Kendal akan Gelar Seni Tradisional di Taman Mini Indonesia

Oleh : Sriyanto | Selasa, 10 April 2018 - 08:04 WIB

Pesta Kesenian Kabupaten Kendal di TMII (Foto Dok Industry.co.id)
Pesta Kesenian Kabupaten Kendal di TMII (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kendal- Pemerintah Kabupaten Kendal akan mengawali momentum peringatan HUT Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta ke 43 dengan menggelar pementasan Duta Seni di Anjungan Jawa Tengah,TMII Jakarta sebagai sarana promosi Pariwisata Kendal.

Sekertaris Daerah Kabupaten Kendal Moch Toha dalam jumpa pers Senin (9/4/2018)  menyampaikan agenda kegiatan di TMII seperti:Pentas Duta Seni Tradisional Srandul yang menyajikan Kisah Misteri Tokoh Kyai Kandil Wesi dipadukan dengan kesenian kreasi modrn.Pameran Potensi dan Produk Unggulan Daerah dan Bazar Kuliner Khas Kendal bersama Pelaku UMKM Kabupaten Kendal.

Promosi produk unggulan dan bazar kuliner akan disajikan oleh masing-masing dinas yang membidangi akan dibuka Bupati Kendal Dr.Mirna Annisa, Msi didampingi ketua DPRD H. Prapto Utono dan rombongan anggota dewan.

Kegiatan di TMII Jakarta yang direncanakan digelar pada tanggal 14 April 2018,kata Moch Toha,sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Kendal yang melibatkan OPD Pelaku UMKM Kabupaten Kendal, Steakholder dan Paguyuban Keluarga Kendal (PAKEN) yang bekerja atau menjadi orang sukses di Jakarta.

Adapun pentas seni di TMII Jakarta tahun ini akan mengangkat seni tradisional bernama Srandil dan Srandil adalah jenis kesenian pertunjukan yang dipentaskan di berbagai moment,seperti upacara tradisi atau moment lain.Kesenian ini banyak dijumpai di Kabupaten Kendal Atas yaiti di kecamatan Singorojo dan Limbangan.

Dengan bertambahnya usia para senima,kini tinggal beberapa kelompok kesenian Srandil yang masih bertahan.Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kendal berupaya melestarikan kesenian tradisional ini dengan mengangkat kembali dan mengembangkanya sekaligus mengkolaborasikan dengan unsur kesenian modern.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raffi Ahmad (paling kiri) bersama pemain film 'After Met You' yang akan beredar awal Januari 2109

Senin, 17 Desember 2018 - 10:24 WIB

Raffi Ahmad Segera Luncurkan Film Terbaru After Met You

Setelah menggarap film horor berjudul Tumbal Nyai : Part Nyai, kini Raffi Ahmad melalui perusahaan fimnya RA Pictures kembali memproduksi film terbarunya berjudul After Met You. Film ini diangkat…

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS)

Senin, 17 Desember 2018 - 10:23 WIB

Kelola Tujuh Pabrik, Total Kapasitas Produksi CPO Sawit Sumbermas Sarana Capai 2.250.000 Ton Pertahun

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) mengelola enam pabrik kelapa sawit (PKS) dan satu pabrik inti sawit di Kalimantan Tengah, dengan total kapasitas produksi hingga 2.250.000 ton minyak sawit…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melakukan kunjungan kerja ke Sentra IKM Batik Amziah di Jambi (Foto: Kemenperin)

Senin, 17 Desember 2018 - 10:20 WIB

Menperin Airlangga Apresiasi Kreatifitas IKM Batik Jambi

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto memberikan apresiasi kepada para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) sektor batik di Provinsi Jambi.

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 17 Desember 2018 - 10:19 WIB

Sesuai UU, Data Pangan Satu Pintu BPS

Jakarta - Terkait perdebatan tentang instansi pemerintah yang memiliki otoritas terhadap data statistik khususnya pangan, Pengamat Kebijakan Publik, Razikin Juraid mengungkapkan dengan mengacu…

Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita

Senin, 17 Desember 2018 - 10:10 WIB

Bea Masuk Dihapus, Produk Ekspor RI Berpeluang Besar di Negara Ini

Indonesia sudah menandatangani perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif dengan negara anggota European Free Trade Association (EFTA) yaitu Swiss, Liechtenstein, Islandia, dan Norwegia