Festival Panji Internasional Digelar di Empat Kota Besar Indonesia

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 02 April 2018 - 14:14 WIB

Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro (tengah) bersama penggiat dan pengembang Cerita Panji
Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro (tengah) bersama penggiat dan pengembang Cerita Panji

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,-- Meski sudah berstatus sebagai mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ternyata Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro ternyata terus berupaya untuk menjaga kebudayaan kita agar terus diperhatikan. Salah satunya adalah harapan Wardiman kepada Pemerintah agar memberi perhatian dan pembinaan yang memadai terhadap seni budaya berbasis tradisi, khususnya karya sastra ‘Cerita Panji’.

Wardiman sendiri menggagas ‘Festival International Panji (Inao) Indonesia 2018’ yang akan dilaksanakan di empat kota besar, Denpasar 27-28 Juni 2018, Surabaya 2-3 Juli 2018,  Yogyakarta, 6-7 Juli 2018, dan di Jakarta 10-11 Juli 2018.

“Sastra dan budaya Panji merupakan local genius nenek moyang kita yang sudah ada sekitar abad ke-14. Lebih dari 600 tahun lalu,” ujar Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro, usai rapat persiapan ‘Festival Budaya Panji Internasional’, di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Senayan Jakarta’

Hadir dalam rapat tersebut, Wardat MY (Kepala Seksi Seni Pertunjukan Tradisi Direktorat Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI), Suryandoro, S.Sn (Praktisi dan Pengamat Seni Tradisi), Eddie Karsito (Wartawan, Penggiat Seni & Budaya), Aji Damais (Pemerhati Budaya), dan Undung Wiyono (Staf Seksi Seni Pertunjukan Tradisi Direktorat Kesenian Kemendikbud).

Wardiman, mendorong perlunya eksplorasi terhadap ‘Cerita Panji’, yang dapat menjadi alternatif cerita wayang. “Selama ini lakon-lakon wayang justru lebih didominasi cerita impor dari India, berupa Mahabarata dan Ramayana,” ujar Wardiman yang pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Pembangunan IV ini.

Ia  juga mengharapkan, agar kalangan pendidik dapat menjadikan ‘Cerita Panji’ sebagai bahan baku ajar. Termasuk para pelaku industri kreatif diharapkan dapat mengeksplorasi ‘Cerita Panji’ dalam berbagai bentuk karya kreatif. “Bisa dalam bentuk penulisan novel, seni rupa, grafis, komik, seni patung dan pahat, acara televisi, film, cenderamata, sebagai upaya conter culture terhadap budaya impor. Setidaknya menjadi penyeimbang,” paparnya.

“Panji tidak saja sastra, tetapi berkembang menjadi seni pertunjukan, antara lain; tarian, pentas wayang, topeng, dan seni kreatif lainnya. Di Jawa Timur budaya Panji diabadikan di sejumlah relief candi, dan situs-situs budaya lainnya,” kata Wardiman.

“Seminar internasional akan diadakan di Jakarta. Sanggar tari dari enam Negara Asia Tenggara, akan kita undang ke Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta, untuk bersama-sama menggelar seni tari Panji. Digelar juga pameran benda-benda sejarah Panji, seperti naskah kuno, lukisan, topeng, dan benda sejarah lainnya,” terang Wardiman.

Menurut Wardiman, banyak orang tidak tahu bahwa ‘Cerita Panji’, adalah karya sastra dan budaya Indonesia, yang pengaruhnya hingga ke luar negeri. ‘Cerita Panji’ memiliki banyak versi, dan telah menyebar ke seluruh jazirah Nusantara; Jawa, Bali, Kalimantan, Malaysia, Thailand, Kamboja, Myanmar, dan Filipina.

Cerita “Panji”, adalah kumpulan cerita masa Jawa periode klasik, tepatnya dari era Kerajaan Kediri. Isinya mengenai kepahlawanan dan cinta, terkait dengan tokoh utamanya, Raden Inu Kertapati (Panji Asmarabangun) dan Dewi Sekartaji (Galuh Candrakirana). Beberapa cerita rakyat seperti ‘Keong Mas’, ‘Ande-ande Lumut, dan ‘Golek Kencana’ juga merupakan turunan dari cerita ini. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…