Libur Panjang Perayaan Paskah, Okupansi Hotel di Bandung diperkirakan Meningkat

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 31 Maret 2018 - 12:15 WIB

The Citrus Pool Bar - BBQ Night, Four Points by Sheraton Bandung
The Citrus Pool Bar - BBQ Night, Four Points by Sheraton Bandung

INDUSTRY.co.id, Bandung - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat mengungkapkan bahwa tingkat keterisian (okupansi) hotel di Kota Bandung pada jelang libur Paskah akhir pekan ini, Kamis malam (29/3/2018) hanya 55 persen.

"Kalau long weekend hari ini hingga besok cukup bagus. Tadi malam masih diangka 55 persen lah dari 470 hotel yang ada," ujar Ketua PHRI Jabar, Herman Mochtar, Jumat (30/3/2018)

Herman mengatakan, okupansi hotel pada Jumat malam diperkirakan akan terus meningkat. PHRI memperkirakan wisatawan baru berdatangan ke Kota Bandung pada Jumat.

"Malam ini bisa 90 persen saya kira, tapi lihat kondisi dan situasinya," ujar dia.

Ia mengatakan, tingkat okupansi hotel dari tahun ke tahun di Kota Bandung menunjukan grafik penurunan. Pada 2017 angka hunian dapat mencapai 70 persen, namun tahun ini, PHRI mendapat laporan hanya sekitar 60-65 persen.

Ia menduga penurunan ini akibat kejenuhan para wisatawan baik dari nusantara maupun mancanegara datang ke Kota Bandung. Mereka tidak menemukan sesuatu hal yang baru ketika berwisata ke Kota Bandung.

"Bisa kita lihat penerbangan dulu dari Kuala Lumpur ke Bandung bisa tiga kali, sekarang tinggal 1,5 kali. Singapura dulu lima kali sekarang dua kali," kata dia.

Menurutnya, agar bisnis hunian kembali menggeliat, perlu adanya promosi pariwisata baru yang dapat ditawarkan pemerintah daerah. Bandung yang dikenal sebagai kota pariwisata dan kuliner harus lebih didorong sebagai destinasi unggulan.

Apabila dibandingkan dengan provinsi maupun daerah lain, Jabar khususnya Kota Bandung tertinggal dalam hal promosi. Kata Herman, provinsi maupun daerah lain melakukan promosi dengan menyasar langsung ke wilayah-wilayah lainnya yang ada di Indonesia.

"Kemudian kita harus melakukan program promosi yang terarah. Wisnus sangat kita andalkan, kalau Wisman sudah sangat sulit. Wisnus jadi pasar besar dan Bandung jadi perhatian mereka," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Sabang

Selasa, 26 Maret 2019 - 10:00 WIB

Tingkatkan Industri Pariwisata, Sabang Aceh Segera Miliki Bandara Internasional

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya mengaku siap memfasilitasi dan akan mendukung pembangunan Bandar Udara Internasional di Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Siti Badriah, Video Klip Lagu Lagi Syantiknya telah ditonton 482 jtua kali

Selasa, 26 Maret 2019 - 09:03 WIB

Tepat Setahun Lagu ‘Lagi Syantik’ Siti Badriah Ditonton 482 Juta kali

epat satu tahun lalu, tepatnya 22 Maret 2018, penyanyi dangdut Siti Badriah lewat kanal youtube milik Nagaswara Music mengeluarkan single lagu Lagi Syantik lewat. Lagu itu langsung menjadi viral.…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 26 Maret 2019 - 09:00 WIB

Garuda Indonesia Gunakan A330 Rute Jakarta-Nagoya Jepang

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia resmi melayani rute penerbangan langsung Jakarta-Nagoya pp dengan menggunakan pesawat jenis Airbus 330 berkapasitas 222 tempat duduk yang terdiri…

Legenda Musik, Erros Djarot luncurkan single terbaru menyambut Pemilu

Selasa, 26 Maret 2019 - 08:34 WIB

Erros Djarot Gelisah Maka Lahirlah ‘1 & 2 Bukan Segalanya’

Seniman sekaliber Erros Djarot ternyata menyimpan kegelisahan yang sangat mendalam atas kondisi bangsa kita dalam menghadapi pemilu presiden yang semakin dekat. Kegelisahannya itu akhirnya ia…

Dirut Telkom Alex J Sinaga dan Menteri BUMN Rini Soemarmo saat moment the nex IndiHome

Selasa, 26 Maret 2019 - 08:29 WIB

Pelanggan IndiHome Capai 5,5 Juta Rumah

Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia TBK (Telkom) menyebutkan jumlah pelanggan IndiHome mencapai 5,5 juta pelanggan. Jaringan Telkom untuk memperkuat ekspansi IndiHome, sudah tersebar dari…