Kawasan Industri Pekalongan Fokus Industri Tekstil dan Pemintalan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Januari 2017 - 19:16 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Pemerintah tengah mengkaji pembangunan Kawasan Industri Siwalan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dengan fokus klaster industri tekstil dan sarung pemintalan.

"Kawasan Industri Siwalan akan berlokasi di Kecamatan Siwalan dan Wonokerto dengan luas 1.200 hektare. Saat ini, realisasi kawasan masih dalam tahap revisi rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) yang sudah dilakukan sejak 2016," kata Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Imam Haryono kepada Imq di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Imam menyatakan, sudah terdapat lima industri tekstil yang sudah beroperasi dengan luas 50 hektare, di antaranya PT Pisma Putratex, PT Duniatex, PT Ratnajayatex, dan PT Lokatex.

"Sudah ada penjajakan investor dari Korea Selatan, selain itu ada dua pabrik yang sedang dibangun dengan estimasi penyerapan tenaga kerja diperkirakan mencapai 3.924 orang. Hyundai dan Mitsubishi juga melakukan survei ke wilayah tersebut," papar dia.

Pembangunan kawasan industri di Kabupaten Pekalongan, lanjut Imam, akan didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas karena di dukung oleh Akademi Komunitas jurusan tekstil.

"Kami harapkan kawasan industri yang baru lebih baik dari sebelumnya. Kawasan Industri Siwalan harus lebih baik dari yang di Kendal," ujar Imam.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman di atas alat mesin pertanian

Rabu, 21 November 2018 - 08:26 WIB

Jalankan Amanat Presiden, Kementan Genjot Investasi Pertanian

INDUSTRY.co.id -

INDUSTRY.co.id -

Jakarta

Berkaitan dengan investasi, Kementerian Pertanian telah melakukan deregulasi terhadap peraturan…

Ilustrasi Perumahan

Rabu, 21 November 2018 - 08:03 WIB

Dafam Property Indonesia Bangun Hunian di Madiun dan Magetan

PT Dafam Property Indonesia Tbk bekerja sama dengan PT Tiga Putra Rahma Perkasa (TPRP) dalam membangun hunian atau komersial di kabupaten Madiun dan Magetan beserta sarana dan prasarananya.

Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)

Rabu, 21 November 2018 - 07:59 WIB

Wisman Amerika ke Bali Capai 193,3 Ribu

PT Angkasa Pura I mencatat kedatangan wisatawan Amerika Serikat di Bali mencapai 193,3 ribu atau tumbuh signifikan sebesar 50,8 persen selama Januari-Oktober 2018 dibandingkan periode sama tahun…

PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) (ist)

Rabu, 21 November 2018 - 07:58 WIB

Cermati Tujuh Saham, IHSG Diperkirakan Melemah

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Diperkirakan IHSG diperkirakan melemah dengan support 5950-6035. Saham-saham yang masih dapat dicermati diantaranya LSIP, WSBP, WTON, CPIN,…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Rabu, 21 November 2018 - 07:55 WIB

Sawah Baru di Sumba Timur NTT Siap Ditanami

Lahan sawah baru seluas 60 hektare di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), siap ditanami pada musim tanam 2018/2019 ini.