Wacana Larangan Iklan Rokok di Televisi Berimbas Buruk Bagi Petani Tembakau

Oleh : Ridwan | Rabu, 18 Januari 2017 - 16:05 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Rencana Komisi I DPR RI merevisi undang-undang RUU penyiaran dengan menambahkan pasal pelarangan iklan rokok di televisi memantik keberatan dari para pelaku industri rokok.

"Industri rokok adalah penyumbang iklan televisi terbesar kelima di tahun 2016 dengan nilai Rp 6,3 triliun" terang CEO Ads Tensity, Atmaji Sapto Anggoro yang ditemui di Jakarta (18/1/2017).

Sapto menambahkan, wacana larangan iklan rokok di televisi harus dipertimbangkan. Sebab, saat ini sudah ada peraturan pemerintah yang mengatur iklan rokok di media penyiaran termasuk membatasi waktu siaran dan isi iklan.

Jika berbentuk pelarangan iklan, tak hanya produsen rokok yang terkena dampaknya, tetapi juga buruh petani tembakau hingga industri periklanan dan industri penyiaran juga akan terkena imbasnya.

Terkait hal tersebut, harus ada pembicaraan dan pertemuan antara perwakilan pemetintah dan para pelaku industri tembakau, dan para pelaku industri periklanan untuk mencari jalan keluarnya sehingga menghasilkan win-win solution.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Bukopin Luncurkan Aplikasi Wokee (Foto Anto/INDUSTRY.co.id)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:23 WIB

Bank Bukopin Bidik Fee Base Income Rp30 Miliar dari Wokee

Bank Bukopin membidik fee base income dari transaksi aplikasi Wokee sebanyak Rp30 miliar pada 2018. Secara resmi aplikasi Wokee dilaunching akhir pekan lalu di Bogor.

kelapa sawit

Senin, 18 Desember 2017 - 10:19 WIB

Tak Terpengaruh Kampanye Negatif, Produksi CPO Diperkirakan Capai 36,5 Juta Ton Pada Akhir Tahur

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) optimis produksi Crude Palm Oil (CPO) pada akhir tahun 2017 diperkirakan dapat mencapai 36,5 juta ton, meningkat sekitar 15,8% dibandingkan produksi CPO…

BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 (Foto:sindobatam.com)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:15 WIB

BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 Harapkan Jadi Pintu Gerbang Wisman ke Batam

Festival budaya berskala internasional, BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 yang diselenggarakan di Jalan Imam Bonjol, Nagoya, Kepulauan Riau, Batam pada Sabtu (16/12/2017). Penyelenggaraan…

PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB), William Surnata, Budikwanto Kuesar dan Edi Permadi (Foto Abe)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:10 WIB

J Resources Targetkan Tambang Emas Pani dan Doup Berproduksi pada 2019

PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) menargetkan tambang emas Pani dan Doup dapat beroperasi pada 2019. Karena itu, perusahaan pertambangan emas tersebut saat ini mulai mengembangkan kedua…

Ilustrasi Hunian Terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti Transit Oriented Development (TOD)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:06 WIB

REI: TOD Merupakan Jawaban Kebutuhan Hunian Untuk Kaum Milenial

Hunian vertikal berkonsep Transit Oriented Development (TOD) beberapa waktu belakangan sedang menjadi tren tersendiri di kalangan pengembang baik swasta maupun pemerintah.