Ketua OJK Apresiasi Jawara Financial Award 2018

Oleh : Wiyanto | Jumat, 30 Maret 2018 - 06:27 WIB

Wimboh Santoso
Wimboh Santoso

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  mengapresiasi Warta Ekonomi yang telah menginisiasi adanya penghargaan terhadap sejumlah perusahaan jasa keuangan. Apresiasi kepada perusahaan-perusahaan di sektor jasa keuangan menjadi salah satu langkah untuk mendukung pertumbuhan industri perbankan, asuransi, dan pembiayaan agar berkembang lebih massive.

“Saya mengapresiasi Warta Ekonomi yang menyelenggarakan penghargaan kepada  jawara financial,” kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso di Jakarta, Kamis (29/3/2018) malam.

Sektor jasa keuangan menjadi salah satu sektor yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia. Tidak hanya sebagai penyedia dana bagi kegiatan produksi atau pun konsumsi, sektor jasa keuangan juga menjadi media bagi penyimpanan kekayaan masyarakat. Dengan perannya yang dominan di tengah maraknya inovasi produk keuangan, kinerja sektor ini akan turut menentukan naik turunnya kegiatan ekonomi di Indonesia.

Industri perbankan, asuransi, maupun pembiayaan diprediksi memiliki pertumbuhan yang positif di tahun 2018. Maraknya inovasi baru yang didorong perkembangan teknologi yang pesat dan diikuti oleh perubahan perilaku konsumen membuat persaingan di industri keuangan semakin ketat. Inovasi dalam produk dan jasa yang mampu menarik hati dan sesuai dengan kebutuhan konsumen menjadi kata kunci dalam mempertahankan konsumen yang ada serta menggaet konsumen baru.

“Patut dipertimbangkan. Ini adalah produk jasa keuangan yang bermanfaat baik service, harga murah, transparan. Disamping itu masyarakat dilindugi, maka dipertimbangan mana yang dapat award oleh Warta Ekonomi,” katanya.

Warta Ekonomi Jawara Finansial Award 2018 adalah suatu penghargaan yang diberikan Warta Ekonomi sebagai bentuk apresiasi kepada produk-produk perusahaan finansial terbaik di Indonesia. Produk terbaik adalah produk yang memiliki keunggulan sehingga menjadi pilihan utama para konsumennya. Ada 46 perusahaan jasa keuangan yang mendapatkan  pemenang Warta Ekonomi Jawara Finansial Award 2018

Dalam menentukan Jawara Finansial, Warta Ekonomi melakukan serangkaian kegiatan riset melalui survey kepada pengguna produk finansial di Indonesia. Konsep yang digunakan adalah melalui pendekatan brand equity. Warta Ekonomi bekerja sama dengan Jakpat, sebuah perusahaan riset dengan platform mobile online di Indonesia. Survei dilakukan kepada konsumen bank, asuransi, dan multifinance dalam panel responden Jakpat menggunakan aplikasi mobile dengan jumlah kumulatif responden sebanyak 6.000 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

Indikator-indikator utama yang menjadi penilaian Warta Ekonomi dalam pemilihan jawara finansial 2018 adalah:

  • Awarness Produk Finansial: pengenalan konsumen terhadap merek produk finansial. Kami mengukur bagaimana merek suatu produk finansial dikenali oleh konsumen pengguna produk finansial secara keseluruhan.
  • Brand Used Most Often: untuk mengetahui produk apa saja yang sering digunakan oleh konsumen produk finansial. Indikator ini digunakan untuk mengetahui penggunaan dan pola perilaku konsumen dalam mengonsumsi atau menggunakan suatu produk finansial.
  • Brand Satisfaction: penilaian kepuasan konsumen kepada sebuah brand produk finansial yang menggambarkan puas tidaknya konsumen terhadap produk yang mereka gunakan.
  • Net Promoter Score (NPS): mengetahui seberapa besar kemungkinan konsumen produk keuangan merekomendasikan merek dan produk finansial yang mereka gunakan kepada relasi mereka.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…