Ini 7 Makanan yang Baik Bagi Kesehatan

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 19 Januari 2017 - 17:15 WIB

Ilustrasi Makanan Sehat (Christine Birkett/EyeEm/Getty Images)
Ilustrasi Makanan Sehat (Christine Birkett/EyeEm/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Olahraga saja sebenarnya tidak cukup untuk tubuh, kita harus ada asupan yang baik untuk tubuh. Makanan dan Minuman yang biasa kita konsumsi, belum tentu asuapan yang baik untuk tubuh kita. Beberapa makanan dan minuman mempunyai nutrisi ataupun vitamin yang terkandung di dalamnya. Tak hanya menyehatkan, jika Anda mengkonsumsinya tiap hari, ini akan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar terhindar dari penyakit.

Melansir dari liputan6.com, Ahli gizi, Susie Burrell mengungkapkan  makanan dan minuman yang wajib dikonsumsi karena memiliki gizi baik, seperti dikutip SMH berikut makanan dan minuman yang baik dikonsumsi tiap harinya.

1.Teh Hijau
Teh hijau sudah lama dikenal sebagai minuman yang sangat menyehatkan, kandungan yang terkandung di dalamnya yaitu antioksidan alamai yang sangat kuat, disebut dengan polifenol. Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker serta meningkatkan metabolisme lemak.

2.Buah Berry
Banyak sekali jenis buah berry, seperti, strawberry, blueberry, blackberry semuanya baik dikonsumsi. Tidak hanya rendah kalori, tetapi buah berry ini mengandung konsentrasi tertinggi yaitu antioksidan serta jumlah serat yang baik dan sejumlah vitamin penting termasuk vitamin C. Selain antioksidan, bah berry juga mengandung serat serta vitamin juga loh!

3.Paprika merah
Paprika merah termasuk jenis cabai, karena kandungan yang terdapat di cabai juga termasuk ada di dalam paprika merah. Paprika mengandung vitamin C yang tinggi serta sumber karotenoid. Sebuah penelitian menyebutkan, individu yang rutin mengonsumsi karotenoid selama hidup mereka risiko kematiannya lebih rendah karena terhindari dari penyakit jantung, kanker dan stroke.

4.Probiotik
Probiotik yang ini berbeda dengan bakteri yang terdapat pada penyakit, probiotik adalah bakteri atau jamur yang dapat mendukung sistem pencernaan. Probiotik ini, yang biasanya ditemukan di yoghurt adalah mikro-organisme alami yang dapat memperbaiki saluran pencernaan manusia dengan meningkatkan keseimbangan bakteri sehat di dalam usus. Probiotik dipercaya mengurangi gejala pencernaan seperti, sembeli dan kembung serta emulihkan flora usus setelah mengkonsumsi antibiotik dan membantu menyeimbangkan bakteri yang diperlukan untuk penyerapan nutrisi yang optimal.

5.Ikan
Banyak sekali jenis ikan di pasaran karena, ikan mengandung banyak nutrisi seperti, Asam lemak Omega-3, vitamin D dan B2 (riboflavin), kalsium, fosfor, dan mineral seperti, zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium. Khususnya seperi tuna dan salmon, karena mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan yang dapat mengurangi trigliserida, tekanan darah dan proses inflamasi dalam tubuh.

6. Sup Sayur
Banyak jenis sup sayur, dengan bahan-bahan yang beda. Sebuah studi dari The Pennsylvania State University menunjukkan bahwa jika Anda mengkonsumsi sup sayuran, 25 persen lebih sedikit kalori yang Anda terima, dan mengurangi berbagai macam resiko penyaki.

7. Tomat dan Brokoli
Tomat dan brokoli termasuk sayur-sayuran yang membuat tubuh kita sehat. Kandungan yang terdapat dalam tomat kaya akan vitamin C dan beta karoten. Suatu penelitian menyebutkan tomar jika dimasak justru mengandung lycopene yang tinggi sehingga diklaim bisa mengurangi risiko kanker pada perut dan kanker pankreas. Sedangkan, brokoli sayuran yang mengandung folat, lutein antioksidan yang dapat menunda perkembangan degenerasi makula (AMD) dan fitokimia yang disebut sulphoraphane, yang memiliki sifat anti-kanker tertentu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…