Jumat Agung, Gereja Katedral Tampilkan Visualisasi Jalan Salib

Oleh : Herry Barus | Jumat, 30 Maret 2018 - 13:43 WIB

Gereja Katedral Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)
Gereja Katedral Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gereja Katedral Jakarta menampilkan visualisasi Jalan Salib yang diperagakan oleh belasan Orang Muda Katolik (OMK) pada rangkaian Ibadah Jumat Agung 2018, Jumat (30/3/2018)

Pada Ibadah Jumat Agung 2017, Gereja Katedral menyuguhkan aksi teatrikal dalam bentuk Tablo yang dilaksanakan di dalam gedung gereja, kata Humas Gereja Katedral Susyana Suwadie saat ditemui di Gereja Katedral.

"Kalau tahun sebelumnya Jalan Salib dalam bentuk Tablo, tapi tahun ini kami ingin sesuatu yang baru melalui visualisasi di empat belas titik sekitar Gereja," kata Susy.

Dalam visualisasi tersebut, ketiga belas OMK menuyuguhkan adegan-adegan prosesi Jalan Salib yang mengajak jemaat untuk turut merenungkan kesengsaraan dari wafat Kristus. Sejumlah adegan juga turut diiringi nyanyian.

Visualisasi Jalan Salib memakan waktu sekitar satu jam dan diikuti oleh sekitar 1.500 orang.

Jalan Salib menjadi awal dari Upacara Jumat Agung sebagai rangkaian Tri Hari Suci. Jumat Agung merupakan perayaan dalam mengenang sengsara Kristus.

Jumat Agung dibagi dalam tiga rangkaian kegiatan, yakni Ibadat Sabda di mana jemaat merenungkan kesengsaraan Kristus, dilanjutkan dengan Penghormatan Salib. Seluruh umat akan dipersilakan mencium Salib satu persatu.

Setelah itu, Umat akan diberikan Komuni sebagai bentuk bahwa warisan yang ditinggalkan Kristus dalam perjamuan terakhir-Nya.

Upacara Jumat Agung ini dibagi dalam empat jadwal. Jadwal pertama Jalan Salib, kemudian Ibadat I pada pukul 12.00 WIB dipimpin oleh Rm. Markus Yumartana dan Rm. Joannes Maryana, Ibadat II pukul 15.00 WIB dipimpin oleh Rm. Albertus Hani Rudi dan Ibadat III pada pukul 18.00 WIB dipimpin Rm. Alexius Andang Listya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…