Industri Tembakau Mampu Pekerjakan Enam Juta Orang

Oleh : Wiyanto | Jumat, 23 Maret 2018 - 17:43 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI)menyampaikan bahwa sektor tembakau dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 6 juta orang. Terbukti memberikan multiplayer effect yang signifikan dalam pembangunan Indonesia.

Ketua Umum AMTI Budidoyo mengatakan, serapan tenaga kerja terbagi tenaga kerja di hilir mencapai 4,28 juta dan hulu 1,7 juta, sehingga total 6 juta tenagakerja pada industry tembakau.

Atas hal tersebut, maka industry tembakau dalam perkembangannya, petani tembakau berupaya menerapkan sistem budidaya pertanian yang baik dan sesuai arah sasaran pembangunan berkelanjutan.

"Mengingat pertanian tembakau lebih memiliki surplus ekonomi, sehingga menjamin kesinambungan investasi pada budidaya tanaman selanjutnya," kata dia di Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Menurutnya, pembangunan berkesinambungan adalah proses pembangunan baik lahan, kota, bisnis, masyarakat dan lain sebagainya yang berprinsip mencukupi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan kebutuhan generasi masa depan.

Data pada 2015, penerimaan negara dari cukai rokok 11,3% dari total penerimaan negara dari pajak atau 9,5% dari total penerimaan negara.

Kata dia, proses pembangunan berkesinambungan ini mengoptimalkan penggunaan sumber energi alam, sumber energi manusia dan iptek. Dengan menserasikan ketiga komponen pembangunan berkesinambungan.

"Indonesia nanti akan jadi tuan rumah musyawarah petani tembakau se Asia di Lombok 27 Maret 2018," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut BTN Maryono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 12:02 WIB

BTN Fasilitasi KPR Atlet Komite Olimpiade Indonesia

PT Bank Tabungan Negara Tbk memfasilitasi kredit pemilikan rumah (KPR) atlet yang tergabung dalam Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dengan skema menarik dan terjangkau.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:50 WIB

Jamkrida Sumsel akan Disuntik Modal Rp100 Miliar

PT Jamkrida Sumatera Selatan bakal mendapatkan suntikan modal dari Pemprov Sumatra Selatan untuk mencukupi modal dasar senilai Rp100 miliar.

UOB Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:45 WIB

Transaksi Naik UOB Berikan Apresiasi Pemegang Kartu

Data industri kartu kredit yang menunjukan setiap akhir tahun transaksi mengalami kenaikan 13 persen dibandingkan bulan-bulan biasa, mendorong PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) membuat program…

PT Asuransi Jiwasraya (Foto Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:45 WIB

OJK akan Pantau Kesepakatan Jiwasraya dan Pemegang Polis

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memantau kesepakatan yang telah dicapai antara PT. Jiwasraya (Persero) dengan pemegang polis terkait penundaan pembayaran polis jatuh tempo Jiwasraya kepada…

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar

Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:35 WIB

Ketum HKI Sambut Baik Kemenperin Pacu Pengembangan Kawasan Industri 4.0

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar menyatakan, pihaknya menyambut baik atas perhatian pemerintah terutama Kementerian Perindustrian yang fokus pada pengembangan kawasan…