Bank BTN Secara Resmi Buka Acara BTN Mortgtech Hackaton di Jakarta

Oleh : Abraham Sihombing | Sabtu, 24 Maret 2018 - 20:18 WIB

Bank BTN Secara Resmi Buka Acara BTN Mortgtech Hackaton di Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)
Bank BTN Secara Resmi Buka Acara BTN Mortgtech Hackaton di Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN secara resmi membuka acara BTN Mortgtech Hackathon yang akan berlangsung selama dua hari, yaitu pada 24-25 Maret 2018. Acara BTN Mortgtech Hackathon adalah wujud partisipasi Bank BTN dalam Program Satu Juta Rumah yang dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

“Melalui ajang BTN Mortgtech Hackathon, para peserta diharapkan dapat menghasilkan produk teknologi terbaik yang mampu memberikan solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat, khususnya dalam bidang pembiayaan perumahan dan KPR,” ujar Budi Satria, Direktur Consumer Banking Bank BTN, dalam Pembukaan BTN Mortgtech Hackathon di Jakarta, Sabtu (24/03/2018).

Budi mengemukakan, melalui ajang ini, Bank BTN memberikan kesempatan bagi para peserta untuk ikut berkontribusi bagi bangsa, serta membangun masyarakat yang cerdas sesuai dengan tagline BTN Mortgtech, yaitu Build the Smart Community.

Acara Pembukaan BTN Mortgtech Hackathon tersebut turut dihadiri oleh Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI, Semuel Abrijani Pangerapan. Semuel juga menyampaikan pandangannya terhadap acara BTN Mortgtech tersebut, serta keterkaitannya dengan program 1.000 Startup yang dimiliki Kemenkominfo.

Sementara itu Purwa Riadi, IT Srategic Planning and Development Division Head Bank BTN menambahkan, BTN Mortgtech adalah ajang kompetisi mortgage technology (teknologi yang mendukung KPR) pertama di Indonesia, sekaligus sebagai bentuk nyata transformasi digital Bank BTN.

Menurut Purwa, sebelum hackathon dimulai, Bank BTN telah melakukan meetup roadshow dan ideation day di tiga kota, yaitu Jakarta pada 27 Februari 2018, Malang pada 6 Maret 2018 dan Yogyakarta pada 8 Maret 2018.

Purwa menuturkan, ajang ideation day dan meetup roadshow diselenggarakan untuk membuka wawasan masyarakat, terutama para calon peserta hackathon mengenai kondisi bisnis properti di Indonesia, serta tantangan yang dihadapi selama ini.

“Ajang ini diharapkan dapat menggugah inspirasi bagi para peserta untuk memberikan solusi atas tantangan-tantangan tersebut lewat produk teknologi yang nantinya mereka kembangkan,” tukas Purwa.

Dalam ajang mortgtech hackathon ini, peserta mengirimkan ide secara online lewat situs btnhackathon.id dan telah terkumpul sebanyak 225 ide. Dari 225 ide tersebut, telah terpilih 43 ide yang kemudian dilombakan pada acara hackathon hari ini.

Para peserta akan berjuang selama 24 jam untuk menghasilkan produk teknologi terbaik. Mereka juga memperebutkan hadiah uang tunai senilai total 100 juta rupiah, kesempatan terbang ke Sillicon Valley, dan mengikuti Acceleration Program dari Plug and Play Indonesia. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:27 WIB

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Dalam rangka Ramadan, sekaligus sebagai rangkaian peringatan HUT ke-54 pada tanggal 1 Juli 2024 mendatang, PT Jamkrindo melakukan kegiatan Safari Ramadan di beberapa daerah. Dalam kegiatan Safari…

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Biaya Kuliah Tinggi, Pinjaman Pendidikan Jadi Solusi?', Senin (18/3).

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Wow! Kabar Baik bagi Mahasiswa yang tidak mendapatkan KIP, Pemerintah Bakal Siapkan Pinjaman Lunak Tanpa Bunga

Jakarta, FMB9 - Pemerintah tengah mengkaji pinjaman sangat lunak untuk mahasiswa sebagai solusi pendanaan pendidikan di perguruan tinggi. Masih belum terjangkaunya biaya pendidikan tinggi bagi…

Menteri Basuki Tegaskan Komitmen Kementerian PUPR Gunakan Produk Dalam Negeri

Selasa, 19 Maret 2024 - 06:15 WIB

Menteri Basuki Tegaskan Komitmen Kementerian PUPR Gunakan Produk Dalam Negeri

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terus mendorong pemanfaatan produk dalam negeri dalam pembangunan infrastruktur di Kementerian PUPR.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kanan) berinteraksi dengan pelanggan GraPARI TelkomGroup Medan dalam rangkaian acara Safari Ramadan sebagai bagian dari program TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idul Fitri) 2024 di Medan, beberapa waktu lalu.

Selasa, 19 Maret 2024 - 05:33 WIB

Safari Ramadan 1445 H TelkomGroup: Tinjau Kesiapan Infrastruktur Layanan Telekomunikasi dan Salurkan Bantuan CSR

Bersamaan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali melaksanakan kegiatan tahunan Safari Ramadan sebagai bagian dari program TelkomGroup…

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan Dankodiklat TNI

Selasa, 19 Maret 2024 - 05:33 WIB

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan Dankodiklat TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI, dari Letjen TNI Eko Margiyono kepada…