Kawasan Industri Pekalongan Fokus Industri Tekstil dan Pemintalan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Januari 2017 - 19:16 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Pemerintah tengah mengkaji pembangunan Kawasan Industri Siwalan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dengan fokus klaster industri tekstil dan sarung pemintalan.

"Kawasan Industri Siwalan akan berlokasi di Kecamatan Siwalan dan Wonokerto dengan luas 1.200 hektare. Saat ini, realisasi kawasan masih dalam tahap revisi rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) yang sudah dilakukan sejak 2016," kata Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Imam Haryono kepada Imq di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Imam menyatakan, sudah terdapat lima industri tekstil yang sudah beroperasi dengan luas 50 hektare, di antaranya PT Pisma Putratex, PT Duniatex, PT Ratnajayatex, dan PT Lokatex.

"Sudah ada penjajakan investor dari Korea Selatan, selain itu ada dua pabrik yang sedang dibangun dengan estimasi penyerapan tenaga kerja diperkirakan mencapai 3.924 orang. Hyundai dan Mitsubishi juga melakukan survei ke wilayah tersebut," papar dia.

Pembangunan kawasan industri di Kabupaten Pekalongan, lanjut Imam, akan didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas karena di dukung oleh Akademi Komunitas jurusan tekstil.

"Kami harapkan kawasan industri yang baru lebih baik dari sebelumnya. Kawasan Industri Siwalan harus lebih baik dari yang di Kendal," ujar Imam.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Asosiasi Wartawan Korea (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 22:37 WIB

Wartawan Negeri K-Pop Kunjungi Pulau Bali

Presiden Asosiasi Wartawan Korea Jung Kyu Sung disertai sembilan orang wartawan Korea Selatan saat ini tengah berada di Pulau Dewata. Selama tujuh hari, 24-31 Mei, para wartawan negeri K-Pop…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto

Sabtu, 26 Mei 2018 - 21:27 WIB

Jembatan Kali Kuto Bisa Dilewati H-2 Lebaran, Pengalihan Lalu Lintas Disiapkan

Pemudik yang melalui tol fungsional nantinya tidak dikenakan tarif. Kondisi jalan tol fungsional terdiri dari 132 km merupakan lapisan beton (rigid) dan 18 km berupa aspal.

Menteri Basuki saat meninjau ruas tol Pejagan-Pemalang

Sabtu, 26 Mei 2018 - 20:36 WIB

Kementerian PUPR Pastikan Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang Dalam Kondisi Mantap Untuk Mudik 2018

Dengan dibukanya ruas tol Brebes Timur- Pemalang, maka pemudik yang akan ke arah Semarang pada tahun 2018 tidak lagi keluar di Pintu Tol Brebes Timur

Garis Polisi (Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:53 WIB

Terlalu, Curi Jengkol Dua Pemuda Aceh Dihakimi Massa

Dua pemuda babak belur dihakimi massa, karena ketangkap tangan mencuri buah jengkol di kebun milik warga di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (25/5/2018) malam.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:47 WIB

BUMN Diminta Bersinergi Benahi Perumahan Karyawan

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta untuk bersinergi untuk membenahi rumah-rumah dinas maupun milik karyawan yang sudah tidak layak huni.