Pemerintah Masih Belum Mengeluarkan Permen Tentang OTT

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 Januari 2017 - 18:25 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, hingga saat ini Peraturan Menteri (Permen) mengenai over the top (OTT) masih belum dikeluarkan.

"Saya belum keluarkan, kalau dikeluarkan dengan konsep yang ada sekarang tapi belum di implementasikan kan sama aja kita keluarkan peraturan yang tidak bisa jalan, nanti jadinya susah lagi," kata Rudiantara kepada INDUSTRY.co.id saat ditemui pada Seminar Awal Tahun Indonesia Technology Forum (ITF) di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (19/1).

Ia menegaskan, Pada Permen yang ada saat ini masih sama dengan Permen sebelumnya. Namun pihaknya akan memeriksa modelnya setelah urusan pemungutan pajak terhadap Google selesai.

"Yang sekarang itu kurang lebih sama, hanya kalo nanti (pajak) Google selesai kita liat setelmen (sistem penyelesaian transaksi)-nya, kita lihat modelnya seperti apa," ujarnya.

"Karna kan di surat edaran yang sekarang salah satunya masalah BUT kita bahas sama kementerian keuangan. Nah sekarang kalau misalnya kebijakannya berbeda tentunya akan saya akomodasi didalam Permenya," tambah Menkominfo.

Sebelumnya, Menkominfo Rudiantara memastikan Permen penyediaan layanan dan aplikasi melalui internet atau over the top (OTT) akan segera rampung dan diterbitkan pada semester pertama tahun ini. Kominfo juga telah melakukan uji publik terkait Permen OTT selama enam bulan sejak April 2016.

Pemberlakuan Permen OTT diharapkan bisa menciptakan kesetaraan pasar antara pemain OTT asing dan pemain lokal untuk mendapatkan kesempatan bisnis yang sama.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…