ExxonMobil Buka Peluang Investasi Sektor Petrokimia di Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 23 Maret 2018 - 06:55 WIB

Exxonmobil (ist)
Exxonmobil (ist)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Perusahaan asal Amerika Serikat, ExxonMobil membuka peluang adanya rencana perluasan investasi baru di Indonesia.

Hal ini terungkap dari hasil kunjungan President ExxonMobil Production Nell W. Duffin ke kantor Wakil Presiden/Wapres Jusuf Kalla, hari ini, Kamis (22/3/2018).

Usai pertemuan tersebut, Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi mengatakan perusahaan asal Amerika Serikat itu meminta dukungan Jusuf Kalla atas apa yang akan dilakukan di Indonesia.

Mereka (ExxonMobil) punya rencana investasi di sektor petrokimia dan lainnya, ujar Sofjan.

Ia menambahkan, dalam kesempatan tersebut, Exxon juga menceritakan kondisi hulu migas secara global, termasuk geopolitik Timur Tengah, Venezuela dan Nigeria.

Selain itu, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut mengungkapkan kondisi bisnis migas cukup ketat, apalagi adanya gas serpih. Kondisi itu membuat harga minyak tidak bisa mencapai level seperti dulu.

Namun, lanjutnya, Exxon tidak menutup peluang investasi di sektor hulu, termasuk mengikuti lelang blok minyak dan gas bumi atau migas yang digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Februari lalu.

Selain rencana investasi, tambah Sofjan, hal lain yang dibahas dalam pertemuan itu adalah perayaan 120 tahun berdirinya Exxon Mobil di Indonesia. Seperti diketahui, salah satu bisnis perusahaan asal Amerika Serikat itu di Indonesia adalah operator Lapangan Banyu Urip di Blok Cepu.

Menurut Sofjan, kinerja lapangan tersebut sangat bagus. Indikatornya adalah produksi yang bisa mncapai 240.000 barel per hari (bph) atau setara 25% produksi nasional. Selain itu, mereka bisa efisiensi sehingga bisa menekan ongkos serendah mungkin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:34 WIB

Membangunkan Potensi Pangan "Raksasa Tidur" di Selatan Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, memetakan persoalan dengan cepat, data baku lahan dan dukungan sarana produksi benih, pupuk khusus…

Foto Doc Kementan

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:20 WIB

Pemerintah Respon Aspirasi dan Beri Solusi Peternak Ayam Petelur

INDUSTRY.co.id -

Blitar - Pemerintah merespon aspirasi petani peternak ayam layer (petelur) mandiri yang mengeluhkan perkembangan harga jagung untuk pakan. Direktur…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:44 WIB

Rupiah Hari Ini di Level 15.158-15.132

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 15.158-15.132. Masih adanya sejumlah sentimen positif, terutama dari dalam negeri cukup membantu…

Kristian Nairn Pemeran 'Hodor' dalam serial permainan HBO, Game of Thrones akan hadir di ICC

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:20 WIB

Tokoh Tokoh Ternama Budaya Pop Dunia Siap Ramaikan ICC 2018

ReedPop melalui Reed Panorama Exhibitions kembali hadirkan para tokoh dan ikon budaya populer dunia hanya di Indonesia Comic Con 2018. Acara tahunan ini akan digelar pada tanggal 27 28 Oktober…

Seminar pariwisata

Kamis, 18 Oktober 2018 - 09:58 WIB

Bangun Potensi Tour Leader di Era Digital

INDUSTRY.co.id -

Jakarta--Dalam rangka mencetak tour leader profesional, Lembaga Bahasa (LB) LIA Pramuka menggelar seminar dan workshop pariwisata bertema Membangun…