Kementerian ESDM Resmikan PLTS Terpusat Berkapasitas 50 kWp di Riau

Oleh : Hariyanto | Jumat, 06 April 2018 - 15:40 WIB

PLTS Ilustrasi (ist)
PLTS Ilustrasi (ist)

INDUSTRY.co.id - Siak - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat off grid di Desa Bencah Umbai, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Pembangunan PLTS ini, menurut Direktur Perencanaan dan Pengembangan Infrastruktur Energi Baru dan Terbarukan Noor Arifin Muhammad dilakukan untuk membuat energi menjadi terjangkau dan mudah diakses.

 "Atas arahan oleh Menteri ESDM bahwa kerja nyata yang seperti ini yang ditekankan oleh beliau, bagaimana membangun dari pinggiran, bagaimana energi itu bisa terjangkau, dan mudah diakses," kata Arifin di Kampung Bencah Umbai, Kamis (5/4/2018).

Arifin juga mengatakan bahwa PLTS ini berkapasitas 50 kilowatt peak (kWp) dan mampu melistriki 157 rumah dan 11 fasilitas umum.

"PLTS Terpusat dengan kapasitas 50 kilowatt peak (kWp) ini telah beroperasi sejak Februari 2018 serta melistriki 157 rumah dan 11 fasilitas umum. Setiap rumah di Desa Bencah Umbai mendapatkan alokasi daya sebesar 600 Wp," ujar Arifin.

Saat ini, pengelolaan PLTS Terpadu Bencah Umbai dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan memungut iuran sebesar Rp 40.000/KK. Biaya tersebut digunakan untuk biaya pengelolaan PLTS, termasuk menggaji dua orang operator pengelola PLTS. Kedua orang operator ini ditunjuk langsung oleh Kepala Desa Bencah Umbai dan telah diberikan pelatihan.

Anggota Komisi VII DPR RI Sayed Abubakar Assegaf pun memberikan apresiasinya atas dibangunnya PLTS Terpusat Bencah Umbai yang merupakan salah satu wilayah di Daerah Pilihannya.

"Dulu saya sempat hadir di sini (Desa Bencah Umbai) untuk menjemput aspirasi, dan kebetulan Kementerian ESDM itu punya program untuk pembangunan listrik dengan membangun PLTS di seluruh Indonesia. Dan program itu menurut kami di Komisi VII adalah program yg luar biasa dan merupakan terobosan baru yg perlu didukung oleh Komisi VII, sehingga kami sangat mendukung program ini dan salah satu wujudnya kita nampak sekarang berdiri itu PLTS di Bencah Umbai," tuturnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) PLTS Terpadu Bencah Umbai dari semula Barang Milik Negara menjadi Barang Milik Daerah. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar Sulsel

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…

 Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:24 WIB

Platform Sourcing Terbesar Industri TPT di Indonesia Hadapi Era Industri 4.0

Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:12 WIB

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Qlue bersama Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) Rl berkomitmen untuk menciptakan smart city untuk mempercepat perubahan positif mewujudkan Indonesia smart nation.

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi akan Kunjungi Korban Gempa Mataram NTB

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Martawang mengatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi korban gempa bumi…