Soal Survey Paslon Jabar, Pakar : Yang Surveynya Tinggi Belum Tentu Baik

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 24 Maret 2018 - 14:48 WIB

Emrus Sihombing, Pakar Komunikasi dan Politik Universitas Pelita Harapan (Foto Istimewa)
Emrus Sihombing, Pakar Komunikasi dan Politik Universitas Pelita Harapan (Foto Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Berbagai lembaga survey telah mengeluarkan hasil surveynya terhadap keempat pasangan Cagub-Cawagub Jawa Barat 2018, terkait potensi untuk memenangkan kursi nomor satu di Jawa Barat. Hampir semua survey menempatkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul sebagai pemenang dan  TB Hasanuddin (Kang Hasan) dan Anton Charliyan (Kang Anton) sebagai paslon yang memiliki poling terendah dari ketiga paslon lainnya.

Meski begitu, Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing mengatakan, hasil survey yang beredar tidak bisa dijadikan jaminan kemenangan oleh para pasangan calon. Menurutnya, hasil survey yang diberikan kepada masyarakat hanya bersifat sesaat dan tidak dilakukan secara mendalam. Sehingga, hal tersebut tidak bisa menjadi penentu kemenangan.

"Tidak ada jaminan menang dari hasil survey, karena itu potret sesaat. Itu (Survey) tidak bisa dijadikan pegangan mutlak dalam menentukan pemenangnya," ungkapnya saat dihubungi via telepon, Jumat (23/3/2018).

Emrus yang juga Dosen Pascasarjana Universitas Pelita Harapan (UPH) menilai, seharusnya para surveyor tidak hanya memberi tahu hasil survey nya, tetapi juga memaparkan metodologi yang digunakan. Metodologi tersebut, lanjut Emrus, menentukan kualitas dan keabsahan hasil survey tersebut.

"Selain itu, kita harus tahu Pembiayanya siapa, apakah dari kelompok yang netral, itu semua harus dibongkar ke publik agar masyarakat tahu," paparnya.

Emrus menambahkan, hasil survey bisa menjadi penggiring opini masyarakat dalam menentukan pilihan. Oleh karenanya Ia menghimbau, agar masyarakat Jawa Barat lebih jeli dalam menentukan calon pemimpinnya. Menurutnya, yang paling penting adalah memilih pemimpin Jawa Barat berdasarkan sosok dan program yang bisa menjadi solusi bagi permasalahan di Jawa Barat, bukan berdasarkan hasil survey.

"Mana program yang bisa menjadi solusi bagi rakyat Jawa Barat, maka itulah yang harus dipilih oleh masyarakat Jabar. Bukan berarti mereka yang tingkat surveynya lebih baik otomotis baik programnya, belum tentu," tegasnya.

Terkahir, Emrus berpesan kepada para paslon, untuk tidak terlena dengan hasil survey dan tetap bekerja keras untuk memenangkan hati rakyat. Dengan cara mendekati dan merangkul rakyat secara langsung baik _door to door_ maupun dibantu melalui sosial media. Selain itu, para calon menjelaskan secara langsung program kepada kepada masyarakat Jawa Barat.

"Program yang ditawarkan program yang sifatnya terukur dan menjawab persoalan masyarakat, tidak hanya konseptual dan retorika," pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…