Jumat Agung, Gereja Katedral Tampilkan Visualisasi Jalan Salib

Oleh : Herry Barus | Jumat, 30 Maret 2018 - 13:43 WIB

Gereja Katedral Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)
Gereja Katedral Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gereja Katedral Jakarta menampilkan visualisasi Jalan Salib yang diperagakan oleh belasan Orang Muda Katolik (OMK) pada rangkaian Ibadah Jumat Agung 2018, Jumat (30/3/2018)

Pada Ibadah Jumat Agung 2017, Gereja Katedral menyuguhkan aksi teatrikal dalam bentuk Tablo yang dilaksanakan di dalam gedung gereja, kata Humas Gereja Katedral Susyana Suwadie saat ditemui di Gereja Katedral.

"Kalau tahun sebelumnya Jalan Salib dalam bentuk Tablo, tapi tahun ini kami ingin sesuatu yang baru melalui visualisasi di empat belas titik sekitar Gereja," kata Susy.

Dalam visualisasi tersebut, ketiga belas OMK menuyuguhkan adegan-adegan prosesi Jalan Salib yang mengajak jemaat untuk turut merenungkan kesengsaraan dari wafat Kristus. Sejumlah adegan juga turut diiringi nyanyian.

Visualisasi Jalan Salib memakan waktu sekitar satu jam dan diikuti oleh sekitar 1.500 orang.

Jalan Salib menjadi awal dari Upacara Jumat Agung sebagai rangkaian Tri Hari Suci. Jumat Agung merupakan perayaan dalam mengenang sengsara Kristus.

Jumat Agung dibagi dalam tiga rangkaian kegiatan, yakni Ibadat Sabda di mana jemaat merenungkan kesengsaraan Kristus, dilanjutkan dengan Penghormatan Salib. Seluruh umat akan dipersilakan mencium Salib satu persatu.

Setelah itu, Umat akan diberikan Komuni sebagai bentuk bahwa warisan yang ditinggalkan Kristus dalam perjamuan terakhir-Nya.

Upacara Jumat Agung ini dibagi dalam empat jadwal. Jadwal pertama Jalan Salib, kemudian Ibadat I pada pukul 12.00 WIB dipimpin oleh Rm. Markus Yumartana dan Rm. Joannes Maryana, Ibadat II pukul 15.00 WIB dipimpin oleh Rm. Albertus Hani Rudi dan Ibadat III pada pukul 18.00 WIB dipimpin Rm. Alexius Andang Listya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Jelang Pembukaan Asian Games, Telkom Pantau Kesiapan Infrastruktur dan Layanan

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi milik TelkomGroup siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan…

Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Pebisnis Wisata Yakin Kunjungan 17 Juta Turis Tercapai, Ini Alasannya

Kalangan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pariwisata optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.…

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:40 WIB

Kadin Ajak Pengusaha Konversikan Hasil Ekspor ke Rupiah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah dan Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30 WIB

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPR 2018

Jakarta - Berikut disampaikan versi lengkap pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD…

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:29 WIB

Pelindo III Incar Pemasok Air Bersih di Kawasan Industri Bersih dan Terminal Pelabuhan

Pelindo III terus mengeksplorasi berbagai potensi pasar di luar bisnis utamanya sebagai operator pelabuhan dan properti. Kini BUMN tersebut mulai mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih…