Menperin Apresiasi Kerjasama Pusat Inovasi Digital

Oleh : Ridwan | Jumat, 20 Januari 2017 - 19:06 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyaksikan kerjasama UGM dan Yogyakarta dan Six Capital di Davos, Swiss. (Foto; IST)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyaksikan kerjasama UGM dan Yogyakarta dan Six Capital di Davos, Swiss. (Foto; IST)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengapresiasi kerja sama antara Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Six Capital Singapore tentang pengembangan pusat inovasi digital di Indonesia.

Perusahaan analisis data berbasis financial technology (fintech) yang berkantor pusat di Singapura tersebut akan menggelontorkan donasi sebesar 9,17 juta dolar AS dalam bentuk pelaksanaan enam proyek.

"Kami mengapresiasi kedua belah pihak atas inisiatif kerja sama ini yang diharapkan akan mendukung penumbuhan wirausaha baru, terutama di bidang startup digital dan dalam menghadapi era Industri 4.0," kata Airlangga melalui keterangan pers diterima di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Rektor UGM Dwikorita Karnawati bersama Chairman and Founder Six Capital Singapore Patrick Teng ini berlangsung di tengah kegiatan World Economic Forum 2017 di Davos, Swiss.

Keenam proyek yang akan dikerjakan, meliputi pembangunan infrastruktur gedung Digital Innovation Center; kegiatan riset dan inovasi dalam bidang inovasi digital; dan pemetaan lahan gambut seluas 110.000 hektare di Pulau Padang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Kepulauan Riau dengan penerapan teknologi Light Detection and Ranging (LiDAR).

Selain itu, menghibahkan sebanyak 68 unit komputer untuk Center of Excellence for Financial Trading yang ditempatkan di Pertamina Tower, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Selanjutnya, memberikan donasi yang telah disepakati sebagai innovation fund dalam rangka hilirisasi start-ups di bidang digital technology yang telah dikembangkan oleh Innovative Academy di UGM. Program tersebut mendukung target pemerintah dalam menciptakan 1.000 technopreneurs.

Terakhir, pembagian 1.000 smartphones gratis ke tengah masyarakat perdesaan di Yogyakarta, khususnya di Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo, dan Sleman, dalam rangka memberikan akses masyarakat bawah terhadap teknologi, terutama dalam program preventive healthcare.

Airlangga mengatakan bahwa pihaknya telah mengajak generasi muda Indonesia untuk melek teknologi agar menjadi pebisnis startup digital.

Terlebih, dengan iklim startup yang terus berkembang, nilai bisnis e-commerce di Indonesia saat ini mencapai 18 miliar dollar AS dan ditargetkan dalam 5 tahun akan tumbuh 10 kali lipat.

"Untuk menumbuhkan iklim startup dan iklim bisnis Indonesia, dibutuhkan tenaga-tenaga industri yang unggul," katanya.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Hannover Messe 2024: PIS Siap Jadi Agregator Transportasi dan Logistik CCS

Rabu, 24 April 2024 - 17:48 WIB

Hannover Messe 2024: PIS Siap Jadi Agregator Transportasi dan Logistik CCS

Hannover - CEO PT Pertamina International Shipping (PIS) Yoki Firnandi memaparkan sejumlah strategi dan kesiapan perusahaan untuk dekarbonisasi di Indonesia, salah satunya dengan mendukung implementasi…