Hotel Cirebon Didominasi untuk Kepentingan Rapat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 25 November 2016 - 10:35 WIB

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Cirebon, Jawa Barat, Dana Kartiman
Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Cirebon, Jawa Barat, Dana Kartiman

INDUSTRY.co.id - Cirenon- Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Cirebon, Jawa Barat, Dana Kartiman mengatakan untuk saat ini hotel yang ada hanya didominasi kepentingan rapat, sedangkan wisata sendiri tidak terlalu besar.

"Tingkat hunian juga baru sekadar untuk rapat saja dan wisatawan juga kurang banyak yang menginap di sini," kata Dana kepada Antara di Cirebon, Rabu. (23/11)

Menurutnya mayoritas pengunjung hotel merupakan orang-orang yang memiliki kepentingan atau kegiatan semacam rapat dan sebagainya, dibandingkan dengan wisata.

Pihaknya juga mencatat, pengunjung hotel meyoritas berasal dari Jakarta dan untuk menginapnya sendiri kurang dari 1,5 hari.

"Rata-rata mereka hanya menginap 1,5 hari saja, berbeda dengan di Bali dan Jogja, kalau Bali 4,5 hari dan Jogja itu 3 hari, karena kepentingannya wisata," tuturnya.

"Kami mencatat kepentingannya untuk kegiatan hampir 60 persen, sisanya wisata kuliner dan belanja dan wisatawan yang berkunjung di luar wilayah Cirebon," lanjutnya.

Ia menambahkan pihaknya kerap menerima laporan dari para wisatawan, terkait keamanan, kemacetan dan kebersihan kota.

"Sekarang ini kota juga semakin macet, dikarenakan lahan parkir yanh sempit dan itu menjadi pekerjaan sendiri untuk menata dan memberikan kenyamanan bagi para wisatawan," tambahnya. (Hrb) 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:32 WIB

OJK Optimis Pertumbuhan Kredit 12 Persen di 2018

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas target pertumbuhan ekonomi 5,4% yang ditetapkan Pemerintah di tahun 2018, OJK memperkirakan kredit dan Dana Pihak Ketiga perbankan berpotensi untuk…

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:00 WIB

Kredit Perbankan Tumbuh 8,3 Persen Sepanjang 2017

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan intermediasi lembaga jasa keuangan juga mengalami pertumbuhan sejalan kinerja perekonomian domestik.

Wimboh Santoso Ketua Dewan Komisioner (Foto Anto)

Kamis, 18 Januari 2018 - 21:17 WIB

Ini Komitmen OJK Jaga Stabilitas Keuangan

Jakarta-OJK memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan peran sektor jasa keuangan dalam memacu pertumbuhan dengan tetap menjaga kesinambungan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:45 WIB

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace Dorong Perkembangan Industri Fintech

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) meresmikan kemitraannya dengan UnionSpace untuk mendorong perkembangan industri teknologi finansial (tekfin) melalui penyediaan Fintech Space, yang merupakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:25 WIB

Menperin: Indonesia Termasuk Pemain Industri Manufaktur Sarana Kereta Api Terbesar di Asia Tenggara

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia saat ini termasuk salah satu pemain industri manufaktur sarana kereta api terbesar di Asia Tenggara. Produk industri kereta api…