Dua Perusahaan Nasional Berencana IPO Dalam Waktu Dekat

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 April 2018 - 07:35 WIB

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)
IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bursa Efek Indonesia (BEI) mengemukakan bahwa dua perusahaan merencanakan untuk meraih pendanaan dari pasar modal melalui skema penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO).

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI Hamdi Hassyarbaini, di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa kedua perusahaan itu, yakni PT Panca Mitra Multi Perdana yang bergerak di bidang pengolahan produk-produk seafood, dan PT Kota Satu Properti.

"Dua perusahaan itu telah melakukan paparan mini terkait rencana IPO dengan BEI," ujarnya.

Ia mengemukakan bahwa Panca Mitra Multi Perdana merencanakan untuk melepas sekitar 30 persen sahamnya ke publik melalui mekanisme IPO, dan target dana yang diraih dari hasil aksi korporasi ini sebesar Rp800 miliar.

"Dana yang diraih itu sekitar 80 persen akan digunakan untuk modal kerja, dan sisanya untuk pembayaran utang," katanya pula.

Ia menambahkan bahwa perusahaan telah menunjuk penjamin pelaksana emisi, yakni Danareksa Sekuritas dan RHB Sekuritas Indonesia. Dalam pengajuan IPO itu, perusahaan menggunakan buku laporan keuangan audit periode Desember 2017, jika prosesnya lancar diperkirakan sahamnya tercatat di BEI pada Juni.

Sedangkan untuk Kota Satu Properti, Hamdi Hassyarbaini mengatakan, perusahaan asal Semarang itu juga akan melepas sebanyak 30 persen sahamnya ke publik. Perusahaan menunjuk Victoria Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi IPO.

Direktur Utama Kota Satu Property Hero Wiratno Gunawan mengatakan bahwa dana hasil IPO rencananya akan digunakan untuk mendukung ekspansi perusahaan dalam mengembangkan proyek rumah tapak serta pengembangan hotel.

"Dana IPO untuk ekspansi, Jawa Tengah sedang dilirik sekarang ini. Proyek kami landed house, hotel bisa lewat akuisisi," katanya pula. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…