Mencicipi Soto Khas Lamongan Asli di Cak Har, Surabaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 06 April 2018 - 15:49 WIB

Soto Lamongan Cak Har Surabaya (Foto Dok Industry.co.id)
Soto Lamongan Cak Har Surabaya (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabata- Berlibur ke Kota Pahlawan, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kulinernya yang sedap, seperti Soto Lamongan Cak Har yang berada di Jalan Dokter Ir. Haji Soekarno nomor 220, Semolowaru, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

Soto ayam Lamongan merupakan salah satu kuliner Indonesia tepatnya khas Lamongan yang memilih kuah yang berawarna kuning dan kental.

"Soto ayam Lamongan khas kuahnya memang kental, karena memakai kemiri yang banyak dan untuk warna kuningnya menggunakan kunyit," kata Jumali, salah satu pramusaji Soto Lamongan Cak Har, di Surabaya, Jumat (6/4/2018).

Menurutnya, soto ayam Lamongan memang memiliki keaslian dengan warna kuah yang kuning dan kental. Dan, berbeda dengan di daerah lain terutama di Jakarta yang kuahnya berwarna bening.

"Lamongan ada dua macam soto, kalau agak ke arah barat memang bening kuahnya. Tetap,i kalau ke arah timur, kuahnya berawan kuning dan kental," jelasnya.

Sementara, menurut Siti yang juga salah satu pramusaji mengatakan, untuk menunya, seperti soto ayam, soto jeroan, soto kulit, dan bisa juga dicampur dengan telur atau ditambah dengan sate ati ampela dan usus sesuai dengan permintaan pelanggan.

"Semua harganya Rp20 ribu, tetapi jika ingin ditambah dengan sate ati ampela cukup membayar uang tambahan Rp10 ribu," Imbuh Siti.

Dalam satu porsi soto ayam Lamongan, Kamu bisa mencicipi ayam suir dengan porsi yang banyak, dicampur dengan sohun, seledri, kuahnya yang kental dan tak lupa dengan nasi panas. Dan, mereka juga menyediakan koya di dalam wadah jadi, pengunjung bisa  menaruh koya di atas sotonya sesuai dengan keinginannya.

Soto Ayam Lamongan Cak Har ini, buka setiap hari mulai pukul 06:00 pagi hingga pukul 02:00 dini hari. Selain di Surabaya, Cak Har juga mempunyai franchise di Makassar dan Solo. 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lenovo perkenalkan Yoga C930 dan Yoga S730

Senin, 10 Desember 2018 - 09:10 WIB

Dukung Ekonomi Kreatif di Indonesia, Lenovo Perkenalkan Yoga C930 dan Yoga S730

Lenovo resmi memperkenalkan laptop premium terbaru dari keluarga Lenovo Yoga, yaitu Yoga C930 dan S730. Kedua laptop ini diciptakan dengan menggabungkan inovasi dan desain, dilengkapi berbagai…

Kebun Nanas (FotoDok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:44 WIB

Nanas Kediri Jatim Miliki Nilai Ekonomi Tinggi

Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian menggerakkan sentra nanas di Kediri, Jawa Timur, karena memiliki nilai ekonomi tinggi, baik untuk konsumsi maupun sebagai produk ekspor.

drg. Rian Hermawan Siloam Buton (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:40 WIB

Siloam Hospitals Buton Lakukan Seminar Pentingnya Pemeriksaan dan Perawatan Gigi Secara Berkala

Kesadaran sebagian masyarakat kita akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut masih tergolong sangat kurang. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 penduduk Indonesia yang…

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:36 WIB

Go-Life #SiapBantuin Pengguna Lebih Produktif Melalui Hari Bolos Nasional

Layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, Gojek melalui Go-Life kembali #SiapBantuin para pengguna menyambut Harbolnas 2018 melalui peluncuran kampanye #SiapBantuin Hari Bolos…

Product Owner Go-Points Michael Parera (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:13 WIB

Ramaikan Harbolnas 2018, Gojek Hadirkan Go-Deals

Gojek, layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, akan meramaikan Hari Belanja Online Nasional 2018 melalui layanan Go-Deals, mobile marketplace yang menghadirkan penawaran deals/voucher…