Kendal akan Gelar Seni Tradisional di Taman Mini Indonesia

Oleh : Sriyanto | Selasa, 10 April 2018 - 08:04 WIB

Pesta Kesenian Kabupaten Kendal di TMII (Foto Dok Industry.co.id)
Pesta Kesenian Kabupaten Kendal di TMII (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kendal- Pemerintah Kabupaten Kendal akan mengawali momentum peringatan HUT Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta ke 43 dengan menggelar pementasan Duta Seni di Anjungan Jawa Tengah,TMII Jakarta sebagai sarana promosi Pariwisata Kendal.

Sekertaris Daerah Kabupaten Kendal Moch Toha dalam jumpa pers Senin (9/4/2018)  menyampaikan agenda kegiatan di TMII seperti:Pentas Duta Seni Tradisional Srandul yang menyajikan Kisah Misteri Tokoh Kyai Kandil Wesi dipadukan dengan kesenian kreasi modrn.Pameran Potensi dan Produk Unggulan Daerah dan Bazar Kuliner Khas Kendal bersama Pelaku UMKM Kabupaten Kendal.

Promosi produk unggulan dan bazar kuliner akan disajikan oleh masing-masing dinas yang membidangi akan dibuka Bupati Kendal Dr.Mirna Annisa, Msi didampingi ketua DPRD H. Prapto Utono dan rombongan anggota dewan.

Kegiatan di TMII Jakarta yang direncanakan digelar pada tanggal 14 April 2018,kata Moch Toha,sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Kendal yang melibatkan OPD Pelaku UMKM Kabupaten Kendal, Steakholder dan Paguyuban Keluarga Kendal (PAKEN) yang bekerja atau menjadi orang sukses di Jakarta.

Adapun pentas seni di TMII Jakarta tahun ini akan mengangkat seni tradisional bernama Srandil dan Srandil adalah jenis kesenian pertunjukan yang dipentaskan di berbagai moment,seperti upacara tradisi atau moment lain.Kesenian ini banyak dijumpai di Kabupaten Kendal Atas yaiti di kecamatan Singorojo dan Limbangan.

Dengan bertambahnya usia para senima,kini tinggal beberapa kelompok kesenian Srandil yang masih bertahan.Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kendal berupaya melestarikan kesenian tradisional ini dengan mengangkat kembali dan mengembangkanya sekaligus mengkolaborasikan dengan unsur kesenian modern.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

Senin, 20 Agustus 2018 - 22:00 WIB

Wisman Tiongkok Dominasi Kedatangan Bandara Ngurah Rai Bali

PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat wisman asal Tiongkok mendominasi kedatangan penumpang mancanegara di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, yakni mencapai 23,6 persen dari total keseluruhan…

Atlet Wushu Indonesia, Lindswell Kwok Raih Medali Emas di Ajang Asian Games 2018

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:25 WIB

Raih Medali Emas, Lindswell Kwok Nikmati Bonus Rp 1,5 Miliar Plus Mobil

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi mengaku telah menyiapkan 3 (Tiga) mobil dan uang sebesar Rp 1,5 miliar sebagai bonus peraih medali emas di ajang Asian Games 2018.

Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam (Foto Anto)

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:08 WIB

Parmusi Disegani Penguasa Dicintai Ulama

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) berkiprah di Indonesia sudah cukup lama. Era reformasi 1999, Parmusi lahir dari sebelumnya Muslimin…

Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Balap Sepeda Berkibar, Andini dan Khoiful Kawinkan Emas Downhill

Setelah Taekwondo dan Wushu, kini giliran balap sepeda Indonesia berkibar. Kali ini, pasukan Raja Sapta Oktohari tidak tanggung-tanggung meraup dua medali emas pada hari pertama perlombaan balap…

Menpora Imam Nahrawi menyerahkan secara simbolik bonus Rp 1,5 miliar kepada Defia Rosmaniar (Foto: Dok. Kemenpora)

Senin, 20 Agustus 2018 - 20:40 WIB

Menpora Serahkan Bonus Rp 1,5 Miliar kepada Dara Manis Asal Bogor, Defia Rosmaniar

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi secara simbolik menyerahkan bonus medali emas sebesar Rp 1,5 miliar kepada atlet Taekwondo Defia Rosmaniar.