India Optimis Penerbangan Garuda Dongkrak Kunjungan Wisman

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 24 Maret 2018 - 12:54 WIB

Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)
Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Konsulat Jenderal India di Denpasar menyatakan optimistis penerbangan langsung yang dilayani Garuda Indonesia dengan rute Bali-Mumbai akan mendongkrak kunjungan wisatawan dari negara itu ke Pulau Dewata.

"Ini (penerbangan langsung) merupakan permintaan yang sudah lama dinantikan, khususnya bagi wisatawan India," kata Konsul Jenderal India Sunil Babu di Denpasar, Bali, Sabtu (24/3/2018)

Pihaknya menyambut gembira langkah maskapai penerbangan nasional Tanah Air itu merebut pangsa pasar yang saat ini semakin tumbuh signifikan.

"Pasar sudah tersedia. Saya gembira Garuda mengambil langkah pertama untuk meraih pasar itu, " ucapnya.

Diplomat senior itu mencatat kunjungan wisatawan dari India ke Bali rata-rata mencapai sekitar 800 orang per hari.

Ia bahkan menyebutkan ketika akhir tahun lalu pariwisata Bali sempat melesu dengan turunnya kunjungan wisatawan asing karena aktivitas Gunung Agung, ternyata turis dari India ke Bali justru melonjak.

Dengan demikian, ia juga mengharapkan jadwal penerbangan harian yang dibuka Garuda akan cepat menghubungkan Bali dan negeri dengan ikon Taj Mahal itu.

"Saya optimistis, tidak diragukan lagi penerbangan ini akan melancarkan akses turis India. Budaya yang sama membuat mereka tertarik ke Bali," katanya.

Garuda Indonesia siap membuka penerbangan langsung dari Bali menuju Mumbai, India yang dijadwalkan pada 23 April 2018.

Penerbangan tersebut akan dilayani dua kali dalam seminggu yakni Senin dan Kamis pukul 15.40 WITA dengan waktu tempuh sekitar tujuh jam.

Rencananya pada Mei 2018 setelah penerbangan perdana itu, maskapai BUMN tersebut berencana menambah jadwal menjadi tiga kali dalam seminggu.

Tipe pesawat yang akan digunakan untuk melayani rute potensial itu yakni Airbus A-330 seri 200 yang menampung ratusan penumpang kelas bisnis dan ekonomi.

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali seperti diilansir Antara mencatat wisman India yang mengunjungi Bali selama tahun 2017 tercatat 272.761 orang, meningkat 45,59 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Turis asal India menempati peringkat ketiga setelah China dan Australia yang memberikan kontribusi sebesar 4,79 persen dari total wisman ke Bali sebanyak 5,69 juta orang selama 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…