NU: Kebudayaan Indonesia Mulia dan Bermartabat

Oleh : Dina Astria | Sabtu, 24 Maret 2018 - 13:28 WIB

- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (Foto Ist)
- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) Said Aqil Siroj mengatakan kebudayaan Indonesia adalah budaya yang mulia dan bermartabat.

"Banyak hal-hal yang dimiliki budaya Indonesia tetapi tidak dimiliki budaya lain. Seperti hormat kepada orang yang lebih tua dan lain ya," kata Said Aqil diKantor PBNU, Jakarta, Jumat (23/3/2018)

Dia mengimbau masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga keutuhan budaya.

"Boleh belajar ke Arab, pulang ke Indonesia bawa ilmunya saja tidak usah budayanya. Boleh belajar ke Amerika tetapi saat pulang ke Indonesia bawa ilmunya saja tidak usah bawa budayanya," kata Said Aqil kepada awak media.

Dia mengatakan NU yang mengusung Islam Nusantara dan masyarakat Indonesia tetap bisa menjalankan perintah agama tanpa harus meninggalkan budayanya. Selama budaya teraebut tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

Menurut dia Islam Nusantara bukanlah paham atau aliran baru, namun Islam Nusantara adalah tipologi di mana perdamaian adalah salah satu cirinya.

Dia mengatakan Islam di Indonesia adalah Islam yang damai dan dapat hidup berdampingan dengan siapapun.

Said Aqil mengimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menciptakan perdamaian, kesejukan dan kenyamanan bagi semua.

"Tunjukkan bahwa kita bangsa yang bermartabat, tunjukkan bangsa kita adalah bangsa yang mulia dan bermartabat dengan tetap menjaga kerukunan," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…

Petani Padi (Ilustrasi)

Minggu, 18 November 2018 - 10:46 WIB

Agroekologi Bisa Jadi Solusi Pertanian Masa Depan

Agroekologi sesungguhnya memiliki kemampuan menghasilkan produksi pertanian lebih tinggi dibanding pola pertanian konvensional. Sayangnya, agroekologi masih belum mendapatkan perhatian dan dukungan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:34 WIB

KTT APEC akan Bahas Konektivitas Untuk Pertumbuhan Inklusif

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018 hari kedua, Minggu (18/11/2018) di Port Moresby, Papua Nugini, antara lain akan membahas konektivitas untuk pertumbuhan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:29 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Dewan Bisnis APEC

Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC) di Port Moresby, Papua Nugini, Sabtu (17/11/2018).