Pilkada Sumut, Djarot-Sihar Raih DukunganTertinggi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 24 Maret 2018 - 06:20 WIB

Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus (Foto Dok Industry.co.id)
Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Lembaga survei Indo Barometer menyatakan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus meraih dukungan tertinggi dari masyarakat dalam Pilkada Sumatera Utara 2018.

"Dari simulasi yang dilaksanakan terhadap calon gubernur dan wakilnya pada Pilkada Sumut, pasangan Djarot dan Sihar memperoleh dukungan sebesar 26 persen, yang merupakan angka tertinggi," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari saat memaparkan hasil surveinya di Jakarta, Jumat (23/3/2018)

Selanjutnya, Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah berada di posisi berikutnya, yakni mendapatkan dukungan dari masyarakat sebesar 25,8 persen.

Sementara itu, pasangan Jopinus Ramli Saragih serta Ance Selian hanya memperoleh dukungan sebesar 8,4 persen.

"Pasangan Djarot dan Sihar serta Edy Rahmayadi saat ini bersaing ketat, angka dukungan kedua pasangan ini hanya beda tipis yakni sebesar 0,2 persen," kata Qodari.

Ia menjelaskan penelitian tersebut juga menyatakan bahwa Djarot merupakan kandidat yang paling dikenal oleh masyarakat Sumatera Utara. Faktor itu menjadi salah satu alasan angka dukungan terhadap Djarot-Sihar tinggi.

"Djarot pernah menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, yang ternyata membuatnya dikenal tidak hanya oleh masyarakat Ibu Kota, tetapi juga oleh Masyarakat Sumut," tutur dia.

Selain itu, Djarot juga dikenal sebagai sosok yang memiliki latar belakang bersih dari korupsi.

"Itu sejalan dengan keinginan 12,8 persen masyarakat Sumut, yang mau pemimpin daerahnya bebas dari korupsi. Hal ini mengingat beberapa waktu lalu banyak kepala daerah di Sumut yang terjaring Komisi Pemberantasan Korupsi," tutur Qodari.

Sementara itu, tujuh persen masyarakat Sumut menginginkan sosok wakil gubernur yang merupakan putra daerah.

"Faktor penguat itu dimiliki oleh Sihar Sitorus, yang merupakan putra asli daerah tersebut," kata Qodari.

Survei Indo Barometer dilaksanakan di 33 kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Utara pada 4 hingga 10 Februari 2018.

Penelitian yang menggunakan sistem wawancara tatap muka dalam mengumpulkan data ini melibatkan 800 responden dan memiliki "margin of error" sebesar 3,46 persen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…