Festival Panji Internasional Digelar di Empat Kota Besar Indonesia

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 02 April 2018 - 14:14 WIB

Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro (tengah) bersama penggiat dan pengembang Cerita Panji
Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro (tengah) bersama penggiat dan pengembang Cerita Panji

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,-- Meski sudah berstatus sebagai mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ternyata Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro ternyata terus berupaya untuk menjaga kebudayaan kita agar terus diperhatikan. Salah satunya adalah harapan Wardiman kepada Pemerintah agar memberi perhatian dan pembinaan yang memadai terhadap seni budaya berbasis tradisi, khususnya karya sastra ‘Cerita Panji’.

Wardiman sendiri menggagas ‘Festival International Panji (Inao) Indonesia 2018’ yang akan dilaksanakan di empat kota besar, Denpasar 27-28 Juni 2018, Surabaya 2-3 Juli 2018,  Yogyakarta, 6-7 Juli 2018, dan di Jakarta 10-11 Juli 2018.

“Sastra dan budaya Panji merupakan local genius nenek moyang kita yang sudah ada sekitar abad ke-14. Lebih dari 600 tahun lalu,” ujar Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro, usai rapat persiapan ‘Festival Budaya Panji Internasional’, di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Senayan Jakarta’

Hadir dalam rapat tersebut, Wardat MY (Kepala Seksi Seni Pertunjukan Tradisi Direktorat Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI), Suryandoro, S.Sn (Praktisi dan Pengamat Seni Tradisi), Eddie Karsito (Wartawan, Penggiat Seni & Budaya), Aji Damais (Pemerhati Budaya), dan Undung Wiyono (Staf Seksi Seni Pertunjukan Tradisi Direktorat Kesenian Kemendikbud).

Wardiman, mendorong perlunya eksplorasi terhadap ‘Cerita Panji’, yang dapat menjadi alternatif cerita wayang. “Selama ini lakon-lakon wayang justru lebih didominasi cerita impor dari India, berupa Mahabarata dan Ramayana,” ujar Wardiman yang pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Pembangunan IV ini.

Ia  juga mengharapkan, agar kalangan pendidik dapat menjadikan ‘Cerita Panji’ sebagai bahan baku ajar. Termasuk para pelaku industri kreatif diharapkan dapat mengeksplorasi ‘Cerita Panji’ dalam berbagai bentuk karya kreatif. “Bisa dalam bentuk penulisan novel, seni rupa, grafis, komik, seni patung dan pahat, acara televisi, film, cenderamata, sebagai upaya conter culture terhadap budaya impor. Setidaknya menjadi penyeimbang,” paparnya.

“Panji tidak saja sastra, tetapi berkembang menjadi seni pertunjukan, antara lain; tarian, pentas wayang, topeng, dan seni kreatif lainnya. Di Jawa Timur budaya Panji diabadikan di sejumlah relief candi, dan situs-situs budaya lainnya,” kata Wardiman.

“Seminar internasional akan diadakan di Jakarta. Sanggar tari dari enam Negara Asia Tenggara, akan kita undang ke Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta, untuk bersama-sama menggelar seni tari Panji. Digelar juga pameran benda-benda sejarah Panji, seperti naskah kuno, lukisan, topeng, dan benda sejarah lainnya,” terang Wardiman.

Menurut Wardiman, banyak orang tidak tahu bahwa ‘Cerita Panji’, adalah karya sastra dan budaya Indonesia, yang pengaruhnya hingga ke luar negeri. ‘Cerita Panji’ memiliki banyak versi, dan telah menyebar ke seluruh jazirah Nusantara; Jawa, Bali, Kalimantan, Malaysia, Thailand, Kamboja, Myanmar, dan Filipina.

Cerita “Panji”, adalah kumpulan cerita masa Jawa periode klasik, tepatnya dari era Kerajaan Kediri. Isinya mengenai kepahlawanan dan cinta, terkait dengan tokoh utamanya, Raden Inu Kertapati (Panji Asmarabangun) dan Dewi Sekartaji (Galuh Candrakirana). Beberapa cerita rakyat seperti ‘Keong Mas’, ‘Ande-ande Lumut, dan ‘Golek Kencana’ juga merupakan turunan dari cerita ini. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GIIAS Medan 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:45 WIB

Rangkaian GIIAS Roadshow 2018 Ditutup Pesta Harga Akhir Tahun di GIIAS Medan Auto Show

Menghitung mundur kurang dari dua minggu menuju penyelenggaraan rangkaian pameran mobil GAIKINDO Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 yang akan kembali dilangsungkan di Medan. Kembali…

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong

Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:00 WIB

Industri Pariwisata Menunggu Kehadiran Investor Arab Saudi

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menyatakan pemerintah Indonesia akan menawarkan peluang investasi sektor pariwisata dan gaya hidup (lifestyle) dalam konferensi…

Menteri Basuki saat meninjau lokasi pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:29 WIB

Penyaluran Bantuan Rumah Risha Disalurkan Lewat Pokmas Untuk Jamin Akuntabilitas

Untuk mempercepat penyaluran bantuan, Pemerintah telah menyederhanakan format pencairan dana perbaikan rumah dari sebelumnya 17 formulir menjadi 1 formulir saja.

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih berfoto bersama dengan para peserta pameranpada peringatan Hari Kopi Internasional di Makassar (Foto: Kemenperin)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:22 WIB

Pacu Pertumbuhan IKM Pengolahan Kopi, Inilah Langkah Strategis Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pertumbuhan industri pengolahan kopi di dalam negeri termasuk skala industri kecil dan menengah (IKM).

Dean Novel

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:02 WIB

Kisah Petani Jagung Berdasi (2): Memilih NTB Ketimbang Jawa

Dean betah berladang di NTB karena menurutnya petani di Lombok masih haus dengan inovasi. Masih mendengar jika diberi penyuluhan, masih penasaran dengan ilmu-ilmu baru dalam pertanian.