Tiga Kawasan Industri Wilayah Timur Siap Beroperasi

Oleh : Herry Barus | Kamis, 19 Januari 2017 - 04:08 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta Tiga kawasan industri (KI) wilayah Indonesia timur seperti Konawe di Sulawesi Tenggara, Bitung di Sulawesi Utara, dan Palu di Sulawesi Tengah siap beroperasi pada tahun ini.

"Kawasan industri Palu akan difokuskan pada pengolahan karet dan minyak astiri, Konawe untuk smelter nikel, dan Bitung untuk industri farmasi berbasis herbal," kata Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri (PPI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Imam Haryono di Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Pembangunan kawasan industri, menurut Imam, masih terkendala pembangunan infrastruktur terutama untuk kawasan industri Bitung dan Palu yang masih minim infrastruktur dasar seperti jalan, listrik, atau air baku.

"Dibutuhkan investasi yang sangat besar untuk membangun sebuah kawasan industri, untuk kawasan di luar Jawa, belum banyak yang berminat. Pemerintah harus memberikan insentif bagi industri yang mau berinvestasi di kawasan, baik sebagai tenant atau infrastruktur pendukung agar pengembangan kawasan industri bisa berjalan dan menarik lebih banyak investasi," papar dia.

Insentif yang diberikan pemerintah seperti pembebasan bea masuk atas impor mesin dan atau barang dan bahan keperluan industri, PPh penanaman modal, pengurangan PPh Badan dan pembebasan PPN atas impor.

Insentif tersebut diharapkan bisa melancarkan pembangunan 14 kawasan industri di luar pulau Jawa.

Adalah fakta, keberadaan Industri di dalam Kawasan Industri akan membantu pemerintah dalam pengaturan pertumbuhan industri dalam satu hamparan, sehingga industri tumbuh dalam penataan yang teratur dengan baik serta tidak sporadis, melalui master plan Kawasan Industri yang telah disahkan oleh pemerintah di masing-masing daerah operasi.

Saat ini, baru sekitar 40% industri yang beroperasi di dalam kawasan, sementara sisanya masih beroperasi di luar kawasan industri. Kita terus berupaya untuk meningkatkan jumlah industri yang masuk kawasan, ujar Imam Haryono Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Kemenperin kepada Industry.co.id, di sela-sela acara Pengukuhan Kepengurusan Himpunan Kawasan Industri (HKI) di Hotel Grand Melia, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dengan beroperasi di dalam kawasan, industri akan mampu meningkatkan efisiensi, produktivitas dan merasakan kemudahan penyediaan infrastruktur, dan hal ini juga sesuai dengan amanah undang-undang tentang Perindusterian.

Banyak keuntungan yang didapat didalam kawasan, seperti, insentif pajak dan kepabeanan, keamanan, kemudahan ijin dan banyak lainnya. Dan hal ini ada di dalam (UU) Nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian, yang mewajibkan semua kegiatan industri dilakukan didalam kawasan, ucapnya.

Senada dengan Imam, Sanny Iskandar, yang untuk kedua kalinya dikukuhkan sebagai Ketua Umum HKI periode 2016-2020 (sebelumnya 2012-2016-Red) juga menyampaikan bahwa HKI terus mendorong dan mensosialisasikan Peraturan Pemerintah yang mewajibkan industri berada didalam kawasan industri.

HKI turut andil dalam perkembangan kawasan industri. Kita terus mengajak industri baru untuk berlokasi di kawasan industri , mensosialisasikan manfaat berkegiatan didalam kawasan, dan turut mendorong kemudahan investasi di kawasan industri, ucapnya. (Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…