Disbudpar Kotim Minta Wisata Susur Sungai Mentaya Perlu Dermaga Khusus

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 03 April 2018 - 11:00 WIB

Kapal Klotok di Sungai Sekonyer Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah (Foto: Tempo/Francisca Christy Rosana)
Kapal Klotok di Sungai Sekonyer Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah (Foto: Tempo/Francisca Christy Rosana)

INDUSTRY.co.id, Kotawaringin Timur - Wisata susur sungai Mentaya, menjadi andalah wisatawan yang berkunjung ke Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Oleh karena itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotawaringin Timur, Kalteng Fajrurrahman menilai wisata susur sungai Mentaya Sampit perlu memiliki dermaga khusus.

"Dermaga khusus tersebut untuk mempermudah pelayanan wisatawan yang akan berwisata," katanya di Sampit, Senin, (2/4/2018).

Menurut Fajurrahman, selama ini kapal wisata yang dikelola pemerintah daerah belum memiliki dermaga khusus dan masih berbaur dengan kapal penyeberangan di Pelabuhan Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit.

"Kita sudah mengusulkan pembangunan dermaga khusus tersebut dan mudah-mudahan bisa disetujui nantinya," katanya.

Dermaga khusus tersebut sangat perlu karena minat wisatawan untuk melakukan susur sungai sudah mengalami peningkatan.

"Yang jelas pelabuhan tempat tambat kapal wisata saat ini belum memenuhi standar keselamatan untuk itu kita berharap adanya pelabuhan khusus nantinya," terangnya.

Fajrurrahman mengatakan, rute kapal menyusuri bantaran sungai dengan melintasi berbagai objek penting seperti objek wisata kota yakni ikon patung ikan jelawat, Pelabuhan Sampit, perkampungan, landasan pacu Bandara Haji Asan Sampit, hingga singgah di dermaga objek wisata hutan Sagonta Kota di Kelurahan Baamang Hulu.

Untuk mengembangkan wisata susur sungai, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggandeng instansi lain. Dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan studi penguatan untuk pengembangan wisata susur sungai.

"Nanti akan ada dermaga khusus melayani susur sungai. Tim percepatan pengembangan destinasi wisata juga dibentuk. Kami menilai, sudah ada perkembangan meski belum signifikan," kata Fajrurrahman.

Fajrurrahman berterima kasih dan mengapresiasi semua pihak yang ikut peduli membantu promosi dan mengembangkan pariwisata, khususnya susur sungai.

Dengan semakin dikenalnya wisata susur sungai, maka diharapkan dapat meningkatkan pengunjung sehingga berdampak langsung terhadap perekonomian masyarakat maupun daerah.

Fajrurrahman juga optimis pariwisata di Kotawaringin Timur kedepannya bisa lebih berkembang lagi dan mampu menjadi sektor andalan baru untuk mendongkrak pendapatan asli daerah. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.