Mencicipi Soto Khas Lamongan Asli di Cak Har, Surabaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 06 April 2018 - 15:49 WIB

Soto Lamongan Cak Har Surabaya (Foto Dok Industry.co.id)
Soto Lamongan Cak Har Surabaya (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabata- Berlibur ke Kota Pahlawan, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kulinernya yang sedap, seperti Soto Lamongan Cak Har yang berada di Jalan Dokter Ir. Haji Soekarno nomor 220, Semolowaru, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

Soto ayam Lamongan merupakan salah satu kuliner Indonesia tepatnya khas Lamongan yang memilih kuah yang berawarna kuning dan kental.

"Soto ayam Lamongan khas kuahnya memang kental, karena memakai kemiri yang banyak dan untuk warna kuningnya menggunakan kunyit," kata Jumali, salah satu pramusaji Soto Lamongan Cak Har, di Surabaya, Jumat (6/4/2018).

Menurutnya, soto ayam Lamongan memang memiliki keaslian dengan warna kuah yang kuning dan kental. Dan, berbeda dengan di daerah lain terutama di Jakarta yang kuahnya berwarna bening.

"Lamongan ada dua macam soto, kalau agak ke arah barat memang bening kuahnya. Tetap,i kalau ke arah timur, kuahnya berawan kuning dan kental," jelasnya.

Sementara, menurut Siti yang juga salah satu pramusaji mengatakan, untuk menunya, seperti soto ayam, soto jeroan, soto kulit, dan bisa juga dicampur dengan telur atau ditambah dengan sate ati ampela dan usus sesuai dengan permintaan pelanggan.

"Semua harganya Rp20 ribu, tetapi jika ingin ditambah dengan sate ati ampela cukup membayar uang tambahan Rp10 ribu," Imbuh Siti.

Dalam satu porsi soto ayam Lamongan, Kamu bisa mencicipi ayam suir dengan porsi yang banyak, dicampur dengan sohun, seledri, kuahnya yang kental dan tak lupa dengan nasi panas. Dan, mereka juga menyediakan koya di dalam wadah jadi, pengunjung bisa  menaruh koya di atas sotonya sesuai dengan keinginannya.

Soto Ayam Lamongan Cak Har ini, buka setiap hari mulai pukul 06:00 pagi hingga pukul 02:00 dini hari. Selain di Surabaya, Cak Har juga mempunyai franchise di Makassar dan Solo. 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dian Pelangi perancang busana (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 12:00 WIB

Perancang Dian Pelangi Tampil di New York Fashion Week 2019

Panggung New York Fashion Week (NYFW) - The Shows, di Industria Studio, Manhattan kembali menampilkan koleksi busana fesyen dari Indonesia, akhir minggu lalu. Empat perancang mode yaitu Dian…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peletakan Batu Pertama Sekolah Vokasi di PT Gunung Raja Paksi (GRP), Cikarang Barat, Bekasi (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:15 WIB

Bangun Sekolah Vokasi, Menperin Apresiasi PT Gunung Raja Paksi Ciptakan SDM Kompeten di Industri Logam

Menperin memberikan apresiasi kepada PT GRP yang membangun sekolah vokasi sebagai wujud nyata dari komitmen menumbuhkan tenaga kerja terampil di sektor industri baja.

Operator Amerika Serikat (AS) Apple siap merilis iPhone 5G

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:00 WIB

Apple Segera Produksi Chip Modem Sendiri

Apple Inc telah memindahkan usaha rekayasa chip modemnya di bawah kelompok teknologi perangkat kerasnya sendiri dari unit rantai pasokannya, ujar dua orang yang mengetahui tentang langkah tersebut…

Suasana Kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah.(Dok. PT IMIP)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:30 WIB

TNI Tugaskan Batalyon 716 Jaga Kawasan Industri Morowali

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Rabu siang mengunjungi Kawasan Industri pertambangan PT. Indonesia Morowali…

Richard Wilianto, Head of Busines Consultant Jet Commerce.(Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:00 WIB

Jet Commerce Dorong Pelaku Usaha Tembus Pasar Ekspor Lewat Platform Digital

Jet Commerce, authorized channel partner Alibaba.com di Indonesia kembali menggelar lokakarya bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan pangsa pasar ekspor melalui platform digital. Setelah…