Pemkab Gunungkidul Kembangkan Islamic Tourism di Kawasan Objek Wisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 04 April 2018 - 09:00 WIB

Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta (Foto: yogyalagi.com)
Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta (Foto: yogyalagi.com)

INDUSTRY.co.id, Gunungkidul - Guna menarik lebih banyak kunjungan wisatawan, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mengembangkan wisata halal atau "Islamic Tourism" di berbagai kawasan objek wisata.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul Asti Wijayanti di Gunung Kidul, mengatakan tahun ini, pihaknya sedang membuat konsep terkait pengembangan wisata halal pada 2018.

"Sekarang kami baru mengonsep dan mengkaji bagaimana nantinya wisata halal tersebut. Jika belum bisa diterapkan (wisata halal) tahun ini, paling tidak tahun depan," katanya.

Dia mengatakan pengembangan suatu objek wisata tidak hanya melihat dari daya tarik saja namun juga ada nilai tambah lain. Diharapkan Tidak hanya mengandalkan daya tarik wisatawan tapi juga memperhatikan mutu kualitasnya.

"Masih akan kita kaji lebih dalam dulu," katanya.

Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan konsep wisata halal juga direncanakan menyajikan kuliner dengan makanan khas dan oleh-oleh yang memperhatikan kehalalan bahan baku dan cara masaknya.

Dengan demikian aspek religi akan tercipta di kawasan wisata yang ada di Gunungkidul.wisata halal pertama kali akan digagas di Pantai Ngrenehan, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari.

"Dengan pengembangan wisata halal, segmen wisatawan juga dapat dikembangkan," katanya.

Dia mengatakan "Islamic Tourism" sama seperti kegiatan wisata lain. Hanya saja ditambah dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah selama berwisata..

"Sehingga bisa menambah pemberian kebutuhan bagi wisatawan berupa alternatif wisata halal ini," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Group UCC Launching Ceremony

Kamis, 19 Juli 2018 - 16:20 WIB

UCC Holding Gandeng Purwana Group Kembangkan Kopi Indonesia

Perusahaan kopi ternama di Jepang, UCC Holdings Co Ltd, melalui anak perusahaannya yaitu UCC Asia Pacific Pte, membangun kerjasama dengan Purwana Group yang merupakan perusahaan operator ternama…

Moriano Utomo saat membawa api obor Asian Games 2018 (Foto: Dok. Industry)

Kamis, 19 Juli 2018 - 16:08 WIB

Cucu Pendiri Aqua Dukung Pawai Obor Asian Games 2018 di Yogyakarta

Moriano Utomo, cucu dari pendiri AQUA Tirto Utomo, mewakili Danone-AQUA yang merupakan sponsor resmi hidrasi Asian Games 2018 dalam Pawai Obor (Torch Relay) hari ini, Kamis (19/7/2018) di Yogyakarta,…

Api Obor Asian Games di Yogyakarta (Foto: Kemenpar)

Kamis, 19 Juli 2018 - 16:00 WIB

Api Obor Asian Games diharapkan Naikkan Branding Destinasi Wisata yang dilewati

Untuk menyemarakkan Asian Games yang digelar pada 18 Agustus 2018, api obor Asian Games akan melewati berbagai daerah wisata di Indonesia yang terdiri dari 53 kota/kabupaten dari 18 provinsi…

Presiden Jokowi-Wapres JK kunjungi SBY di RSPAD (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 19 Juli 2018 - 15:59 WIB

Sakit Apa SBY? Aburizal Bakrie Mengungkapkannya

Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie mengatakan Presiden RI keenam sekaligus Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menderita sakit infeksi ginjal.

Menteri ESDM Ignasius Jonan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Kamis, 19 Juli 2018 - 15:54 WIB

Menteri Jonan Optimalkan Energi Lokal Sebagaai Pembangkit

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengoptimalkan penggunaan energi lokal (tenaga angin, air, batubara dan surya) sebagai energi primer pembangkit tenaga listrik agar lebih…