Tinjau Eksplorasi, Wamen ESDM Kunjungi WK Kasuri dan Fasilitas LNG Tangguh

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 24 Maret 2018 - 13:10 WIB

Wakil Menteri ESDM Kunjungi WK Kasuri
Wakil Menteri ESDM Kunjungi WK Kasuri

INDUSTRY.co.id - Sorong - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar melakukan kunjungan kerja ke Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi (WK Migas) Kasuri dan Fasilitas pengolahan gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) Tangguh di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.

Dalam kunjungannya ke WK Migas Kasuri, Wamen ESDM meninjau pekerjaan eksplorasi yang masih terus berlangsung. Seluruh produksi kondensat Genting Oil Kasuri Pte Ltd ini nantinya akan dikirimkan ke Kasim Marine Terminal di Sorong, sedangkan produksi gas yang dihasilkan seluruhnya untuk memasok pabrik petrokimia penghasil metanol yang akan dibangun di Teluk Bintuni.

"Mereka mengusulkan akan membangun pabrik petrochemical, lokasi yang akan mereka bangun di sebelah kiri dari LNG Tangguh dan seluruh produksi gas dari Genting Oil Kasuri akan disalurkan ke pabrik petrochemical tersebut," ujar Arcandra di Bandara Domine Eduard Osok, Jumat (23/3).

Saat ini, lanjut Arcandra, pihak Genting akan membangun jetty/dermaga sepanjang 5 km dari daratan menuju ke laut. "Kemarin itu lokasi yang kami tinjau adalah lokasi yang akan dibangun jetty tersebut dan membangun jetty di lokasi tersebut lebih masuk akal karena ujungnya tidak di laut lepas, sedangkan lokasi yang diusulkan sebelumnya kurang tepat karena ujungnya di laut lepas," tambah Arcandra.

Usai mengunjungi WK Migas Kasuri, rombongan langsung menuju fasilitas LNG Tangguh, salah satu proyek migas terbesar di Indonesia. LNG Tangguh saat ini memiliki 2 train LNG dengan kapasitas produksi adalah 7,6 juta ton per tahun. Saat ini sedang disiapkan pembangunan Train-3 dengan kapasitas produksi 3,8 juta ton/tahun.

"Kunjungan kerja ini dilakukan untuk melihat langsung perkembangan pembangunan Train 3 (fasilitas LNG Tangguh), sudah sampai seberapa jauh dan melihat perkembangan apakah mungkin lagi dilakukan pengembangan disekitar lokasi saat ini, karena masih memungkinkan untuk dilakukan eksplorasi lagi disekitar situ, namun untuk memastikannya harus dilakukan eksplorasi dulu," jelas Arcandra.

Arcandra juga mengungkapkan nantinya sebagian besar produksi Train 3 ini akan dipasok untuk pembangkit PT PLN (Persero). "Kita lihat secara langsung perkembangan pembangunan proyek Train 3 yang sebagian besar produksinya akan dipasok untuk PLN," pungkas Arcandra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…