Industri Tembakau Mampu Pekerjakan Enam Juta Orang

Oleh : Wiyanto | Jumat, 23 Maret 2018 - 17:43 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI)menyampaikan bahwa sektor tembakau dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 6 juta orang. Terbukti memberikan multiplayer effect yang signifikan dalam pembangunan Indonesia.

Ketua Umum AMTI Budidoyo mengatakan, serapan tenaga kerja terbagi tenaga kerja di hilir mencapai 4,28 juta dan hulu 1,7 juta, sehingga total 6 juta tenagakerja pada industry tembakau.

Atas hal tersebut, maka industry tembakau dalam perkembangannya, petani tembakau berupaya menerapkan sistem budidaya pertanian yang baik dan sesuai arah sasaran pembangunan berkelanjutan.

"Mengingat pertanian tembakau lebih memiliki surplus ekonomi, sehingga menjamin kesinambungan investasi pada budidaya tanaman selanjutnya," kata dia di Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Menurutnya, pembangunan berkesinambungan adalah proses pembangunan baik lahan, kota, bisnis, masyarakat dan lain sebagainya yang berprinsip mencukupi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan kebutuhan generasi masa depan.

Data pada 2015, penerimaan negara dari cukai rokok 11,3% dari total penerimaan negara dari pajak atau 9,5% dari total penerimaan negara.

Kata dia, proses pembangunan berkesinambungan ini mengoptimalkan penggunaan sumber energi alam, sumber energi manusia dan iptek. Dengan menserasikan ketiga komponen pembangunan berkesinambungan.

"Indonesia nanti akan jadi tuan rumah musyawarah petani tembakau se Asia di Lombok 27 Maret 2018," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jembatan Ampera Palembang

Selasa, 17 Juli 2018 - 23:02 WIB

Kementerian PUPR Rehabilitasi Jembatan Ampera Palembang

Jembatan Ampera yang dibangun tahun 1962 dan selesai tahun 1965 tersebut memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Foto Ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 20:00 WIB

Ini Nama-Nama Menteri Kabinet Kerja Berpartisipasi Nyaleg

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja dan pejabat di lingkungan kepresidenan akan ikut berpartisipasi sebagai calon anggota legislatif pada pemilihan…

Wapres Jusuf Kalla (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:35 WIB

Cawapres Jokowi 2019 Harus Mampu Tingkatkan 15 Persen Suara

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan calon pendamping Joko Widodo dalam Pemilu 2019 harus dapat mendongkrak perolehan suara minimal 15 persen.

Danu Wicaksana, CEO TCASH (kiri) - (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:09 WIB

Buka Layanan Lintas Operator, Ini Tiga Keunggulan TCASH Wallet

TCASH secara resmi telah membuka layanan aplikasi TCASH wallet untuk seluruh operator telekomunikasi. Pelanggan lintas operator dapat menikmati beragam layanan transaksi non-tunai TCASH dengan…

Ilustrasi Jalan Tol (ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 18:55 WIB

BNI Beri Tambahan Kredit Jalan Tol Manado-Bitung

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk turut membiayai Proyek Jalan Tol Ruas Manado-Bitung, Sulawesi Utara, dengan memberikan tambahan fasilitas kredit modal kerja (KMK) dana talangan tanah…