Mencicipi Soto Khas Lamongan Asli di Cak Har, Surabaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 06 April 2018 - 15:49 WIB

Soto Lamongan Cak Har Surabaya (Foto Dok Industry.co.id)
Soto Lamongan Cak Har Surabaya (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabata- Berlibur ke Kota Pahlawan, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kulinernya yang sedap, seperti Soto Lamongan Cak Har yang berada di Jalan Dokter Ir. Haji Soekarno nomor 220, Semolowaru, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

Soto ayam Lamongan merupakan salah satu kuliner Indonesia tepatnya khas Lamongan yang memilih kuah yang berawarna kuning dan kental.

"Soto ayam Lamongan khas kuahnya memang kental, karena memakai kemiri yang banyak dan untuk warna kuningnya menggunakan kunyit," kata Jumali, salah satu pramusaji Soto Lamongan Cak Har, di Surabaya, Jumat (6/4/2018).

Menurutnya, soto ayam Lamongan memang memiliki keaslian dengan warna kuah yang kuning dan kental. Dan, berbeda dengan di daerah lain terutama di Jakarta yang kuahnya berwarna bening.

"Lamongan ada dua macam soto, kalau agak ke arah barat memang bening kuahnya. Tetap,i kalau ke arah timur, kuahnya berawan kuning dan kental," jelasnya.

Sementara, menurut Siti yang juga salah satu pramusaji mengatakan, untuk menunya, seperti soto ayam, soto jeroan, soto kulit, dan bisa juga dicampur dengan telur atau ditambah dengan sate ati ampela dan usus sesuai dengan permintaan pelanggan.

"Semua harganya Rp20 ribu, tetapi jika ingin ditambah dengan sate ati ampela cukup membayar uang tambahan Rp10 ribu," Imbuh Siti.

Dalam satu porsi soto ayam Lamongan, Kamu bisa mencicipi ayam suir dengan porsi yang banyak, dicampur dengan sohun, seledri, kuahnya yang kental dan tak lupa dengan nasi panas. Dan, mereka juga menyediakan koya di dalam wadah jadi, pengunjung bisa  menaruh koya di atas sotonya sesuai dengan keinginannya.

Soto Ayam Lamongan Cak Har ini, buka setiap hari mulai pukul 06:00 pagi hingga pukul 02:00 dini hari. Selain di Surabaya, Cak Har juga mempunyai franchise di Makassar dan Solo. 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…