ExxonMobil Buka Peluang Investasi Sektor Petrokimia di Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 23 Maret 2018 - 06:55 WIB

Exxonmobil (ist)
Exxonmobil (ist)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Perusahaan asal Amerika Serikat, ExxonMobil membuka peluang adanya rencana perluasan investasi baru di Indonesia.

Hal ini terungkap dari hasil kunjungan President ExxonMobil Production Nell W. Duffin ke kantor Wakil Presiden/Wapres Jusuf Kalla, hari ini, Kamis (22/3/2018).

Usai pertemuan tersebut, Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi mengatakan perusahaan asal Amerika Serikat itu meminta dukungan Jusuf Kalla atas apa yang akan dilakukan di Indonesia.

Mereka (ExxonMobil) punya rencana investasi di sektor petrokimia dan lainnya, ujar Sofjan.

Ia menambahkan, dalam kesempatan tersebut, Exxon juga menceritakan kondisi hulu migas secara global, termasuk geopolitik Timur Tengah, Venezuela dan Nigeria.

Selain itu, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut mengungkapkan kondisi bisnis migas cukup ketat, apalagi adanya gas serpih. Kondisi itu membuat harga minyak tidak bisa mencapai level seperti dulu.

Namun, lanjutnya, Exxon tidak menutup peluang investasi di sektor hulu, termasuk mengikuti lelang blok minyak dan gas bumi atau migas yang digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Februari lalu.

Selain rencana investasi, tambah Sofjan, hal lain yang dibahas dalam pertemuan itu adalah perayaan 120 tahun berdirinya Exxon Mobil di Indonesia. Seperti diketahui, salah satu bisnis perusahaan asal Amerika Serikat itu di Indonesia adalah operator Lapangan Banyu Urip di Blok Cepu.

Menurut Sofjan, kinerja lapangan tersebut sangat bagus. Indikatornya adalah produksi yang bisa mncapai 240.000 barel per hari (bph) atau setara 25% produksi nasional. Selain itu, mereka bisa efisiensi sehingga bisa menekan ongkos serendah mungkin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…