Ciptakan Keamanan Berbelanja Online, Tokopedia Jalin Kerja Sama dengan Asuransi Tokio Marine Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 05 April 2018 - 09:25 WIB

e-Commerce Tokopedia (Ist)
e-Commerce Tokopedia (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Tokopedia menjalin kerja sama dengan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia dalam hal penyediaan perlindungan Asuransi Pengiriman bagi konsumen Tokopedia (Toppers). Dalam kerja sama itu, Tokio Marine akan menjadi penyedia jaminan atau proteksi terhadap potensi kerusakan dan kehilangan atas barang-barang yang dibeli Toppers selama proses pengiriman barang.

“Kerja sama itu diharapkan dapat meningkatkan ketenangan Toppers dalam berbelanja. Pasalnya, kemudahan berbelanja online sangat penting untuk dilindungi secara optimal. Kami memperhatikan aspek ini, agar Toppers dapat berbelanja dengan tenang dan nyaman tanpa khawatir terhadap pengiriman barangnya,” papar Melissa Siska Juminto, Chief Operating Officer (COO) Tokopedia, di Jakarta, Rabu (04/04/2018).

Melissa menuturkan, di samping meningkatkan pengalaman Toppers dalam berbelanja di Tokopedia, jasa perlindungan Tokio Marine diharapkan dapat mendorong lebih banyak masyarakat untuk menikmati kenyamanan dan keamanan berbelanja online lewat platform Tokopedia.

“Ini adalah bagian dari misi kami dalam mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital. Karena itu, kolaborasi dengan berbagai mitra strategis yang memiliki semangat yang sama dalam mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital itu penting,” tukas Melissa.

Tokio Marine adalah perusahaan asuransi terbesar di Jepang dengan pengalaman lebih dari 130 tahun, dan telah beroperasi di 38 negara di seluruh dunia. Tokio Marine menyambut baik kerja sama Asuransi Pengiriman Barang dengan Tokopedia.

 “Kemudahan berbelanja online masih menyisakan kekhawatiran sebagian masyarakat, terutama terhadap kemungkinan kerusakan atau kehilangan barang dalam pengiriman. Bersama Tokopedia, kami berharap dapat mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai kemudahan dan keamanan berbelanja online melalui platform e-commerce,” tutur Josef Gunawan Setyo, Presiden Direktur Tokio Marine Indonesia.

Melalui kerja sama dengan Tokio Marine, penggunaan asuransi pengiriman akan menjadi lebih mudah bagi Toppers, mengingat adanya keseragaman pilihan layanan, termasuk dari segi premi asuransi, standar operasional, dan kategori barang yang dapat diasuransikan. Pengguna juga dapat melakukan klaim langsung melalui pusat resolusi Tokopedia.

Asuransi dari Tokio Marine juga dapat diakses dengan mudah. Di halaman Add to Cart, Toppers akan diberikan pilihan untuk menggunakan asuransi dengan tambahan premi sebesar 0.2% dari harga barang. Nilai pertanggungan yang akan diberikan kepada Toppers senilai harga barang yang ditambahkan dengan ongkos kirim.

Apabila dalam proses pengiriman barang terjadi kerusakan atau kehilangan, maka Toppers bisa melakukan komplain dalam kurun waktu 1x24 jam sejak resi tanda terima barang telah diterima.

Tokopedia akan memproses klaim tersebut dengan meminta konfirmasi kerusakan atau kehilangan dari pihak ekspedisi pengiriman. Setelah mendapatkan konfirmasi, akan dilakukan proses investigasi dari Tokio Marine selama 1x24 jam kerja setelah dokumen klaim diserahkan.

Apabila disetujui, Tokio Marine akan mengonfirmasi kepada Tokopedia untuk proses  ganti rugi yang dikirimkan langsung oleh Tokopedia kepada Toppers. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…