Pabrik Kertas Kraft Aceh Segera Tingkatkan Produksi Pulp

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Januari 2017 - 07:55 WIB

Industri Pulp dan Kertas
Industri Pulp dan Kertas

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan dukungan bagi PT Kertas Kraft Aceh (Persero) untuk merevitalisasi pabrik sebagai langkah awal pengoperasian kembali perusahaan penghasil kertas kantong semen.

"PT Kertas Kraft Aceh (KKA) tidak perlu mengubah izin usaha industri (IUI) bila kapasitas pabrik tetap seperti izin awal. Ketentuan tersebut juga berlaku bila perusahaan pelat merah itu memperbaharui spesifikasi kertas, tetapi masih dalam satu klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia (KBLI)," kata Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Kemenperin, Edy Sutopo kepada pers di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Edy menyatakan, sangat mendukung penuh revitalisasi Kertas Kraft Aceh karena akan meningkatkan produksi pulp dan kertas nasional. Tahun lalu, kapasitas produksi industri pulp dan kertas berturut-turut 6,4 juta ton dan 10,4 juta ton.

"Padahal, kapasitas terpasang pabrik pulp dan kertas masing-masing 7,9 juta ton dan 12,9 juta ton. Pabrik KKA sendiri berkapasitas sekitar 130.000 ton per tahun," papar dia.

Meskipun hanya berkontribusi 2% dari kapasitas terpasang nasional, lanjut Edy, kehadirannya tetap penting karena memproduksi kertas kebutuhan khusus sebagai bahan baku kantong semen.

"Tentunya pengoperasian KKA akan meningkatkan ketersediaan kertas kantong semen dalam rangka mendukung perkembangan industri semen nasional yang berkembang cukup pesat," ujar Edy.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia mengimpor bahan baku kantong semen senilai US$134,89 juta pada semester I tahun lalu. (Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tokocrypto Tawarkan Keunggulan Ekosistem Blockchain yang Terintegrasi (Foto Kormen)

Jumat, 16 November 2018 - 13:27 WIB

Tokocrypto Gandeng Infonesia Sebagai Sarana Edukasi Publik Terkait Blockchain dan Aset Kripto

Salah satu platform jual beli aset kripto, Tokocrypto menggandeng aplikasi sosial media baru produk anak bangsa, Infonesia, sebagai salah satu saluran resmi untuk mengedukasi publik.

Tiga artis senior, Ratna Riantiarno, Ninikl Karim dan Widyawati beradu akting dalam film "Mama Mama Jagoan" (Foto Amz)

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Tiga Aktris Wanita Senior Masuk Penjara di Film 'Mama-Mama Jagoan'

Sungguh suatu keberanian luar biasa dari produser film pendatang baru Buddy-buddy Pictures ketika meluncurkan film terbaru bergene komedi berjudul Mama-mama Jagoan. Film yang digarap oleh sutradara…

Monumen Kapsul Waktu

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Hari ini Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke

Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua, yang menyimpan Impian Indonesia 2015-2085, telah rampung dibangun. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan monumen seluas 2,5 ha tersebut pada…

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik (Rizki Meirino)

Jumat, 16 November 2018 - 11:53 WIB

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto dinobatkan sebagai sebagai Tokoh Profesional terbaik dalam acara Indonesia Awards 2018 yang digelar di Jakarta, Kamis (15/11). Sosok Suprajarto…

Bendungan Logung Kudus

Jumat, 16 November 2018 - 11:34 WIB

Pembangunan Rampung, Bendungan Logung Kudus Akan Tingkatkan Suplai Air Untuk Lahan Pertanian

Pembangunan Bendungan Logung di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah saat ini telah rampung dan siap diisi air atau impounding pada akhir November 2018.