Wacana Larangan Iklan Rokok di Televisi Berimbas Buruk Bagi Petani Tembakau

Oleh : Ridwan | Rabu, 18 Januari 2017 - 16:05 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Rencana Komisi I DPR RI merevisi undang-undang RUU penyiaran dengan menambahkan pasal pelarangan iklan rokok di televisi memantik keberatan dari para pelaku industri rokok.

"Industri rokok adalah penyumbang iklan televisi terbesar kelima di tahun 2016 dengan nilai Rp 6,3 triliun" terang CEO Ads Tensity, Atmaji Sapto Anggoro yang ditemui di Jakarta (18/1/2017).

Sapto menambahkan, wacana larangan iklan rokok di televisi harus dipertimbangkan. Sebab, saat ini sudah ada peraturan pemerintah yang mengatur iklan rokok di media penyiaran termasuk membatasi waktu siaran dan isi iklan.

Jika berbentuk pelarangan iklan, tak hanya produsen rokok yang terkena dampaknya, tetapi juga buruh petani tembakau hingga industri periklanan dan industri penyiaran juga akan terkena imbasnya.

Terkait hal tersebut, harus ada pembicaraan dan pertemuan antara perwakilan pemetintah dan para pelaku industri tembakau, dan para pelaku industri periklanan untuk mencari jalan keluarnya sehingga menghasilkan win-win solution.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar Sulsel

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…

 Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:24 WIB

Platform Sourcing Terbesar Industri TPT di Indonesia Hadapi Era Industri 4.0

Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:12 WIB

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Qlue bersama Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) Rl berkomitmen untuk menciptakan smart city untuk mempercepat perubahan positif mewujudkan Indonesia smart nation.

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi akan Kunjungi Korban Gempa Mataram NTB

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Martawang mengatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi korban gempa bumi…