Kendal akan Gelar Seni Tradisional di Taman Mini Indonesia

Oleh : Sriyanto | Selasa, 10 April 2018 - 08:04 WIB

Pesta Kesenian Kabupaten Kendal di TMII (Foto Dok Industry.co.id)
Pesta Kesenian Kabupaten Kendal di TMII (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kendal- Pemerintah Kabupaten Kendal akan mengawali momentum peringatan HUT Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta ke 43 dengan menggelar pementasan Duta Seni di Anjungan Jawa Tengah,TMII Jakarta sebagai sarana promosi Pariwisata Kendal.

Sekertaris Daerah Kabupaten Kendal Moch Toha dalam jumpa pers Senin (9/4/2018)  menyampaikan agenda kegiatan di TMII seperti:Pentas Duta Seni Tradisional Srandul yang menyajikan Kisah Misteri Tokoh Kyai Kandil Wesi dipadukan dengan kesenian kreasi modrn.Pameran Potensi dan Produk Unggulan Daerah dan Bazar Kuliner Khas Kendal bersama Pelaku UMKM Kabupaten Kendal.

Promosi produk unggulan dan bazar kuliner akan disajikan oleh masing-masing dinas yang membidangi akan dibuka Bupati Kendal Dr.Mirna Annisa, Msi didampingi ketua DPRD H. Prapto Utono dan rombongan anggota dewan.

Kegiatan di TMII Jakarta yang direncanakan digelar pada tanggal 14 April 2018,kata Moch Toha,sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Kendal yang melibatkan OPD Pelaku UMKM Kabupaten Kendal, Steakholder dan Paguyuban Keluarga Kendal (PAKEN) yang bekerja atau menjadi orang sukses di Jakarta.

Adapun pentas seni di TMII Jakarta tahun ini akan mengangkat seni tradisional bernama Srandil dan Srandil adalah jenis kesenian pertunjukan yang dipentaskan di berbagai moment,seperti upacara tradisi atau moment lain.Kesenian ini banyak dijumpai di Kabupaten Kendal Atas yaiti di kecamatan Singorojo dan Limbangan.

Dengan bertambahnya usia para senima,kini tinggal beberapa kelompok kesenian Srandil yang masih bertahan.Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kendal berupaya melestarikan kesenian tradisional ini dengan mengangkat kembali dan mengembangkanya sekaligus mengkolaborasikan dengan unsur kesenian modern.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sederet agensi terkenal Korea Selatan menjalin kerjasama untuk mendirikan perusahaan platform konten baru pada Kamis (19/7). (Foto: Soompi)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 19:30 WIB

Tujuh Agensi Korsel Jalin Kerjasama Dirikan Perusahaan Konten Baru

Sederet agensi terkenal Korea Selatan, mulai dari SM Entertainment, YG Entertainment, BigHit Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, Star Empire, dan Mystic Entertainment menjalin…

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).