Menpar Targetkan 17 Juta Wisman Melalui Wisata Kuliner

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 09 April 2018 - 18:51 WIB

Menteri Pariwisata Arief Yahya Targetkan 17 Juta Wisatawan Mancanegara melalui destinasi kuliner
Menteri Pariwisata Arief Yahya Targetkan 17 Juta Wisatawan Mancanegara melalui destinasi kuliner

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menegaskan bahwa Indonesia memiliki potensi besar menjadi destinasi wisata kuliner yang unggul di tingkat global. Hal tersebut disampaikannya dalam menyabut event Festival Jajanan Bango 2018 yang akan berlangsung di Jakarta pada 14-15 April mendatang.

”Kuliner, khususnya kuliner tradisional masuk dalam kelompok besar wisata budaya (culture) dengan porsi 60% karena daya tariknya sangat tinggi. Untuk mengembangkan wisata ini, Kemenpar telah membentuk Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja dalam rangka mendukung pencapaian target kunjungan 17 juta wisman dan 270 juta pergerakan wisnus pada tahun ini dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman dan 275 juta wisnus tahun 2019 mendatang," ujarnya.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, sebagai upaya mencapai target kunjungan 17 juta wisman pada tahun ini Kemenpar bersama pelaku (industri) pariwisata telah meluncurkan program Vin (Visit Wonderful lndonesia) yang terdiri dari; Hot Deals: More for Less, merupakan paket bundling tiket internasional dengan transportasi domestik; 100 Calencer of Event (CoE) Wonderful lndonesia yang digelar dalam satu tahun penuh di seluruh Tanah Air; dan Digital Destination merupakan produk berbasis pengalaman yang dibuat untuk melayani pasar yang aktif dimedia sosial. 

Peluncuran Program Vin 2018 yang melibatkan 18 stakeholders pariwlsata, termasuk yang berkecirnpung di wisata kuliner, dimaksudkan untuk meningkatkan kuniungan wisman khususnya yang menjadi fokus pasar antara 

lain; China, ‘India, dan Eropa. Gencar mempromosikan dan menawarkan paket-paket wisata yang menarik dan banyak digemari, di antaranya paket wisata kuliner dan belanja," kata Menpar Arief Yahya. 

Menurut Hernie Raharia, penyelenggaraan FlB merupakan salah satu wujud misi sosial dari merk Bango yang diproduksi oleh PT Unilever Indonesia Tbk. untuk melestarikan kuliner Nusantara. “Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2005 silam, melalui acara ini Bango ingin mengajak sebanyak mungkin pecinta kuliner mengenal dan mencintai kekayaan dan pesona kuliner Indonesia yang otentik,” kata Hernie Raharja. 

Penyelenggaraan FJB tahun ini, menjadl lebih istimewa karena bertepatan dengan ulang tahun Bango ke90. ”Di Festival Jajanan Bango 2018, para pengunjung akan dimaniakan dengan puluhan hidangan khas lndonesla yang disajikan oleh sederetan penjaja kuliner terkenal yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara.Tak hanva itu, di acara ini Bango juga kembali merangkul para wirausaha kuliner generasi baru daiam melanjutkan regenerasi pelestarian kuliner Indonesia. Dihadirkan lima wirausaha kuliner yang telah terpilih dari lebih kurang 

7.000 peserta kompetisi ’Bango Penerus Warisan Kuliner' yang digelar atas kerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pada Februari hingga Maret lalu," kata Hernie. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?

MRT akan mulai proses uji coba operasi secara penuh mulai tanggal 26 Februari 2019.

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:40 WIB

Mulai 26 Februari, Warga Jakarta Bisa Jajal MRT Jakarta Gratis

PT Moda raya terpadu (MRT) Jakarta segera beroperasi pada bulan Maret 2019 mendatang. Namun masyarakat sudah mulai bisa menjajal Ratangga, sebutan untuk kereta MRT, pada akhir Februari mendatang.

Direksi PT Nusantara Properti International Tbk (NATO) berpose bersama I Gede Nyoman Yetna, Direktur Penilaian PT Bursa Efek Indonesia (BEI) usai Perdagangan Perdana saham di Gedung BEI Jakarta.

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:28 WIB

Perdagangan Perdana di Bursa Efek Indonesia, Harga NATO Melesat 69,9%

Harga saham PT Nusantara Properti International Tbk (NATO) langsung melesat 69,9% ke posisi Rp175 per unit pada perdagangan perdana di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (18/01/2019) dibandingkan…