Pelayaran Perdana International Direct Call Balikpapan- Shanghai dari PT Kaltim Kariangu Terminal

Oleh : Herry Barus | Senin, 09 April 2018 - 12:33 WIB

Pelayaran Perdana International Direct Call Balikpapan- Shanghai dari PT Kaltim Kariangu Terminal
Pelayaran Perdana International Direct Call Balikpapan- Shanghai dari PT Kaltim Kariangu Terminal

INDUSTRY.co.id - Balikpapan- Sukses melakukan ekspor langsung dari beberapa pelabuhan di kawasan Indonesia Timur (KIT), seperti Makassar, Pantoloan, Ambon dan Jayapura, kini PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) kembali melebarkan sayap dengan melakukan pelepasan ekspor langsung perdana dari Balikpapan, Senin (9 April 2018).

Ekspor langsung perdana yang dilakukan oleh PT. Kaltim Kariangau Terminal (anak usaha                 PT Pelindo IV) ini akan dilepas oleh Kementrian BUMN, yang diwakili oleh Deputi Bidang Usaha Konstruksi Sarana dan Prasarana Perhubungan, Ahmad Bambang dan dihadiri Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie, pejabat daerah Provinsi Kaltim dan Kaltara, serta pejabat di lingkungan PT Pelindo IV.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung mengatakan ekspor langsung perdana yang dilakukan pada hari ini (Senin), merupakan bagian dari program “International Direct Call” yang sudah dicanangkan Perseroan sejak 5 Desember 2015.

“ini adalah bagian dari program “International Direct Call”. Kami [Pelindo IV] memang berencana membuka jalur ekspor langsung ke luar negeri dari semua pelabuhan kelolaan yang cukup besar selain Makassar, di antaranya Pelabuhan Pantoloan, Jayapura, Sorong, Ambon dan kali ini dari Balikpapan. Kedepan, kami juga akan membuka jalur ekspor langsung ke pelabuhan kelolaan lainnya,” papar Doso Agung.

Dirut PT Pelindo IV menyambut, ekspor langsung perdana dari Balikpapan ini dilakukan pihaknya bekerjasama dengan perusahaan pelayaran asal Hongkong, SITC, menggunakan kapal MV Meratus Tomini dengan rute pelayaran Balikpapan langsung menuju ke Shanghai, China.

Di pelayaran langsung perdana ini, komoditas yang diangkut yaitu Coconut Fiber dan kayu olahan (Plywood).

“Sebelumnya, pada 26 Maret yang lalu PT. Kaltim Kariangau Terminal (KKT) sudah melakukan pelayaran ujicoba menggunakan kapal milik SITC, MV Laila,” ujar Doso.

Pihaknya berharap, dengan pelayaran langsung dari Balikpapan ke Shanghai ini dapat merangsang pertumbuhan ekspor non migas khususnya di wilayah Kaltim dan Kaltara, dimana seperti diketahui, kedua provinsi ini memiliki potensi sumber daya alam berkualitas dan layak ekspor.

Pihak PT Pelindo IV dan PT. KKT juga optimis, dengan upaya ekspor langsung ini akan meningkatkan throughput petikemas ekspor maupun impor melalui PT. KKT. “Tentunya dengan melihat potensi komoditas yang tidak hanya berasal dari Kaltim dan Kaltara, tetapi juga dari Kalimantan Selatan dan provinsi lainnya di Pulau Sulawesi,” tegas Doso.

Apalagi, lanjutnya sudah terbukti bahwa “International Direct Call” dapat memangkas waktu pengiriman barang, yang sebelumnya harus melalui Jakarta dan Surabaya dan yang pasti dapat menurunkan biaya logistik.

Pihaknya bersyukur selama ini “International Direct Call” selalu mendapat respon positif dan dukungan penuh dari semua pemerintah daerah, tidak terkecuali Pemerintah Provinsi Kaltim dan Kaltara yang cukup antusias dengan program ini.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.