Kawasan Industri Pekalongan Fokus Industri Tekstil dan Pemintalan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Januari 2017 - 19:16 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Pemerintah tengah mengkaji pembangunan Kawasan Industri Siwalan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dengan fokus klaster industri tekstil dan sarung pemintalan.

"Kawasan Industri Siwalan akan berlokasi di Kecamatan Siwalan dan Wonokerto dengan luas 1.200 hektare. Saat ini, realisasi kawasan masih dalam tahap revisi rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) yang sudah dilakukan sejak 2016," kata Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Imam Haryono kepada Imq di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Imam menyatakan, sudah terdapat lima industri tekstil yang sudah beroperasi dengan luas 50 hektare, di antaranya PT Pisma Putratex, PT Duniatex, PT Ratnajayatex, dan PT Lokatex.

"Sudah ada penjajakan investor dari Korea Selatan, selain itu ada dua pabrik yang sedang dibangun dengan estimasi penyerapan tenaga kerja diperkirakan mencapai 3.924 orang. Hyundai dan Mitsubishi juga melakukan survei ke wilayah tersebut," papar dia.

Pembangunan kawasan industri di Kabupaten Pekalongan, lanjut Imam, akan didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas karena di dukung oleh Akademi Komunitas jurusan tekstil.

"Kami harapkan kawasan industri yang baru lebih baik dari sebelumnya. Kawasan Industri Siwalan harus lebih baik dari yang di Kendal," ujar Imam.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Baywalk Mall Rayakan Pengibaran Bendera Merah Putih di Laut, Kamis (17/8/2017) Photo: INDUSTRY.co.id

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:47 WIB

Baywalk Watersport Arena Olahraga Air Pertama di Pusat Perbelanjaan

Beragam cara dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, salah satunya yang dilakukan Baywalk Mall Pluit dengan pengibaran bendera Merah Putih dengan menggunakan…

Gedung Bank DKI

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:21 WIB

Bank DKI Dukung Peresmian Gerai Samsat Pluit Village

Dukung pelayanan kepada wajib pajak di DKI Jakarta, Bank DKI menyambut baik keberadaan Gerai Samsat Mall Pluit Vilage yang belum lama diresmikan. Peresmian tersebut dilakukan oleh Sekretaris…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kedua dari kiri) turut memeriahkan lomba khas 17 Agustus bersama dengan Staf Khusus Menteri BUMN Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin (paling kanan), Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi (

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:06 WIB

Telkom dan Krakatau Steel Tegaskan Komitmen BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Banten

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk beserta BUMN lain yang ada di Provinsi Banten melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia…

Logo Pikulbareng

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:53 WIB

Sof Launching Pikulbareng, Fokus Pembiayaan Syariah

Lembaga bisnis sekaligus amal sosial atau dikenal istilahnya crowdfunding mulai unjuk gigi di Indonesia. Keberadaan model bisnis ini terbilang baru.

OSO Ketua DPD mendapat sepeda dalam peringatan kemerdekaan 72 tahun RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8). (Foto: Humas/Oji).

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:47 WIB

Pemakai Baju Adat Terbaik Dapat Hadiah Sepeda

Pemakai baju adat terbaik dalam upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo.