Mencicipi Soto Khas Lamongan Asli di Cak Har, Surabaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 06 April 2018 - 15:49 WIB

Soto Lamongan Cak Har Surabaya (Foto Dok Industry.co.id)
Soto Lamongan Cak Har Surabaya (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabata- Berlibur ke Kota Pahlawan, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kulinernya yang sedap, seperti Soto Lamongan Cak Har yang berada di Jalan Dokter Ir. Haji Soekarno nomor 220, Semolowaru, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

Soto ayam Lamongan merupakan salah satu kuliner Indonesia tepatnya khas Lamongan yang memilih kuah yang berawarna kuning dan kental.

"Soto ayam Lamongan khas kuahnya memang kental, karena memakai kemiri yang banyak dan untuk warna kuningnya menggunakan kunyit," kata Jumali, salah satu pramusaji Soto Lamongan Cak Har, di Surabaya, Jumat (6/4/2018).

Menurutnya, soto ayam Lamongan memang memiliki keaslian dengan warna kuah yang kuning dan kental. Dan, berbeda dengan di daerah lain terutama di Jakarta yang kuahnya berwarna bening.

"Lamongan ada dua macam soto, kalau agak ke arah barat memang bening kuahnya. Tetap,i kalau ke arah timur, kuahnya berawan kuning dan kental," jelasnya.

Sementara, menurut Siti yang juga salah satu pramusaji mengatakan, untuk menunya, seperti soto ayam, soto jeroan, soto kulit, dan bisa juga dicampur dengan telur atau ditambah dengan sate ati ampela dan usus sesuai dengan permintaan pelanggan.

"Semua harganya Rp20 ribu, tetapi jika ingin ditambah dengan sate ati ampela cukup membayar uang tambahan Rp10 ribu," Imbuh Siti.

Dalam satu porsi soto ayam Lamongan, Kamu bisa mencicipi ayam suir dengan porsi yang banyak, dicampur dengan sohun, seledri, kuahnya yang kental dan tak lupa dengan nasi panas. Dan, mereka juga menyediakan koya di dalam wadah jadi, pengunjung bisa  menaruh koya di atas sotonya sesuai dengan keinginannya.

Soto Ayam Lamongan Cak Har ini, buka setiap hari mulai pukul 06:00 pagi hingga pukul 02:00 dini hari. Selain di Surabaya, Cak Har juga mempunyai franchise di Makassar dan Solo. 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih seusai acara Pameran KriyaNusa (Foto: Dok. Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 15:45 WIB

Punya Pasar Potensial di Luar Negeri, Menperin Pacu Ekspor Industri Kerajinan

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong ekspor produk kerajinan dan memfasilitasi industri kecil dan menengah yang bergeram di sektor itu untuk melakukan promosi…

Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Mensos Targetkan Februari 2019 Tuntaskan Transformasi Rastra

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan pada awal Februari 2019 menuntaskan transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring saat memberikan sambutan pada acara Rakornas Pariwisata III 2018 Kementerian Pariwisata, di Jakarta, Rabu (26/9)

Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Pembentukan KEK Pariwisata Dorong Peningkatan UMKM Lokal

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring menegaskan bahwa pihaknya sangat mendukung program Kementerian Pariwisata dalam membangun Kawasan Ekononi Khusus (KEK) Pariwisata di…

Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), M. Kuncoro Wibowo (kanan), memberikan plakat kepada Kepala Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Toto Pranoto

Rabu, 26 September 2018 - 15:15 WIB

BGR Tandatangani Kerjasama dengan Lembaga Management FEB Universitas Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik dan Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LMFEB UI) menandatangani nota…

Citibank N.A., Indonesia: Bank Kustodian Pertama yang Mengoperasikan Layanan Account Operator di Indonesia

Rabu, 26 September 2018 - 15:00 WIB

Citibank N.A., Indonesia: Bank Kustodian Pertama yang Mengoperasikan Layanan Account Operator di Indonesia

Sejak tanggal 20 Agustus 2018, Citibank N.A., Indonesia (Citibank) secara resmi menjadi bank kustodian pertama di Indonesia yang mengoperasikan layanan Account Operator bagi para pialang lokal,…