Unggulan Daerah dan Bazar Kuliner Khas Kendal bersama Pelaku UMKM Kabupaten Kendal.

Promosi produk unggulan dan bazar kuliner akan disajikan oleh masing-masing dinas yang membidangi akan dibuka Bupati Kendal Dr.Mirna Annisa, Msi didampingi ketua DPRD H. Prapto Utono dan rombongan anggota dewan.

Kegiatan di TMII Jakarta yang direncanakan digelar pada tanggal 14 April 2018,kata Moch Toha,sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Kendal yang melibatkan OPD Pelaku UMKM Kabupaten Kendal, Steakholder dan Paguyuban Keluarga Kendal (PAKEN) yang bekerja atau menjadi orang sukses di Jakarta.

Adapun pentas seni di TMII Jakarta tahun ini akan mengangkat seni tradisional bernama Srandil dan Srandil adalah jenis kesenian pertunjukan yang dipentaskan di berbagai moment,seperti upacara tradisi atau moment lain.Kesenian ini banyak dijumpai di Kabupaten Kendal Atas yaiti di kecamatan Singorojo dan Limbangan.

Dengan bertambahnya usia para senima,kini tinggal beberapa kelompok kesenian Srandil yang masih bertahan.Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kendal berupaya melestarikan kesenian tradisional ini dengan mengangkat kembali dan mengembangkanya sekaligus mengkolaborasikan dengan unsur kesenian modern.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI Syariah

Senin, 15 Oktober 2018 - 21:37 WIB

Produk Halal BRIsyariah Sukses Gaet Milenial Jogja

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Jogja Halal Fest 2018 yang digelar di Yogyakarta pada tanggal 11 sd 14 Oktober lalu, menjadi bukti besarnya animo masyarakat terhadap produk…

Japan Airlines (JAL) (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 21:00 WIB

Japan Airlines Beroperasi di Terminal 3 Bandara Soetta

Japan Airlines (JAL) beroperasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai 26 Oktober 2018 mendatang.

Christine Lagarde Terkesan dengan Paviliun Indonesia (Foto Humas BUMN)

Senin, 15 Oktober 2018 - 20:45 WIB

Indonesia Pavilion Pukau Ribuan Peserta Annual Meeting IMF-WB 2018

Kehadiran Indonesia Pavilion sebagai wajah pembangunan dan budaya Indonesia yang digagas oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak 8 Oktober - 14 Oktober 2018, mendapat banyak perhatian…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 20:15 WIB

Pemerintah Usulkan Asumsi Rupiah 2019 Rp15.000

Pemerintah mengusulkan perubahan asumsi nilai tukar rupiah dalam RAPBN 2019 menjadi Rp15.000 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.500 per dolar AS.

Board Member of Sinar Mas Franky O. Widjaja (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 20:00 WIB

Eka Tjipta Foundation Galang Restorasi Bagi Korban Bencana Alam

Di usianya yang menginjak tahun ke-80, Sinar Mas berupaya untuk tak hanya tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan bersama masyarakat, tapi juga peduli serta berbagi dengan sekitar.