Festival Panji Internasional Digelar di Empat Kota Besar Indonesia

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 02 April 2018 - 14:14 WIB

Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro (tengah) bersama penggiat dan pengembang Cerita Panji
Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro (tengah) bersama penggiat dan pengembang Cerita Panji

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,-- Meski sudah berstatus sebagai mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ternyata Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro ternyata terus berupaya untuk menjaga kebudayaan kita agar terus diperhatikan. Salah satunya adalah harapan Wardiman kepada Pemerintah agar memberi perhatian dan pembinaan yang memadai terhadap seni budaya berbasis tradisi, khususnya karya sastra ‘Cerita Panji’.

Wardiman sendiri menggagas ‘Festival International Panji (Inao) Indonesia 2018’ yang akan dilaksanakan di empat kota besar, Denpasar 27-28 Juni 2018, Surabaya 2-3 Juli 2018,  Yogyakarta, 6-7 Juli 2018, dan di Jakarta 10-11 Juli 2018.

“Sastra dan budaya Panji merupakan local genius nenek moyang kita yang sudah ada sekitar abad ke-14. Lebih dari 600 tahun lalu,” ujar Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro, usai rapat persiapan ‘Festival Budaya Panji Internasional’, di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Senayan Jakarta’

Hadir dalam rapat tersebut, Wardat MY (Kepala Seksi Seni Pertunjukan Tradisi Direktorat Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI), Suryandoro, S.Sn (Praktisi dan Pengamat Seni Tradisi), Eddie Karsito (Wartawan, Penggiat Seni & Budaya), Aji Damais (Pemerhati Budaya), dan Undung Wiyono (Staf Seksi Seni Pertunjukan Tradisi Direktorat Kesenian Kemendikbud).

Wardiman, mendorong perlunya eksplorasi terhadap ‘Cerita Panji’, yang dapat menjadi alternatif cerita wayang. “Selama ini lakon-lakon wayang justru lebih didominasi cerita impor dari India, berupa Mahabarata dan Ramayana,” ujar Wardiman yang pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Pembangunan IV ini.

Ia  juga mengharapkan, agar kalangan pendidik dapat menjadikan ‘Cerita Panji’ sebagai bahan baku ajar. Termasuk para pelaku industri kreatif diharapkan dapat mengeksplorasi ‘Cerita Panji’ dalam berbagai bentuk karya kreatif. “Bisa dalam bentuk penulisan novel, seni rupa, grafis, komik, seni patung dan pahat, acara televisi, film, cenderamata, sebagai upaya conter culture terhadap budaya impor. Setidaknya menjadi penyeimbang,” paparnya.

“Panji tidak saja sastra, tetapi berkembang menjadi seni pertunjukan, antara lain; tarian, pentas wayang, topeng, dan seni kreatif lainnya. Di Jawa Timur budaya Panji diabadikan di sejumlah relief candi, dan situs-situs budaya lainnya,” kata Wardiman.

“Seminar internasional akan diadakan di Jakarta. Sanggar tari dari enam Negara Asia Tenggara, akan kita undang ke Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta, untuk bersama-sama menggelar seni tari Panji. Digelar juga pameran benda-benda sejarah Panji, seperti naskah kuno, lukisan, topeng, dan benda sejarah lainnya,” terang Wardiman.

Menurut Wardiman, banyak orang tidak tahu bahwa ‘Cerita Panji’, adalah karya sastra dan budaya Indonesia, yang pengaruhnya hingga ke luar negeri. ‘Cerita Panji’ memiliki banyak versi, dan telah menyebar ke seluruh jazirah Nusantara; Jawa, Bali, Kalimantan, Malaysia, Thailand, Kamboja, Myanmar, dan Filipina.

Cerita “Panji”, adalah kumpulan cerita masa Jawa periode klasik, tepatnya dari era Kerajaan Kediri. Isinya mengenai kepahlawanan dan cinta, terkait dengan tokoh utamanya, Raden Inu Kertapati (Panji Asmarabangun) dan Dewi Sekartaji (Galuh Candrakirana). Beberapa cerita rakyat seperti ‘Keong Mas’, ‘Ande-ande Lumut, dan ‘Golek Kencana’ juga merupakan turunan dari cerita ini. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Indonesia

Selasa, 11 Desember 2018 - 07:00 WIB

BI: Penjualan Eceran Oktober 2018 Meningkat

Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia mengindikasikan adanya pertumbuhan penjualan eceran di Oktober 2018, yang tercermin dari kenaikan Indeks Penjualan Riil 2,9 persen (tahun ke tahun/year…

World Bank (Foto Ist)

Selasa, 11 Desember 2018 - 06:40 WIB

Bank Dunia Minta Pemerintah Dorong Masyarakat Melek Teknologi

Bank Dunia meminta kepada pemerintah Indonesia agar terus mendorong masyarakat untuk melek teknologi (digital literacy) sekaligus menguasai kemampuan teknologi.

Rakernas HIPMI PT di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (09/12/2018).

Senin, 10 Desember 2018 - 22:52 WIB

HIPMI PT Targetkan Cetak Satu Juta Wirausaha Pemula Mandiri

Ketua Umum HIPMI, Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) menargetkan akan mencetak satu juta wirausaha pemula mandiri.

Garuda Indonesia Vintage Flight Experience (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 19:00 WIB

Garuda Indonesia Mulai Operasikan Layanan Vintage Flight Experience

Maskapai nasional Garuda Indonesia resmi melayani penerbangan "Vintage" bertajuk "Garuda Indonesia Vintage Flight Experience" yang ditandai dengan pengoperasian penerbangan pertama vintage flight…

Industri daur ulang sampah plastik (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 18:25 WIB

Dinilai Mampu Sumbang Devisa, Danone Ajak Media Industri Kenali Sisi Positif dari Sampah Plastik

PT Danone Indonesia bekerjasama dengan Forum Wartawan Industri (Forwin) mengadakan Workshop Media dengan tema "Inovasi dan Kontribusi Industri Menerapkan Model Pengelolaan Sampah Plastik yang…