Ciptakan Keamanan Berbelanja Online, Tokopedia Jalin Kerja Sama dengan Asuransi Tokio Marine Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 05 April 2018 - 09:25 WIB

e-Commerce Tokopedia (Ist)
e-Commerce Tokopedia (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Tokopedia menjalin kerja sama dengan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia dalam hal penyediaan perlindungan Asuransi Pengiriman bagi konsumen Tokopedia (Toppers). Dalam kerja sama itu, Tokio Marine akan menjadi penyedia jaminan atau proteksi terhadap potensi kerusakan dan kehilangan atas barang-barang yang dibeli Toppers selama proses pengiriman barang.

“Kerja sama itu diharapkan dapat meningkatkan ketenangan Toppers dalam berbelanja. Pasalnya, kemudahan berbelanja online sangat penting untuk dilindungi secara optimal. Kami memperhatikan aspek ini, agar Toppers dapat berbelanja dengan tenang dan nyaman tanpa khawatir terhadap pengiriman barangnya,” papar Melissa Siska Juminto, Chief Operating Officer (COO) Tokopedia, di Jakarta, Rabu (04/04/2018).

Melissa menuturkan, di samping meningkatkan pengalaman Toppers dalam berbelanja di Tokopedia, jasa perlindungan Tokio Marine diharapkan dapat mendorong lebih banyak masyarakat untuk menikmati kenyamanan dan keamanan berbelanja online lewat platform Tokopedia.

“Ini adalah bagian dari misi kami dalam mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital. Karena itu, kolaborasi dengan berbagai mitra strategis yang memiliki semangat yang sama dalam mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital itu penting,” tukas Melissa.

Tokio Marine adalah perusahaan asuransi terbesar di Jepang dengan pengalaman lebih dari 130 tahun, dan telah beroperasi di 38 negara di seluruh dunia. Tokio Marine menyambut baik kerja sama Asuransi Pengiriman Barang dengan Tokopedia.

 “Kemudahan berbelanja online masih menyisakan kekhawatiran sebagian masyarakat, terutama terhadap kemungkinan kerusakan atau kehilangan barang dalam pengiriman. Bersama Tokopedia, kami berharap dapat mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai kemudahan dan keamanan berbelanja online melalui platform e-commerce,” tutur Josef Gunawan Setyo, Presiden Direktur Tokio Marine Indonesia.

Melalui kerja sama dengan Tokio Marine, penggunaan asuransi pengiriman akan menjadi lebih mudah bagi Toppers, mengingat adanya keseragaman pilihan layanan, termasuk dari segi premi asuransi, standar operasional, dan kategori barang yang dapat diasuransikan. Pengguna juga dapat melakukan klaim langsung melalui pusat resolusi Tokopedia.

Asuransi dari Tokio Marine juga dapat diakses dengan mudah. Di halaman Add to Cart, Toppers akan diberikan pilihan untuk menggunakan asuransi dengan tambahan premi sebesar 0.2% dari harga barang. Nilai pertanggungan yang akan diberikan kepada Toppers senilai harga barang yang ditambahkan dengan ongkos kirim.

Apabila dalam proses pengiriman barang terjadi kerusakan atau kehilangan, maka Toppers bisa melakukan komplain dalam kurun waktu 1x24 jam sejak resi tanda terima barang telah diterima.

Tokopedia akan memproses klaim tersebut dengan meminta konfirmasi kerusakan atau kehilangan dari pihak ekspedisi pengiriman. Setelah mendapatkan konfirmasi, akan dilakukan proses investigasi dari Tokio Marine selama 1x24 jam kerja setelah dokumen klaim diserahkan.

Apabila disetujui, Tokio Marine akan mengonfirmasi kepada Tokopedia untuk proses  ganti rugi yang dikirimkan langsung oleh Tokopedia kepada Toppers. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu lakukan aksi demo terkait harga avtur

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:27 WIB

Serikat Pekerja Pertamina: Ada Enam Hal Dibalik Gejolak Harga Avtur

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang membawahi 19 Serikat Pekerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) hari ini menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:24 WIB

Usung Konsep Eco Living, PGV Sediakan Kawasan Untuk Lahan Terbuka dan Nursery

Gaya hidup ramah lingkungan (eco living) bukan hanya menjadi tren baru di dunia. Akan tetapi, gaya hidup ini sudah menjadi kebutuhan, lantaran diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup. Bagi…

MenPAN RB Syarifuddin .memberikan keterangan Pers Usai memberikan SAKIP di Makasar Hari ini

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:11 WIB

Menpan RB, SAKIP Wilayah III Berhasil Hemat Rp 6,9 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin M.S.i mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah…