NU: Kebudayaan Indonesia Mulia dan Bermartabat

Oleh : Dina Astria | Sabtu, 24 Maret 2018 - 13:28 WIB

- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (Foto Ist)
- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) Said Aqil Siroj mengatakan kebudayaan Indonesia adalah budaya yang mulia dan bermartabat.

"Banyak hal-hal yang dimiliki budaya Indonesia tetapi tidak dimiliki budaya lain. Seperti hormat kepada orang yang lebih tua dan lain ya," kata Said Aqil diKantor PBNU, Jakarta, Jumat (23/3/2018)

Dia mengimbau masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga keutuhan budaya.

"Boleh belajar ke Arab, pulang ke Indonesia bawa ilmunya saja tidak usah budayanya. Boleh belajar ke Amerika tetapi saat pulang ke Indonesia bawa ilmunya saja tidak usah bawa budayanya," kata Said Aqil kepada awak media.

Dia mengatakan NU yang mengusung Islam Nusantara dan masyarakat Indonesia tetap bisa menjalankan perintah agama tanpa harus meninggalkan budayanya. Selama budaya teraebut tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

Menurut dia Islam Nusantara bukanlah paham atau aliran baru, namun Islam Nusantara adalah tipologi di mana perdamaian adalah salah satu cirinya.

Dia mengatakan Islam di Indonesia adalah Islam yang damai dan dapat hidup berdampingan dengan siapapun.

Said Aqil mengimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menciptakan perdamaian, kesejukan dan kenyamanan bagi semua.

"Tunjukkan bahwa kita bangsa yang bermartabat, tunjukkan bangsa kita adalah bangsa yang mulia dan bermartabat dengan tetap menjaga kerukunan," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:12 WIB

Gubernur Maluku Utara Dorong Pulau Morotai Jadi Lumbung Ikan

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba mendorong Pulau Morotai menjadi lumbung ikan.