Festival Adat Dayak Meratus Menampilkan Budaya Asli

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 31 Maret 2018 - 22:12 WIB

Wisata Kalimantan (Foto iDok Industry.co.id)
Wisata Kalimantan (Foto iDok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Paringin - Festival Pesona Adat Dayak Meratus IV yang digelar di Desa Kapul, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai pertunjukan budaya adat asli suku Dayak setempat.

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Balangan, Mandan di Balangan, Sabtu (31/3/2018)  mengatakan kegiatan yang berlangsung pada 29-31 Maret 2018 tersebut menarik perhatian warga dari berbagai penjuru daerah.

Selain festival budaya, tambah dia, berbagai acara tambahan, dengan merangkul lebih banyak unsur masyarakat dan komunitas, membuat acara Pesona Adat Dayak Meratus keempat ini berlangsung lebih meriah dan beragam.

Beberapa festival yang disuguhkan antara lain festival menyumpit, bagasing, mutuu, balugu, kenjee, kakuyaan, basingki, lomba undang adat dan lomba tari Dayak Meratus.

Selain itu, juga digelar seni budaya, pameran kerajinan dan kuliner, wisata alam dan budaya, pengobatan tradisional, gowes adventure dengan rute wisata alam dan budaya adat, serta fotografi budaya.

"Hal tersebut tentu merupakan cara tersendiri dari panitia, agar para peserta lebih mengenal lagi wilayah Kecamatan Halong, yang kaya akan adat, budaya, wisata alam, dan keberagaman penduduk yang ramah terhadap pengunjung," ungkapnya kepada awak media.

Pagelaran Pesona Adat Dayak Meratus sendiri telah menjadi even tahunan yang digelar sejak tahun 2015.

"Gelaran Pesona Dayak Meratus sebagai upaya untuk merajut kembali budaya leluhur adat dayak setempat, agar tidak tergerus zaman dan tetap menjadi kekayaan ragam budaya Indonesia," jelasnya.

Hadir dalam rangkaian acara tersebut, Bupati Balangan H Ansharuddin, didampingi Kapolres Balangan, AKBP Moh Zamroni, dan Kepala Kejaksaan Negeri Paringin, H Tommy Kristanto.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…