Dukungan SCBI, Alfamart Buka 800 Gerai Tahun Ini

Oleh : Herry Barus | Senin, 02 April 2018 - 19:00 WIB

CEO SCBI Rino Donosepoetro dan Presdir PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Hans Prawira (Foto Dok Industry.co.id)
CEO SCBI Rino Donosepoetro dan Presdir PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Hans Prawira (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) akan menambah jaringan toko dengan membuka 800 gerai baru pada tahun ini baik di Pulau Jawa maupun bagian timur Indonesia.

Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Hans Prawira, usai penandatanganan kerja sama dengan Standard Chartered Bank di Jakarta, Senin (2/4/2018)  mengatakan Alfamart hingga akhir Desember 2017 telah memiliki 13.477 jaringan toko di berbagai wilayah Indonesia.

"Hingga akhir Desember 13.477 toko. Target tahun ini 800 toko, kalau tahun lalu pembukaan gerai 1.111 toko," kata Hans.

Ada pun dari 800 gerai baru yang akan dibuka, terdiri dari 150 toko waralaba dan 650 toko reguler.

Hans menyebutkan lokasi gerai baru yang akan dibuka disesuaikan dengan letak pusat distribusi, yakni secara umum di Pulau Jawa dan sekitar 50 persen menyasar luar Pulau Jawa seperti Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Menurut dia, pembukaan gerai di luar Pulau Jawa tersebut potensial dan terbukti mengangkat daya beli masyarakat. Perusahaan juga akan mengoptimalkan pusat distribusi yang cenderung belum dimanfaatkan.

"Distribution center kami ada 32. Tentunya DC yang masih 'under utilized' ingin kami optimalkan. Di luar Pulau Jawa itu kan relatif masih baru, jadi kami akan coba genjot investasi dan ekspansi di sana," kata dia.

Meski jumlah pembukaan gerai baru pada tahun ini lebih sedikit dibandingkan 2017, perusahaan lebih selektif dalam menentukan lokasi gerai baru tersebut demi mempertimbangkan peningkatan laba.

"Kami akan lebih selektif karena pertimbangan 'profitability' yang penting untuk kita evaluasi. Kami tidak ingin terus menambah toko, tetapi kanibalisasi terjadi," kata Hans.

Pada tahun ini, Sumber Alfaria Trijaya mengalokasikan dana belanja modal sebesar Rp2,3 triliun baik untuk menambah gerai baru dan memperpanjang masa sewa dari toko-toko lama yang ada sekitar 1.000 unit.

Selain memiliki jaringan sebanyak 13.477 toko di wilayah Indonesia, Alfamart juga memiliki 400 toko di Filipina, sebagian besar di Kota Manila dan direncanakan terus ekspansi ke kota lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.