Hotel Cirebon Didominasi untuk Kepentingan Rapat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 25 November 2016 - 10:35 WIB

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Cirebon, Jawa Barat, Dana Kartiman
Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Cirebon, Jawa Barat, Dana Kartiman

INDUSTRY.co.id - Cirenon- Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Cirebon, Jawa Barat, Dana Kartiman mengatakan untuk saat ini hotel yang ada hanya didominasi kepentingan rapat, sedangkan wisata sendiri tidak terlalu besar.

"Tingkat hunian juga baru sekadar untuk rapat saja dan wisatawan juga kurang banyak yang menginap di sini," kata Dana kepada Antara di Cirebon, Rabu. (23/11)

Menurutnya mayoritas pengunjung hotel merupakan orang-orang yang memiliki kepentingan atau kegiatan semacam rapat dan sebagainya, dibandingkan dengan wisata.

Pihaknya juga mencatat, pengunjung hotel meyoritas berasal dari Jakarta dan untuk menginapnya sendiri kurang dari 1,5 hari.

"Rata-rata mereka hanya menginap 1,5 hari saja, berbeda dengan di Bali dan Jogja, kalau Bali 4,5 hari dan Jogja itu 3 hari, karena kepentingannya wisata," tuturnya.

"Kami mencatat kepentingannya untuk kegiatan hampir 60 persen, sisanya wisata kuliner dan belanja dan wisatawan yang berkunjung di luar wilayah Cirebon," lanjutnya.

Ia menambahkan pihaknya kerap menerima laporan dari para wisatawan, terkait keamanan, kemacetan dan kebersihan kota.

"Sekarang ini kota juga semakin macet, dikarenakan lahan parkir yanh sempit dan itu menjadi pekerjaan sendiri untuk menata dan memberikan kenyamanan bagi para wisatawan," tambahnya. (Hrb) 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hotel di Bali (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Maret 2019 - 21:00 WIB

Seiring Membaiknya Industri Perhotelan, Permintaan di Bali Meningkat

Bank Indonesia (BI) memprediksi pasokan dan permintaan hotel di Bali akan mengalami peningkatan pada tahun ini seiring dengan perkiraan membaiknya perekonomian, khususnya pada sektor pariwisata.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meresmikan Future Digital Lab di Institut Teknologi Bandung (ITB)

Senin, 18 Maret 2019 - 20:30 WIB

Masuki Industri 4.0, Kemenperin Dorong Tumbuhnya Pusat Inovasi

Kementerian Perindustrian terus mendorong inovasi sebagai elemen penting dari Revolusi Industri 4.0. Upaya tersebut merupakan implementasi Peta Jalan Making Indonesia 4.0 sehingga Indonesia…

Nias Selatan Open Surfing Contest di Pantai Sorake, Sumatera Utara (Foto:mediarajawalinewsonline)

Senin, 18 Maret 2019 - 20:00 WIB

Sail Nias Ajang Populerkan Surga Peselancar Dunia

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menyatakan Sail Nias 2019 diharapkan dapat menjadi ajang memopulerkan Nias sebagai surga bagi peselancar dunia.

Singapore Airlines (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Maret 2019 - 19:00 WIB

Dapatkan Poin Miles Melalui Dompet Digital Sia Krispay

Mulai hari ini, anggota KrisFlyer dapat menghasilkan KrisPay miles secara instan ketika mereka berbelanja di berbagai toko di Singapura, berkat peningkatan terbaru pada aplikasi KrisPay.

Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

Senin, 18 Maret 2019 - 18:21 WIB

Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk - Tangerang Mill (Indah Kiat Tangerang), membantu warga Tangerang Selatan untuk meningkatkan kualitas pengembangan…