Kebijakan Ini Diyakini Bakal Buat Industri RI Unggul Dari Thailand

Oleh : Ridwan | Jumat, 23 Maret 2018 - 13:42 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya masih terus membahas masalah insentif pajak dengan Kementerian Keuangan bagi industri yang mengembangkan pendidikan vokasi dan inovasi.

"Insentif yang disebut sebagai super deductable tax ini dinilai akan membuat industri Indonesia unggul dibandingkan Thailand," ujar Airlangga di Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Menurutnya, jika Indonesia menerapkan insentif ini akan menyamai Thailand dalam pemberian insentif bagi industri.

"Kalau 200 persen untuk vokasi dan 300 persen untuk inovasi itu sama dengan Thailand. Kalau kita bisa memberikan tax holiday di awal, itu juga sama dengan Thailand," kata dia.

Namun, Airlangga menyakini jika kebijakan ini telah diterapkan pertumbuhan industri Indonesia akan mampu mengungguli Thailand. Sebab, Indonesia memiliki faktor lain yang bisa menarik investor masuk, yaitu pasar yang besar.

"Jadi dengan kebijakan yang nanti dikeluarkan, kita sudah tidak ada perbedaan. Tapi point plus-nya kita punya domestik market, kita punya labour yang kompetitif dan kita juga punya value chain," kata dia.

Lebih lanjut, ia menuturkan, saat ini sejumlah investor tengah menunggu kebijakan ini diluncurkan. "Dengan kebijakan tersebut diharapkan mempercepat masuknya investasi ke Indonesia," tuturnya.

Seperti diketahui, Kementerian Perindustrian telah mengusulkan pemberian insentif untuk industri yang terapkan pendidikan vokasi, akan diberikan pengurangan pajak sebesar 200 persen. Sementara untuk industri yang melakukan inovasi rencananya akan diberikan potongan hingga 300 persen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Apple di Indonesia

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…