Bendungan Jatibarang Jadi Percontohan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Oleh : Hariyanto | Jumat, 06 April 2018 - 13:59 WIB

Bendungan Jatibarang
Bendungan Jatibarang

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kementerian PUPR telah melakukan pemasangan sebanyak 936 panel surya berukuran 1,6 meter x 1 meter pada lereng utara Bendungan Jatibarang, Kota Semarang, Jawa Tengah pada tahun 2017. 

Menurut informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Jumat (6/4/2018) menyebutkan, kapasitas listrik terpasang yang dihasilkan sebesar 304,2 kilowatt-peak (kWp) atau setara 291.000 kilowatt-jam (kWh) per tahun.  

“Dengan demikian sumber listrik untuk operasional bendungan dapat disediakan secara mandiri. Pembangunan panel surya di Bendungan Jatibarang ini merupakan proyek percontohan dalam rangka mengoptimalkan aset bendungan,”kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu. 

Pembangunan panel surya akan direplikasi penerapannya di bendungan lainnya sehingga memenuhi kebutuhan listriknya sendiri untuk operasi bendungan. 

Keunggulan PLTS di Bendungan adalah tidak memerlukan pembebasan lahan sehingga bisa dibangun dengan cepat, mudah dalam pemeliharaan, dan bisa diintegrasikan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH). 

Listrik yang dihasilkan dimanfaatkan untuk kebutuhan operasional waduk dan kelebihan daya yang ada akan diserahkan kepada PLN.  

Bendungan Jatibarang memiliki kapasitas tampung 20,4 juta m3. Pemasangan panel surya pada bendungan yang lebih besar seperti Bendungan Jatigede dengan kapasitas tampung 979 juta m3 akan berpotensi untuk menghasilkan listrik yang lebih besar pula. 

Selain untuk operasional bendungan, ketersediaan listrik juga dapat menunjang pengembangan potensi wisata misalnya dengan pembuatan lampu dan air mancur hias yang membutuhkan sumber daya listrik relatif besar.

Seperti di Bendungan Jatibarang, selain memberikan manfaat suplai air irgasi dan air baku, pemandaan sekitar bendungan sangat bagus sehingga kini menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Semarang. Daya tarik lainnya adalah adanya obyek wisata Goa Kreo yang dihuni oleh satwa terutama kera.

Untuk pengembangan lebih lanjut, Kementerian PUPR akan menggandeng Kementerian ESDM sebagai dukungan terhadap program pengembangan Energi Baru & Terbarukan dan Kementerian BUMN yang membawahi perusahaan listrik PT. PLN untuk kerjasama pengoperasian PLTS. 

Beberapa Bendungan lain di Jawa Tengah yang memiliki potensi untuk pemasangan panel surya yakni, Bendungan Lalung dan Bendungan Delingan di Karanganyar dengan potensi masing-masing 1000 kWp.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar Sulsel

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…

 Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:24 WIB

Platform Sourcing Terbesar Industri TPT di Indonesia Hadapi Era Industri 4.0

Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:12 WIB

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Qlue bersama Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) Rl berkomitmen untuk menciptakan smart city untuk mempercepat perubahan positif mewujudkan Indonesia smart nation.

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi akan Kunjungi Korban Gempa Mataram NTB

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Martawang mengatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi korban gempa bumi…