Industri Tembakau Mampu Pekerjakan Enam Juta Orang

Oleh : Wiyanto | Jumat, 23 Maret 2018 - 17:43 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI)menyampaikan bahwa sektor tembakau dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 6 juta orang. Terbukti memberikan multiplayer effect yang signifikan dalam pembangunan Indonesia.

Ketua Umum AMTI Budidoyo mengatakan, serapan tenaga kerja terbagi tenaga kerja di hilir mencapai 4,28 juta dan hulu 1,7 juta, sehingga total 6 juta tenagakerja pada industry tembakau.

Atas hal tersebut, maka industry tembakau dalam perkembangannya, petani tembakau berupaya menerapkan sistem budidaya pertanian yang baik dan sesuai arah sasaran pembangunan berkelanjutan.

"Mengingat pertanian tembakau lebih memiliki surplus ekonomi, sehingga menjamin kesinambungan investasi pada budidaya tanaman selanjutnya," kata dia di Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Menurutnya, pembangunan berkesinambungan adalah proses pembangunan baik lahan, kota, bisnis, masyarakat dan lain sebagainya yang berprinsip mencukupi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan kebutuhan generasi masa depan.

Data pada 2015, penerimaan negara dari cukai rokok 11,3% dari total penerimaan negara dari pajak atau 9,5% dari total penerimaan negara.

Kata dia, proses pembangunan berkesinambungan ini mengoptimalkan penggunaan sumber energi alam, sumber energi manusia dan iptek. Dengan menserasikan ketiga komponen pembangunan berkesinambungan.

"Indonesia nanti akan jadi tuan rumah musyawarah petani tembakau se Asia di Lombok 27 Maret 2018," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.