Kawasan Industri Pekalongan Fokus Industri Tekstil dan Pemintalan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Januari 2017 - 19:16 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Pemerintah tengah mengkaji pembangunan Kawasan Industri Siwalan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dengan fokus klaster industri tekstil dan sarung pemintalan.

"Kawasan Industri Siwalan akan berlokasi di Kecamatan Siwalan dan Wonokerto dengan luas 1.200 hektare. Saat ini, realisasi kawasan masih dalam tahap revisi rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) yang sudah dilakukan sejak 2016," kata Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Imam Haryono kepada Imq di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Imam menyatakan, sudah terdapat lima industri tekstil yang sudah beroperasi dengan luas 50 hektare, di antaranya PT Pisma Putratex, PT Duniatex, PT Ratnajayatex, dan PT Lokatex.

"Sudah ada penjajakan investor dari Korea Selatan, selain itu ada dua pabrik yang sedang dibangun dengan estimasi penyerapan tenaga kerja diperkirakan mencapai 3.924 orang. Hyundai dan Mitsubishi juga melakukan survei ke wilayah tersebut," papar dia.

Pembangunan kawasan industri di Kabupaten Pekalongan, lanjut Imam, akan didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas karena di dukung oleh Akademi Komunitas jurusan tekstil.

"Kami harapkan kawasan industri yang baru lebih baik dari sebelumnya. Kawasan Industri Siwalan harus lebih baik dari yang di Kendal," ujar Imam.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pertamina Dockyard Sorong Bangun Dua Unit Mooring Boat

Senin, 28 Mei 2018 - 10:37 WIB

Untuk Pertamakalinya, Pertamina Dockyard Sorong Bangun Dua Unit Mooring Boat

Kapal ini merupakan sarana bantu pemanduan, khususnya dalam sandar lepas kapal yang dipandu dalam berolah-gerak di perairan wajib pandu, perairan pandu luar biasa dan perairan di luar perairan…

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara.

Senin, 28 Mei 2018 - 10:15 WIB

Tingkatkan Daya Saing Industri Alas Kaki, Balai Kemenperin Ciptakan Alat Digital Uji Suhu Pengerutan Kulit Penyamakan

Sebagai unit pelayanan teknis di bawah Balai Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, BBKKPtelah berhasilmembuatalat uji suhupengerutan untukkulit penyamakan dengan…

Bandar Udara Trunojoyo (Ist)

Senin, 28 Mei 2018 - 10:10 WIB

Kemenhub Kucurkan Dana Sebesar Rp 29 Miliar Bangun Terminal Penumpang Bandara Trunojoyo

Anggaran pembangunan terminal penumpang itu sekarang masuk dalam tahap lelang.

Rest Area (Ist)

Senin, 28 Mei 2018 - 10:04 WIB

Hadapi Mudik Lebaran, Jasamarga Properti Resmikan Rest Area Surabaya-Mojokerto

Baru- baru ini, PT Jasamarga Properti anak usaha PT Jasamarga (Persero) Tbk yang bergerak dibidang usaha non tol meresmikan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area Km 725 A arah…

PT Pelni (Persero)

Senin, 28 Mei 2018 - 10:00 WIB

PT Pelni Siapkan 26 Armada Anggutan Lebaran 2018

PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, menyiapkan 26 armada kapal secara nasional untuk melayani angkutan lebaran tahun 2018, di 91 pelabuhan.